Sukses

Lifestyle

5 Foto Narsis Yang Membuat Kejahatan Terungkap

Seiring dengan perkembangan teknologi dan smartphone yang nyaris dimiliki banyak orang, tak sedikit orang yang bergaya selfie dan memposting fotonya. Dikabarkan, latar belakang paling populer yang digunakan untuk berfoto selfie adalah kamar mandi, di depan cermin, duduk di toilet, dan lain sebagainya.

Sepertinya hal yang sepele ya, tetapi ternyata foto selfie ini tetap ada manfaatnya. Tak hanya sekedar menjadi ajang narsis saja, berkat kehadiran foto ini ada beberapa kasus kriminal yang terpecahkan.

Wah, foto selfie seperti apa yang dengan hebatnya bisa memecahkan kasus tindak kriminal ya? Check this out, ladies.

(vem/bee)

Pencurian Burger

Sepasang gadis remaja ditangkap karena dicurigai merampok dan mencuri burger. Tindakan pencurian ini terungkap setelah mereka berfoto selfie dengan berpakaian seperti perampok dan memegang pisau.

Mereka merampok burger bersama di Halmstad, Swedia dengan pisau ukuran besar.

Saat dilacak di apartemen kakek nenek mereka, polisi menemukan barang bukti berupa pisau dan balaclavas (penutup wajah) serta ponsel yang berisi foto-foto mereka memegang pisau. Dari ciri-ciri yang disebutkan saksi, semua merujuk pada kedua gadis tersebut.

Ada-ada saja ya.

Penyelamatan Kukang di Thailand

Kala itu Rihanna memposting fotonya bersama seekor kukang di bahunya. "Lihat siapa yang berbicara kotor padaku ini," demikian bunyi Tweet Rihanna, September 2013 yang diambil di pulau Phuket, Thailand.

Ia saat itu sedang break tour dan berjalan-jalan di sana. Di negara itu, Kukang merupakan spesies yang dilindungi karena terancam kepunahannya. Ternyata, kukang sempat disewakan untuk berfoto di pantai bersama turis-turis.

Berkat foto selfie Riri, akhirnya polisi menangkap si penyewa kukang di pantai Phuket dan menyelamatkan dua ekor kukang langka. Pria berusia 20 tahun dan 16 tahun, ditangkap sebagai tersangkanya dan harus menghadapi hukuman 4 tahun penjara.

Gembong narkoba

Masih di bulan September 2013, salah satu gembong narkoba membuat foto selfie dengan pose mencium segebok uang kertas.

Peter Cavanagh, 26, terlihat sangat sombong di dalam foto tersebut. Perolehan uangnya memang hasil kerja keras ia sendiri. Tetapi, uangnya diperoleh dengan menjajakan heroin dan kokain.

Pemimpin geng Michael Adegoke ini kemudian kembali ke London dengan membawa serta uang keuntungan. Dan di sebuah perjalanan di kereta api ke ibukota, polisi menangkapnya berkat foto selfie yang sempat dipostingnya itu.

Kasus korupsi di penjara

Anda tentu tahu kan kalau ponsel adalah barang yang dilarang dibawa ke penjara. Namun, ternyata kedua tahanan ini menikmati layanan kenyamanan di dalam penjara.

Dua preman yang ditangkap karena melakukan kekerasan ini memposting fotonya dan membual di Facebook tentang kehidupan keras di penjara. Namun, dari hasil fotonya, diperlihatkan bagaimana kehidupan yang nyaman justru mengelilingi mereka.

Adalah sonny Barker dan Korrel Kennedy, memposting foto di dalam sel yang dikelilingi banyak gadget seperti Play Station, TV, mini fridge, poster wanita dewasa, bahkan sound system canggih.

Berkat ulah mereka memposting hal ini, tentu saja semua fasilitas mereka diambil. Tetapi, beruntunglah karena akhirnya korupsi di dalam penjara juga ikut terungkap.

Pencuri iPad

Pihak berwenang Sheriff Palm Beach Country di Louisiana sedang mencair pencuri iPad. Uniknya, setelah mencuri iPad tersebut ia justru nekat mengambil beberapa foto selfie saking senangnya sudah punya iPad. Ia mempostingnya di beberapa socmednya.

Sialnya, semua yang dilakukan di iPad tersebut masih tercatat di dalam iPad. Dan si empunya kemudian mengakses fitur iCloud yang merekam semua kejadian di dalam ponsel tersebut (terutama foto-foto).

Dan tertangkaplah wanita si pencuri iPad yang nekat tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading