Sukses

Lifestyle

Hai Dunia, Selamat Hari Pohon!

Setiap tanggal 21 November diperingati sebagai hari pohon sedunia. Meskipun beberapa tempat merayakan di hari yang berbeda, yang jelas hari pohon dirayakan untuk menyadarkan kita akan pentingnya tumbuhan hijau. Seperti yang kita tahu, dewasa kini pepohonan ataupun tumbuhan hijau semakin terkikis. Jumlah pohon semakin berkurang karena maraknya pembangunan di sana-sini Ladies.

Keegoisan manusia dengan menebang pohon secara liar kerap dilakukan demi mencapai keuntungan pribadi. Perumahan dan ruko dibangun di mana-mana karena ketamakan kita yang hanya berorientasi pada uang. Berkurangnya jumlah pohon di rana internasional membuat pemanasan global semakin meningkat. Dampak pemanasan global bagi bumi tentu tak bisa kita biarkan begitu saja ya Ladies. Terlebih jika kita melihat hutan yang semakin gundul karena penebangan pohon secara liar, apakah kita akan diam saja?

Krisis pohon pada hutan juga berpengaruh pada hewan yang hidup di dalamnya. Bayangkan saja berapa banyak hewan akan punah jika hutan pun sudah tiada. Tapi mimpi buruk bisa berubah, selalu ada harapan untuk menyelamatkan hutan kita. Sejumlah manusia yang menggantungkan peradaban mereka pada hutan berjuang keras untuk menyelamatkan hutan tempat tinggal mereka. Hutan-hutan ini adalah hutan pinus di Amerika Utara, hutan hujan tropis, hutan sub tropis, dan hutan Mangrove. Bersama dan dengan penuh harap mereka berusaha mengontrol curah hujan dan penguapan air tanah. Kita patut berterima kasih pada orang-orang semacam mereka yang masih peduli pada dunia.

Cara paling mudah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan menanam pohon di sekitar rumah. Sejak Sekolah Dasar, ibu bapak guru sudah mengingatkan kita akan fungsi dari tanaman hijau. Tanaman hijau, pohon salah satunya, menghasilkan oksigen pada siang hari dan menyerap karbondioksida. Pohon juga dapat menyerap berbagai polusi yang ada di sekitar kita, sehingga pemanasan global karena polusi dapat berkurang. Selain itu, dengan akar-akarnya, pohon dapat mencegah banjir dan longsor.

Kalau Anda tidak memiliki tempat untuk menanam pohon, Anda bisa menanam tumbuhan-tumbuhan hijau kecil pada pot dan meletakkan di sudut-sudut rumah Anda. Anda juga dapat ikut andil dalam gerakan-gerakan penghijauan yang diadakan oleh suatu organisasi. Langkah kecil Anda akan berpengaruh besar pada dunia. Jangan lupa juga untuk mengurangi penggunaan kertas, karena kertas juga terbuat dari pohon Ladies. Share artikel ini jika Anda juga peduli pada bumi tempat tinggal Anda. Yuk Ladies bergerak untuk selamatkan bumi! :)

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading