Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Stres Ketika Tempatmu Bekerja Tak Memberi Gaji Layak

Fimela.com, Jakarta Saat perusahaan atau tempatmu bekerja tak memberi gaji layak, duh rasanya ingin segera resign saja ya. Tapi ketika resign belum bisa jadi pilihan, kita perlu mencari alternatif lain untuk mengatasinya agar tidak stres.

Memang sangat sedih dan menyakitkan bila perusahaan atau tempat bekerja kita tak memberi gaji yang layak. Apalagi kalau beban pekerjaan yang diberikan sangat berat dengan rekan kerja yang sulit diajak kerjasama, pasti bakal stres berat. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa kita coba berikut ini.

1. Mengajukan kenaikan gaji

Di sini kita memang perlu memiliki keberanian yang tinggi. Langsung menghadap atasan atau pihak yang berwenang untuk minta kenaikan gaji. Utarakan juga alasan-alasan kenapa kita ingin dan sangat memerlukan kenaikan gaji, mulai dari standar upah minimun, lama kita sudah bekerja di perusahaan tersebut, aturan kewajiban perusahaan, dan hak-hak karyawan.

2. Cari peluang kerja di tempat lain

Manfaatkan waktu luang untuk mencari kesempatan atau peluang kerja yang lain. Meski belum ada keputusan untuk resign dalam waktu singkat, tetapi kita bisa mulai mempersiapkan diri untuk sejak jauh-jauh hari. Bisa mulai dari menyiapkan CV atau resume dan portofolio pekerjaan yang lebih baik. Setidaknya kita sudah punya rencana baru untuk segera dieksekusi.

3. Cari pekerjaan sampingan

Kalau masih ingin bertahan di perusahaan tersebut tapi mau dapat penghasilan yang lebih layak, kita bisa cari pekerjaan sampingan. Ini bisa jadi solusi sementara bila ada kebutuhan-kebutuhan mendesak yang harus kita penuhi sedangkan masih belum bisa resign dengan tempat kerja yang sekarang. Cuma kita harus siap dengan segala konsekuensinya, seperti bakal kesulitan mengatur waktu dan mengorbankan waktu istirahat.

4. Gali lebih banyak hal baru di pekerjaanmu yang sekarang

Kalau masih ada kesempatan untuk belajar hal-hal baru di tempat kerjamu yang sekarang, maksimalkan saja. Gali sebanyak mungkin hal baru dan wawasan yang bisa dijadikan bekal untuk langkah karier yang selanjutnya. Semua ilmu dan wawasan baru itu nantinya bisa jadi modal baru untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar ke depannya.

Kalau semua cara sudah dilakukan tapi masih saja tertekan di tempat kerja yang sekarang, mungkin pilihan terbaiknya adalah resign. Kadang kita perlu membuat keputusan besar untuk mendapatkan hal yang lebih baik.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mencoba Sajian Khas Nusantara yang Diberi Nama Pakem Rasa Hingga Tiga Negeri di Selatan Jakarta
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Hotel di Jakarta, Bali, dan Surabaya Agar Lebaran Semakin Berkesan