Sukses

Lifestyle

Bahagia Itu Apa? (5 Kisah Inspirasi Mengharukan)

Semua orang ingin bahagia, sekarang dan selamanya. Anda juga kan? Ada banyak cara menuju bahagia, setiap orang juga punya definisi berbeda mengenai kebahagiaan. Tapi sebenarnya bahagia itu apa? Banyak orang mengejar kebahagiaan sampai dia sendiri lupa apa itu kebahagiaan.

Menurut Anda, bahagia itu apa?

Apakah membeli sepatu baru membuat Anda bahagia? Ya, membuat bahagia, tetapi beberapa hari kemudian, ada model sepatu baru yang sepertinya lebih membahagiakan jika dibeli.

Apakah televisi yang Anda miliki membuat bahagia? Tapi melihat tetangga punya televisi flat terbaru, kebahagiaan memiliki televisi rasanya lenyap. Andai saya punya televisi baru, saya pasti lebih bahagia..

Pertanyaannya, sampai kapan Anda mau mengejar kebahagiaan? Apakah benar kebahagiaan harus dicari, dikejar dan tidak ada habisnya?

Vemale mengumpulkan 5 definisi kebahagiaan berdasarkan definisi mereka. Semoga kisah ini bisa membuat Anda menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya, yang kekal dan tidak akan habis sepanjang waktu.

(vem/yel)

Bahagia karena dicintai dan mencintai

Ada banyak definisi kebahagiaan, tapi untuk saya, dicintai dan mencintai adalah kebahagiaan yang tidak akan ada habisnya. Jika saya membeli barang, saya memang bisa bahagia, tapi berapa lama waktunya? Hanya sesaat, jika ada barang baru, saya pasti melupakan yang lama dan merasa lebih bahagia jika memiliki barang baru.

Akan beda rasanya jika saya dicintai, saya bisa merasakan perhatian, merasa disayang, ada yang mendukung di saat senang dan susah. Begitu juga saat saya mencintai orang lain, rasanya kebahagiaan saya lebih lengkap. Rasa cinta ini bisa untuk orang tua, anak, dan tentu saja kekasih atau suami. Cinta tidak ada kadaluwarsanya, jadi teruslah dikelilingi cinta untuk merasakan bahagia.

Bahagia saat bisa berbagi kebahagiaan

Oleh: Wahyu Indrawati

Saya ingat dengan pesan orang tua, jadilah orang yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Sekecil apapun yang bisa kamu berikan, jika itu berguna untuk orang lain, berikanlah. Kita tidak akan kekurangan apapun dengan memberi. Memberi kebaikan itu seperti nyala lilin, semakin sering diberikan pada lilin yang mati, semakin terang kehidupan kita, itulah kebahagiaan menurut saya.

Sudah lima tahun saya menjadi pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang putus sekolah. Mungkin terlihat sepele dan biasa saja, tetapi untuk saya, memberikan sedikit ilmu adalah kebahagiaan yang tidak terkira. Bila melihat murid-murid saya paham cerita yang ditulis dalam bahasa Inggris, saya akan merasa tersenyum senang, dan di sanalah saya menemukan kebahagiaan.

Bahagia melihat senyum ibu

Oleh: Riri S.

Sejak kecil saya tinggal dengan ibu, karena ayah sudah meninggal ketika saya masih bayi. Sebagai single parent, ibu adalah pahlawan. Untuk menopang kehidupan kami, setiap pagi ibu membuat kue-kue untuk dititipkan ke warung kecil di sekitar rumah. Tentu saja saya bersyukur punya ibu yang luar biasa.

Di tengah perjuangan ibu agar saya bisa sekolah hingga tinggi, melihat senyum ibu adalah kebahagiaan. Saya selalu berusaha membuat ibu bahagia dan bangga, setidaknya dengan memberi nilai-nilai terbaik di sekolah, tidak berbuat nakal dan sebisa mungkin membantu pekerjaan ibu. Ibu sering bilang bahwa dia melakukan semua ini dengan tulus, jika saya bahagia, maka ibu juga bahagia.

Tidak ada yang mengalahkan senyum seorang ibu. Bahkan hingga sekarang, saat saya sudah jadi mahasiswa, senyum ibu adalah sumber kekuatan dan kebahagiaan. Saat orang lain meremehkan prestasi saya, ibu selalu memberi dukungan. Saya bersyukur dan bahagia karena Tuhan menitipkan saya pada ibu yang paling luar biasa.

Bahagia bisa menikmati kehidupan

Oleh: Ratna Sekar T.

Apa itu bahagia? Saya bisa menjawabnya dengan banyak sekali keinginan. Pergi ke Paris, Hawaii, Tokyo dan sebagainya. Tetapi jika saya selalu melihat tujuan itu, saya akan melupakan bahwa sebenarnya saya hidup di sekitar hal yang membahagiakan.

Kadang saya terlalu serius dengan rutinitas sehari-hari, sehingga melewatkan banyak hal yang sebenarnya bisa menjadi sedikit kebahagiaan. Saya pernah mencoba saran dari teman, "Coba deh kalau pulang kerja, berhenti sebentar di pinggir jalan. Beli sebotol teh dan lihat langit di atas kamu!"

Waktu itu saya pikir saran tersebut aneh, tetapi saya mencobanya. Ternyata saya menemukan bahwa langit sore, yang setiap hari saya lewati dan saya abaikan, bisa sangat cantik hari itu. Saat saya meninggalkan beban dengan sebotol teh dan menatap langit sore, seperti ada rasa lega bahwa saya ada di sini. Bahwa saya diberi kesempatan menikmati kehidupan beserta isinya. Tidak perlulah sampai ke Paris atau Tokyo, selama saya bisa menemukan titik-titik kebahagiaan yang selalu terlupakan, saya tidak akan menyesal pernah hidup di dunia ini.

Bahagia karena selalu bersyukur

Oleh: Anisa L. I

Selalu bersyukur adalah kunci kebahagiaan, itu adalah pesan ayah saya sejak kecil. Akan ada banyak godaan di dunia yang bisa menutup mata kita dari rasa bersyukur. Misalnya saja, saat tetangga pergi jalan-jalan ke luar negeri, kita lalu merengut dan bilang, "Senang ya jadi mereka, bisa jalan-jalan terus setiap bulan," akhirnya mereka hanya fokus pada kebahagiaan orang lain, lupa bahwa ada banyak hal membahagiakan di sekitarnya.

Dunia selalu menawarkan hal-hal menyenangkan yang tidak akan ada habisnya. Semakin panjang keinginan Anda untuk melakukan atau memiliki hal-hal tersebut, sering juga Anda melupakan hal-hal kecil di sekitar Anda yang sebenarnya bisa jauh lebih membahagiakan. Contoh, pelukan dari sahabat saat Anda menghadapi masalah, sup ayam buatan ibu saat Anda kena flu, ucapan selamat ulang tahun dari kekasih dan sebagainya.

Bukankah itu semua membahagiakan jika Anda bisa mensyukuri kehadiran mereka? Lihatlah ke bawah, dan Anda akan selalu bersyukur dengan hidup Anda saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading