Sukses

Lifestyle

Zaskia Mecca : Aku Memakai Jilbab Untuk Allah, Bukan Untuk Manusia

Saat Vemale tanya Zaskia, "pernahkah Zaskia berkeinginan Untuk Melepas Hijab", dan ibu dari gadis cilik bernama Kanna Sybilla Bramantyo ini mengatakan dengan lantang, "pernah". Tetapi kemudian jawaban tersebut diikuti dengan penjelasan yang cukup panjang.

Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak memiliki dosa. Semua manusia tidak luput dari kesalahan. Entah itu kesalahan secara perbuatan atau dalam pikiran. Begitu juga dengan pemeran Noura dalam film 'Ayat-Ayat Cinta' ini menjawab. Ada masa di mana Zaskia Mecca memiliki keinginan untuk membuka hijabnya. Ladies, seperti yang kita semua tahu. Menggunakan hijab itu bukanlah hal yang mudah secara batin. Karena dibutuhkan mental dan keberanian khusus yang harus dipersiapkan dengan matang.

"dulu aku sangat ingin membuka hijabku saat aku berada di luar negeri". Kenapa harus di luar negeri? "Iya, karena kalau di luar negeri aku merasa orang-orang yang kenal aku jadi lebih sedikit. Bahkan tidak ada. Jadi aku bisa bebas buka jilbab, apalagi kalau tempatnya sepi".

Pikiran itulah yang menjadi pertimbangan Zaskia Mecca untuk membuka hijabnya. "tapi, itu tidak pernah aku lakukan. Namanya juga godaan, enggak pernah benar-benar aku lakukan". Alasan apakah yang membuat Zaskia tidak pernah melakukannya? "aku ingat Allah. Karena aku memakai jilbab ini bukan untuk manusia, tetapi karena Allah".

Zaskia Mecca

Untuk Zaskia, berjilbab bukanlah sebuah keharusan, tetapi sebuah kebutuhan. Biar hati yang menentukan apakah diri ini ingin berhijab atau tidak, bukan karena ada paksaan atau tekanan dari lingkungan sekitar. "aku 7 bersaudara di rumah dan mama ku haji. Tapi setiap kali mama menyuruh adik-adikku untuk berjilbab sepertiku, aku selalu menegur dan mengingatkan mama untuk tidak pernah paksa adik untuk berhijab kecuali karena keinginannya. Karena hijab yang dipaksakan itu tidak pernah menghasilkan manfaat yang baik".

Diakui Zaskia, dia juga tidak pernah memaksakan anaknya yang masih berusia 3 tahun untuk memakai jilbab. "apa sih alasan orang memakai jilbab? Agar wanita tersebut menutup auratnya. Tidak mengumbar bagian tubuh yang tidak layak dipandang mata dan agar imannya lebih kuat. Nah kalau anak umur 3 tahun, apakah harus memakai hijab karena alasan tersebut tadi?" begitu jawaban dari Zaskia. Sangat lugas dan masuk akal.

Hijab dan pola pikir sempit bukan lagi menjadi pandangan negatif masyarakat terhadap hijaber. Tapi dengan berhijab, justru Ladies bisa menjadi manusia yang lebih baik terhadap tingkah laku dan pikiran karena apapun yang Anda kenakan seharusnya diniatkan kepada sang pencipta, bukan karena manusia seperti yang dikatakan Zaskia Mecca.

(vem/cjm/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading