Sukses

Lifestyle

7 Quotes Nelson Mandela Yang Mengubah Dunia

Ucapan duka cita mewarnai timeline nyaris seluruh social media hari ini. Kepergian presiden Afrika Selatan yang akrab dipanggil Madiba ini membuat banyak orang kehilangan sosok tokoh besar yang mengubah dunia.

Perjuangan tanpa lelah demi persamaan hak umat manusia terutama di Afrika Selatan tak hanya patut diacungi jempol, tetapi juga memberikan inspirasi bagi umat manusia di dunia.

BACA BERITA KEMATIAN NELSON MANDELA

Dikabarkan bahwa Madiba meninggal di usia 95 tahun karena komplikasi penyakit infeksi paru-paru dan pernafasan. Ia kerap kesulitan bernafas selama beberapa waktu, demikian seperti dikutip dari Merdeka.com (06/12).

Ia sempat dirawat secara intensif di rumah sakit di kota Pretoria, namun tiga bulan kemudian keluarganya membawa Madiba pulang ke Johannesburg, kota tempat tinggal mereka.

Perjuangan Madiba dalam bertahan hidup memperlihatkan betapa gigihnya ia memperjuangkan perdamaian di muka bumi ini. Dan inspirasi presiden Nelson Mandela ini, tak akan pernah pudar sekalipun akhirnya ia menghembuskan nafas terakhir.

Berikut adalah tujuh kalimat bijaksana dan kuat Nelson Mandela, yang memberikan pengaruh besar kepada dunia.

(vem/bee)

Bahwa selalu ada harapan

"Difficulties break some men but make others. No axe is sharp enough to cut the soul of a sinner who keeps on trying, one armed with the hope that he will rise even in the end." - Nelson Mandela

Banyak orang yang kemudian menyerah ketika menemui tantangan yang membuat mereka jatuh. Tetapi Nelson Mandela tidak pernah menyerah ketika bertemu tantangan. Bahkan ia berpikir bahwa tantangan tersebutlah yang kemudian membuat dirinya bangkit menjadi jiwa baru, yang pada akhirnya tak akan pernah ada perjuangan yang sia-sia.  

Tidak ada yang mustahil

"It always seems impossible until it's done." - Nelson Mandela

Apakah Anda juga pernah berpikir bahwa sesuatu itu sulit sekali dilakukan? Tidak bagi Nelson Mandela. Ketika ia berhadapan dengan sebuah masalah yang kelihatannya sulit terpecahkan, ia tidak menyerah. Dan ia tahu bahwa pada akhirnya semua bisa dilalui dan semua masalah bisa terpecahkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik. 
 

Bagaimana menjadi pemimpin yang baik

"Real leaders must be ready to sacrifice all for the freedom of their people." - Nelson Mandela

Nelson Mandela mengajarkan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik. Baginya, pemimpin yang baik adalah seseorang yang berani berkorban demi kebebasan orang lain, bukan hanya melulu memikirkan kepentingan sendiri. 

Pendidikan akan mengubah dunia

"Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela

Bahwa pendidikan adalah senjata paling kuat dan ampuh untuk mengubah dunia. Untuk itulah, pendidikan di setiap negara harus menjadi masalah yang diprioritaskan dan segera ditangani. 

Keberanian seorang pria sejati

"I learned that courage was not the absence of fear, but the triumph over it. The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear." - Nelson Mandela

Keberanian bukanlah ketika memang tidak ada suatu penghalang atau masalah. Tetapi keberanian adalah bagaimana seseorang mengatasi masalah. Itulah sebenarnya makna kemenangan sejati.

Ketika Anda menghadapi sebuah masalah, jangan takut gagal. Kesuksesan yang terbesar adalah ketika Anda bisa menangani ketakutan Anda sendiri. Jangan terlalu berpikir pada hasil yang Anda capai. 

Trik menjadi pemenang

"Lead from the back — and let others believe they are in front." - Nelson Mandela

Banyak orang berlomba-lomba menjadi nomor satu agar dibilang hebat dan cocok menjadi pemimpin. Padahal, pemimpin yang hebat adalah yang membiarkan orang lain berpikir mereka sudah menang.

Pemimpin hebat justru melakukan sesuatu tanpa harus pamer, namun hasilnya benar-benar mengubah dunia.  


 

Memandang manusia lain

"Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again." - Nelson Mandela

Seorang manusia dibilang sukses karena ia berhasil bangkit dari keterpurukannya. Bukan semata-mata karena ia pernah membuat hal-hal besar dan dipuji karena kehebatannya.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading