Sukses

Lifestyle

Suami Istri yang Sering Berpegangan Tangan, Hidupnya Bisa Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, romantisme harus tetap dijaga. Ada banyak cara untuk meningkatkan kedekatan dan keintiman. Salah satunya adalah pegangan tangan.

Pegangan tangan ternyata bisa memberi banyak manfaat. Dilansir dari lifehack.org, saat suami istri berpegangan tangan, saraf-saraf di kulit akan berhubungan dengan sistem saraf utama dan meningkatkan produksi hormon yang bisa menciptakan perasaan hangat dan bahagia. Tak hanya itu saja, pegangan tangan bisa memberi banyak manfaat lain.

1. Meredakan stres

Saat kita berpegangan tangan dengan suami, hormon stres (kortisol) akan menurun. Sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Saat kita sedang stres atau banyak pikiran, menggenggam tangan suami bisa jadi obat terbaik.

2. Memperkuat cinta

Oksitosin adalah hormon yang sangat berperan di sini. Oksitosin bisa meningkatkan empati dan komunikasi suami istri. Pasangan yang bahagia bakal sering berpegangan tangan. Bahkan pegangan tangan sudah jadi kebiasaan yang tak terpisahkan dalam hubungan suami istri.

“Sometimes, reaching out and taking someone’s hand is the beginning of a journey. At other times, it is allowing another to take yours.” – Vera Nazarian

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah kita bisa menurun dan lebih stabil saat berpegangan tangan. Detak jantung akan terasa lebih normal. Dalam jangka panjang, kesehatan janutng pun bisa terjaga dengan baik.

4. Mengatasi rasa takut

Saat kita ketakutan, ketika menonton film horor misalnya, otak akan memberi respon terpicunya adrenalin. Stimulasi ini pun meningkatkan aliran darah dan membuat detak jantung tak karuan. Dengan berpegangan tangan, rasa takut bisa diatasi dan reda. Sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman.

“So hold my hand tight. Hold my hand with confidence. For this love can last forever. For this love, we shall share together.” – Shelby Dawson

5. Meredakan rasa sakit

Banyak terjadi ketika seorang istri akan melahirkan, ia akan menggenggam tangan suaminya kuat-kuat. Dan ternyata memang berpegangan tangan bisa bantu meredakan rasa sakit. Hal ini karena, untuk menahan rasa sakit, tubuh kita punya refleks akan mengencangkan otot-ototnya.

Suami istri yang sering berpegangan tangan bisa lebih bahagia karena mendapatkan manfaat-manfaat di atas. Gestur dan bahasa tubuh yang sederhana ini ternyata punya banyak sekali manfaat yang istimewa, ya.

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menciptakan Hubungan yang Hangat, Ini Kunci Pentingnya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Rasa Insecure saat Memulai Hubungan Baru