Sukses

Lifestyle

Chef Profesional Terbaik Bersaing di Fonterra Challenge Pastry and Cooking Competition 2013

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan dalam membantu meningkatkan talenta kuliner di Indonesia, Fonterra Foodservices, sebuah unit divisi dari PT. Fonterra Brands Indonesia yang berkonsentrasi pada sektor B2B (business to business) dari Selandia Baru, menggelar kompetisi tahunan Fonterra Pastry and Cooking Challenge 2013 di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Nusa Dua, Bali, dengan tema “Taste of Glory”.

Chef Petrus Nugraha, Advisory Chef Fonterra Brands Indonesia, mengatakan “Fonterra Challenge - Pastry and Cooking Competition adalah salah satu perhelatan kompetisi memasak yang paling dinantikan dalam kalender kuliner sebagai ajang bagi para chef lokal untuk memperlihatkan talenta mereka yang luar biasa dan membuktikan kemampuan mereka berkembang di skala industri yang lebih besar.”

Dimulai pada tahun 2007 dengan nama ‘Fonterra Pastry Challenge’, misi awal dari kompetisi ini adalah meningkatkan standar kualitas food and pastry chef Indonesia dengan memotivasi mereka untuk mampu bersaing secara unggul dan profesional dalam skala lokal maupun internasional. Dan tahun ini, event tersebut jatuh pada tanggal 7 November.

Fonterra Pastry and Cooking Challenge 2013 kali ini diikuti oleh lebih dari 57 chef profesional. Para finalis di kategori Pastry Challenge harus menyiapkan kreasi pastry dari dua resep yang diajukan, satu resep untuk dua whole cake dan satu resep untuk tiga plated desserts.

Beberapa hasil kreasi peserta Fonterra Pastry and Cooking Challenge 2013

Sementara itu, finalis yang berkompetisi dalam di kategori Cooking Challenge harus menyiapkan satu set menu kreatif dari 3 resep yang mereka ajukan, 3 porsi plated appetizers, 3 porsi cream soup dan 3 porsi pasta sebagai menu utama.

Peserta dari masing-masing kategori dinilai berdasarkan beberapa aspek penting seperti keaslian resep, kualitas pemilihan bahan makanan, kreativitas, penampilan, persiapan dasar yang benar (teknik yang tepat), tren yang sedang berkembang serta harus memiliki keseimbangan rasa, aroma, tekstur, dan mengandung nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Setelah melalui penjurian yang ketat dan selektif, chef Eka Buana Karya dari Laguna Resort Bali membuktikan diri sebagai yang terbaik untuk kategori pastry, dan chef I Wayan Widastra dari Bvlgari Hotel Bali sebagai pemenang dari kategori cooking.

Hadir sederet nama beken sebagai juri yang ahli di bidangnya seperti juri untuk kategori Cooking Challengeyang terdiri dari:

  • Chef Petrus Nugraha, Advisory Hot Kitchen Chef, Fonterra Brands Indonesia
  • Top Chef Henry Alexy Bloem, Executive Chef and President of Indonesian Chef Association
  • Chef Nehemia Eka Christfian Surjanto (Christfian), Executive Chef and President Bali Culinary Professional (BCP)

Total hadiah uang tunai sebesar US$4,500 diberikan kepada para pemenang, serta tambahan hadiah peserta finalis yang bernilai kurang lebih US$2,000. Pemenang terbaik/pertama dari masing-masing kategori juga berhak untuk mengikuti pelatihan di luar negeri.

Para juri ketika sedang memberikan penilaian pada salah satu hasil kreasi peserta kategori Pastry (dari kiri ke kanan: Master Pastry Chef Judy Koh, Chef Bambang Susanto, Chef Rahmat Kusnedi dan Miss Culinary Tourism 2013, Nandika Putu Wintari sebagai Mystery Judge)

Di samping para ahli dan profesional, termasuk bagian dari juri adalah mystery judge atau mereka yang merupakan konsumen dari kalangan umum dan pecinta kuliner untuk memberikan sudut pandang yang berbeda terhadap kreasi menu dari kacamata konsumen yang kali ini salah satunya menghadirkan Runner Up 4 Miss Tourism Indonesia 2013 yang juga adalah Miss Culinary Tourism Indonesia 2013 Putu Nandika Wintari.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading