Sukses

Lifestyle

Tips Mengelola Sisa Gaji Bulanan di Tanggal Tua

 

Fimela.com, Jakarta Ada satu hal yang pasti semua orang tahu saat memasuki tanggal belasan. Itu artinya, sahabat Fimela sudah memasuki tanggal tua di mana angka di rekening telah banyak menyusut. Meskipun gajian masih cukup lama, namun rasanya sudah tidak sabar menunggu tanggal istimewa tersebut. 

Sebenarnya, banyak orang yang takut jika sisa uang gaji bulanan sudah tidak cukup lagi hingga tanggal gajian berikutnya. Penyebabnya sangat umum; kurang cermat dalam mengatur uang. 

Selain tidak cermat, orang cenderung jarang melakukan pembukuan pribadi atau menghitung berapa uang masuk dan keluar. Hal ini menjadi alasan paling umum kenapa gaji kerap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian hingga tanggal gajian berikutnya. 

Meskipun banyak orang yang merasakan hal ini, bukan berarti sahabat Fimela juga harus mengalami hal yang sama. Perempuan harus pandai mengatur keuangan pribadinya sendiri demi menggapai kemandirian finansial

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan bulanan tak perlu yang sulit-sulit. Jangan dulu menghitung berapa persen uang yang bisa diinvestasikan. Hitung saja dulu berapa ongkos setiap harinya dan uang makan yang harus dikeluarkan selama satu bulan. 

Setelah itu, hitung berapa jumlah yang harus dibayar untuk belanja bulanan atau juga biaya wajib lain selain indekos, listrik, dan Internet. Setelah itu, hitung sisa uang yang bisa ditabung. 

Pikirkan Uang Jajan

Sebagai perempuan, pasti ingin memanjakan diri sendiri seperti membeli baju dan sepatu baru, atau juga makan-makan bersama teman-teman. Jadi, sahabat Fimela juga sebaiknya menyisihkan sebagian uang sisa tersebut sebagai uang jajan. 

Katakanlah Rp500 ribu. Jadi, selama satu bulan, jangan belanja lebih dari Rp500 ribu. Termasuk jajan makanan bersama teman. 

Sisa Gaji di Tanggal Tua

Bagaimana jika uang yang tersisa sudah tinggal sedikit, sementara masih ada banyak keperluan? Dilansir dari Life Hack, kondisi ini sangat memprihatinkan dan sangat berisiko. Bagaimana jika uang sama sekali habis di tengah jalan sementara tanggal gajian belum juga tiba? 

Meminjam uang memang menjadi salah satu solusi yang mudah dan instan. Namun, solusi ini tidak akan memperbaiki kondisi keuanganmu. Untuk itu, sebisa mungkin mencukupi kebutuhanmu selama beberapa hari ini hingga bertemu dengan tanggal gajian berikutnya. 

Stop jajan dan membeli barang atau makanan yang tidak perlu. Kalau bisa, bangun lebih pagi untuk berjalan kaki ke stasiun atau halte bus. Meskipun sulit, jangan pernah merasa tidak enak untuk menolak ajakan makan siang atau malam di luar bersama teman-teman. Semoga uangnya cukup sampai tanggal gajian berikutnya, ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading