Sukses

Lifestyle

5 Alasan Mengapa Pria Tidak Segera Melamar Pacarnya

Semakin bertambah usia, biasanya wanita semakin cemas akan batas waktu menikah. Dulu sih santai-santai saja menjalin hubungan, tetapi seiring berjalan waktu, Anda semakin ingin dia serius dan segera melamar.

Apa sih yang ditunggu? Sudah punya penghasilan (walaupun belum bisa beli rumah mewah, tapi bisalah untuk hidup setiap bulan dan saat punya anak), sudah berusia cukup, orang tua sudah setuju, sudah saling nyaman.. tapi mengapa dia belum menunjukkan tanda-tanda untuk melamar dan menikah?

Ini beberapa alasannya:

    Takut Tidak Bisa Bebas

    Seperti yang kita tahu, pria sangat menyukai kebebasan. Sementara, pernikahan adalah sebuah komitmen yang mengharuskan dirinya bertanggung jawab lebih. Tidak bisa lagi bebas hang out dengan teman-temannya, tidak bisa lagi pergi kemanapun dia suka dan pulang kapan dia mau. Beberapa pria takut akan hal ini. Apalagi sebuah pernikahan mengharuskan dia berbagi susah dan senang bersama, tinggal dengan orang yang sama selama puluhan tahun, dan harus bertanggung jawab untuk orang lain (istri dan anak) adalah hal yang menyeramkan.

    Persiapan Pernikahan Merepotkan

    Setelah melamar, hal yang pasti dipersiapkan adalah pernikahan. Ada 1001 hal yang harus dipersiapkan, mulai dari busana, tempat, catering dan banyak lagi. Semua hal itu sangat melelahkan dan merepotkan. Ditambah lagi kebiasaan wanita yang ingin pernikahan sempurna, hal ini dianggap pria sangat memberatkan dan sering memicu pertengkaran. Seringkali wanita lebih memusingkan busana pengantin ketimbang memperhatikan pasangannya. Sehingga banyak pria menjerit, "Kamu lebih mementingkan pestanya atau aku sih?"

    Pernikahan Orang Tuanya Gagal

    Pernikahan orang tua yang gagal dan berakhir perceraian tidak hanya meninggalkan luka di masa kecil. Bahkan saat dewasa, pria akan terus mengingat hal tersebut dan menjadi pertimbangan akan pernikahannya. Kegagalan hubungan orang tuanya akan mempengaruhi pemikiran seseorang akan arti pernikahan, termasuk bagi pria. Melihat dan merasakan sendiri masalah pernikahan orang tua, dan kegagalan pernikahan akan menjadi trauma yang membuat pria takut untuk melamar, menikah, dan takut mengalami hal yang sama.

    Ingin Mencapai Impian

    Menikah sudah pasti berkaitan dengan tanggung jawab. Seorang pria akan memiliki tanggung jawab lebih setelah menikah, apalagi setelah memiliki anak. Karena itu, beberapa pria berpikir bahwa pernikahan adalah hambatan untuk meraih mimpi-mimpinya. Dia tidak bisa membeli barang mahal atau gadget yang diinginkan karena harus mengutamakan kebutuhan rumah tangga. Terlebih lagi, jika sang pria masih memiliki impian, misalnya mengunjungi.

    Masih Ingin Kenal Wanita Lain

    Alasan ini paling bikin kesal dibandingkan alasan lain. Ada lho pria yang sengaja menunda melamar kekasihnya karena dia berpikir.. siapa tahu ada wanita lain yang lebih oke dan lebih tepat untuknya. Melamar seorang gadis berarti sebuah langkah serius yang juga berhubungan dengan keluarga besar. Jika status hanya pacaran, kesempatan untuk melirik wanita lain dan melepas pacar saat ini lebih mudah. Ada juga pria yang masih ingin tebar pesona, sehingga menunda-nunda ikatan resmi.

 

 

 

 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading