Sukses

Lifestyle

Makanan Antioksidan yang Sanggup Melawan Radikal Bebas

Fimela.com, Jakarta Radikal bebas merupakan bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Dilansir dari Alo Dokter, radikal bebas juga terbentuk dari luar tubuh. Seperti dari asap rokok, radiasi, dan juga polusi. 

Radikal bebas tidak semuanya dapat ditangani oleh tubuhmu. Karena itulah, radikal bebas bisa memicu tumbuhnya kanker dan penyakit jantung. 

Bagi perempuan yang tinggal di tengah kota dengan segala kebisingan, kadang radikal bebas yang bersumber dari luar tubuh tidak dapat dihindari. Karena itu, tubuh harus membentuk 'benteng' sendiri agar radikal bebas tidak mengancam kesehatanmu. 

Caranya, dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan. Tak hanya supplement, makanan utuh yang mudah ditemukan pun mampu menangkal radikal bebas. Apa saja makanan tersebut?

Buah-buahan

Buah memang sangat baik untuk kesehatan. Namun, tidak semua buah mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Lantas, buah apa yang mengandung antioksidan? 

Alo Dokter menulis, carilah buah yang tinggi vitamin C dan E. Seperti apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, stroberi. Vitamin C dan E dapat mencegah kerusakan dengan menangkap dan menetralisasi radikal bebas serta memecah rantai radikal bebas.

Sayuran

Selain itu, beberapa sayuran juga emngandung banyak antioksidan. Untuk memilih sayuran, pilih yang mengandung vitamin C, E, dan betakaroten. Seperti brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, ubi merah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading