Sukses

Lifestyle

Mengatasi Sifat Perfeksionis Saat Pacaran

Semua orang ingin yang terbaik dan mereka bisa mencapai itu. Tidak terkecuali dalam hubungan berpacaran. Kita ingin mewujudkan hubungan yang ideal dan bila mungkin menjadi inspirasi untuk yang lain. Hmm, mungkin Anda sedikit terlalu jauh. Menjadi ideal dalam pemikiran kita mungkin tidak membahagiakan hubungan kita dengan pasangan.

Mungkin sah-sah saja bila Anda ingin kekasih yang mapan, namun kemapanan pun ada proses panjang yang harus dilalui. Mungkin Anda sering merasa kesal karena hubungan Anda sering tidak lancar bersama pasangan. Tapi tahukah Anda bahwa setiap ketidak lancaran itu membawa hubungan Anda pada kualitas yang lebih baik? Nah, bagaimana supaya Anda bisa mengurangi kadar perfeksionis agar tidak membebani hubungan Anda dengan pasangan? Cobalah beberapa langkah di bawah ini.

Jangan Kebanyakan Rencana, Lakukan Lebih Banyak

Kita seringkali sudah membayangkan sesuatu yang ideal dan sempurna, seperti akan menikah pada usia sekian, ingin hubungan yang demikian. Baiklah, itu tidak apa-apa. Namun jangan terlalu berpatokan pada rencana . Ingat, pasangan Anda bukanlah robot yang bisa di-set sesuai dengan rencana Anda. jalani saja dan lakukan usaha bersama-sama. Mengusahakan akan lebih menghasilkan dan menghasilkan lebih daripada hanya merencanakan.

Menerima Kesalahan

Orang perfeksionis cenderung sulit menerima kesalahan, karena mereka ingin segalanya berjalan baik dan tanpa cela. Anda tidak bisa mendapatkan pasangan atau menjadi pasangan yang sempurna, jadi sedikit bertemanlah dengan kesalahan karena setidaknya dengan belajar dari kesalahan, Anda bisa mencapai yang terbaik.

Buatlah Deadline

Membuat deadline dan patuhi hal tersebut. Ini akan mengurangi sedikit kadar keperfeksionisan Anda. Deadline bisa membuat Anda konsen bekerja dan melupakan detail-detail khusus. Kadang terlalu memperhatikan detail membuat kita melihat permasalahan-permasalahan yang tidak perlu. Misalnya ketika Anda dan pasangan berniat membuat kejutan ultah untuk ibu Anda dan dia lupa untuk membeli kertas kado dalam setengah jam terakhir. Anda tidak akan sibuk memarahinya, melainkan mencari solusi agar bisa mencari kertas kado alternatif.

Tanyakan Pada Orang Terdekat

Tanyakan pada mereka tentang diri Anda. Bukan apa yang mereka inginkan dari Anda, tapi apa yang mereka lihat dari Anda. Hal-hal yang menurut mereka aneh. Bila Anda menemukan poin yang memang Anda sadari dari yang mereka ceritakan, catat dan jadikan itu sebagai evaluasi.

Intinya menjadi perfeksionis memberikan beban tersendiri bagi Anda dan bagi lingkungan Anda, termasuk pasangan. Meski tidak salah, namun jangan sampai itu merugikan Anda karena memikirkan kesalahan yang tidak perlu. Incarlah yang terbaik, bukan yang sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat dan grab the best!

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading