Sukses

Lifestyle

Tiga Resep Lezat Untuk Vegetarian

Siapa bilang resep masakan untuk vegetarian membosankan? Tanpa adanya bahan-bahan hewani, kita masih bisa membuat aneka resep masakan dengan bahan sayuran. Bahkan dengan berbagai macam sayuran yang telah tersedia di pasar, justru jenis atau resep untuk para vegetarian ini nampaknya lebih bisa untuk dikreasikan. Berikut ini adalah kreasi-kreasi makanan dari sayuran yang tak kalah lezatnya dengan makanan yang mengandung bahan hewani seperti dilansir dari situs Guardian.com.

(vem/ris/and)

Orecchiette Brokoli Merah

Orecchiete adalah makanan sejenis pasta yang berbentuk bundar dan cekung tengahnya. Jika direbus, bentuknya akan menyerupai kuping-kuping kecil. Orecchiete juga biasa disebut makroni di Indonesia. Pasta bentuk ini dapat dimasukkan sebagai bahan utama dari kreasi masakan vegetarian Anda.

Bahan-bahan:
Tiga buah brokoli, ambil bagian atasnya
5 sdm minyak zaitun
2 siung bawang putih, iris tipis
2 buah cabai merah, iris tipis
400 gram orecchiette
Garam dan merica

Cara membuat:

  1. Ambil bagian brokoli yang berwarna hijau. Lalu rebus dalam air yang telah dicampur garam. Setelah agak memutih, tiriskan dan peras untuk mengurangi air, lalu potong-potong.
  2. Panaskan minyak zaitun, lalu masukkan bawang putih dan cabai merah. Kemudian masak sampai layu, lalu masukkan brokoli yang sudah dipotong-potong.
  3. Rebus orecchiette dalam air yang diberi garam hingga kenyal. Tambahkan bumbu-bumbu jika diinginkan.
  4. Masukkan orecchiette ke dalam saus brokoli. Aduk-aduk sekitar 2-3 menit.

Orecchiette Brokoli Merah siap disajikan.

Sate Nabati Saus Jamur

Selain murah, jamur juga semakin mudah untuk didapat. Anda dapat mencoba kreasi sate jamur untuk makanan Anda. Hmm Yummy..

Bahan:
625 gram tepung terigu yang berprotein tinggi
400 ml air
2 sdm minyak goreng
1/2 sdm garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt mustard
2 sdm mentega yang telah dicairkan
Tusuk sate secukupnya

Saus:
50 gram jamur kancing kaleng, iris tipis
2 siung bawang merah yang sudah cincang halus
20 gram tepung terigu
200 cc kaldu
50 cc krim
1 sdt garam
1/4 sdt merica
2 sdm minyak sisa masakan daging
1 sdm L& P saus

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung terigu, air dan minyak ke dalam mangkuk. Uleni hingga kalis dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu tambahkan air. Uleni hingga tertinggal hanya glutennya. Tambahkan air lagi sampai air bilasan bening.
  2. Diamkan adonan hingga mengembang, kurang lebih sekitar 3 jam. Beri garam, merica dan mustard. Remas-remas dan buat bentuk persegi, lalu kukus sampai matang. Kemudian potong dadu dan susun pada tusukan sate. Lumuri dengan margarin cair dan bakar hingga harum.
  3. Untuk saus, tumis bawang merah sampai harum lalu masukkan tepung terigu dan aduk hingga kecokelatan. Tuangkan kaldu, masukkan jamur, krim, saus L& P, garam dan merica. Setelah mendidih dan kental, beri tambahan saus kemudian angkat.
  4. Sate dengan saus jamur siap disajikan.

 

Nugget Ijo

Siapa bilang vegetarian tidak dapat mengonsumsi nugget? Jika Anda seorang vegetarian dan mencoba resep ini, Anda pun dapat menikmati lezatnya rasa nugget.

Bahan-bahan: 
125 gr sayur bayam, dipotong besar-besar
100 gr wortel yang sudah diparut kasar
75 gr tepung terigu yang protein sedang
6 btr telur yang sudah dikocok lepas
100 ml air
1/2 buah bawang Bombay yang dicincang halus
3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
2 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
Minyak, untuk menggoreng

Bahan Saus :
3 btr telur, kocok lepas
100 gr tepung roti halus

CARA MEMBUAT NUGGET IJO :

  1. Campur semua bahan menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan ke dalam loyang berukuran 18 x 18 x 3 cm yang telah diberi alas plastik. Kukus selama 30 menit hingga matang.
  2. Setelah itu potong-potong dan celupkan ke dalam telur. Gulingkan di atas tepung roti dan ulangi pelapisan satu kali lagi. Lalu goring sampai matang.
  3. Nugget ijo siap disajikan untuk camilan sehat Anda.
What's On Fimela
Loading