Sukses

Lifestyle

Cerita Puasa Ramadan di Finlandia

Bulan Ramadan selalu penuh dengan cerita. Setiap negara memiliki ceritanya sendiri-sendiri dengan segala tantangannya. Ada negara yang puasanya kurang dari 12 jam, ada negara yang muslimnya minoritas jadi suasana Ramadan tidak terasa sama sekali. Bagaimana dengan negara-negara yang berada jauh dari Mekkah, seperti Finlandia? Apakah ada cerita menarik seputar menjalankan puasa Ramadan di sana?

Finlandia, terletak di Eropa bagian utara dan sudah dekat dengan kutub. Semakin jauh dari garis khatulistiwa, maka matahari terbit dan tenggelamnya pun sudah beda. Di Finlandia, matahari bisa terbit pukul 03.30 dini hari dan baru tenggelam menjelang tengah malam sekitar pukul 23.30. Hal ini berarti durasi puasa di sana hampir satu hari penuh atau 20 jam lebih. Kita yang biasanya puasa 12-14jam saja tentu berpikir bagaimana ya bila harus berpuasa selama itu?

Salah satu kota di Finlandia, puasanya total 20 jam perhari. Kota itu bernama Rovaniemi yang terletak 66 derajat di Lingkaran Arktik. Di sana ada sekitar 100 orang muslim dan beberapa dari mereka berpuasa sekitar 12-15jam per hari. Namun ada yang benar-benar puasa 20 jam per hari. Mereka mengatakan bahwa itu adalah salah satu ujian dari Allah SWT dan mereka berusaha untuk melaluinya.

Selain puasa selama itu, mereka juga kadang kesulitan mendapatkan makanan halal. Muslim di Finlandia jumlahnya sangat sedikit sehingga hampir tidak ada toko yang mengkhususkan diri menjual makanan dan bahan memasak yang halal. Terkadang mereka harus menyembelih ayam atau menangkap ikan sendiri bila kesulitan mendapatkan daging sapi yang dipotong dengan cara yang halal. Namun bagi mereka, bulan Ramadan adalah berkah yang selalu ditunggu kedatangannya. Karena mereka percaya, nikmat Ramadan melampaui durasi puasa yang 20 jam lamanya.

BACA JUGA

Menjaga Agar Kulit Tidak Kering Selama Puasa

Puasa Sebentar Lagi, Persiapkan Diri Anda, Cantik!

ABC Dapur Peduli Akan Kembali Berbagi Kebaikan Ramadhan 2013

You Get What You Give : Tangan Kanan Memberi, Tangan Kiri Tidak Boleh Tahu

Puasa Baik Untuk Kesehatan Jantung, Hasil Penelitian

Sel Telur Meningkat Dengan Puasa

Bolu Gulung Pandan

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading