Sukses

Lifestyle

Jangan Sedih Saat Mati Lampu, Lakukan 7 Hal Seru Ini

Kita tidak pernah tahu kapan mati lampu akan terjadi. Saat sedang enak nonton DVD, mengerjakan tugas kuliah atau lagi enak-enakan update status Twitter.. “blup” eh mati lampu. Yang bikin makin bete, kalau mati lampu terjadi malam hari. Sudah gelap, tidak ada listrik, tidak bisa ngapa-ngapain. Terus saya harus ngapain dong kalau mati lampu malam hari?

Hidup manusia modern sudah sangat tergantung pada listrik. Saat listrik dipadamkan, entah karena ada perbaikan atau kerusakan jaringan listrik, kita seolah kembali ke zaman purba. Tidak ada penerangan, semua gelap gulita, tidak bisa nonton TV, mau menyalakan laptop yang ada baterainya justru menyiksa mata karena kurang cahaya. Rasanya dunia hampa ketika mati lampu.

Tenang, ladies, tidak usah sedih dan panik. Masih ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mati lampu. Daripada hanya menatap lilin yang menyala atau mengingat kenangan lama yang bikin galau, Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan ini saat mati lampu. Kadang pemadaman listrik ada berkahnya juga lho.

(vem/yel)

Mati Lampu? Ya Tidur Saja..

Anda yang sering lembur malam untuk menyelesaikan tugas kantor atau tugas kuliah, inilah waktu yang tepat untuk tidur lebih awal. Mati lampu bisa jadi alasan untuk memanjakan tubuh dengan istirahat dan tidur. Memang sih ada yang panik jika mati lampu dan tugas belum selesai, tapi boleh dong sekali-sekali memanjakan diri.

Karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan, dan dengar gosip dari PLN kalau mati lampu ini akan berlangsung semalam suntuk, ya sudah tidur saja. Mungkin dengan tidur, Anda bisa menikmati kembali sensasi tidur di bawah jam 10 malam. Akan lebih bagus jika ada suara-suara jangkrik pengantar tidur. Setidaknya bisa mengulang masa-masa ketenangan di masa kecil sebelum ada smartphone dan laptop.

Main Bayangan Lilin

Ingat tidak saat Anda kecil dan mati lampu? Justru di saat seperti inilah kreativitas Anda terasah. Saat lilin-lilin menggantikan penerangan lampu, Anda bisa membuat banyak bayangan dari jari-jari Anda sendiri. Jari tangan yang bentuknya begitu-begitu saja ternyata bisa menjadi bayangan berbentuk kelinci, anjing, jerapah dan sebagainya. Apakah Anda masih ingat?

Ada juga anak-anak yang memanfaatkan senter sebagai sinar pemantul bayangan. Letakkan benda-benda kecil di depan senter menyala, akan jadi bayangan yang jauh lebih besar. Anda bisa bermain dongeng tentang dinosaurus atau cerita lain. Cocok untuk Anda yang punya keponakan kecil atau sedang kangen masa kanak-kanak dulu.

Yuk Cerita Horor Seram

Anda sedang kumpul bersama teman saat mati lampu atau sedang tinggal di kosan? Ini adalah waktu yang tepat untuk saling berbagi cerita horor. Suasana yang gelap, tenang, remang-remang cahaya lilin, pantulan bayangan di dinding yang bergerak-gerak akan menambah kesan angker. Pokoknya cocok untuk Anda yang suka cerita hantu.

Berkumpullah di satu kamar, dan duduklah dengan nyaman. Nyalakan sebuah lilin di tengah ruangan. Silakan berbagi cerita horor satu sama lain. Untuk mendukung suasana lebih seru, Anda bisa menceritakan kisah horor di tempat yang tidak jauh dari tempat Anda bercerita. Hiii.. dijamin akan ada teriakan horor, atau teman Anda yang penakut bisa menangis karena suasana seram ini.

Melihat Bintang Tanpa Penghalang

Sadar tidak kalau bintang-bintang di langit makin sulit dilihat? Saat kecil dulu, setiap malam ada jutaan bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun saat ini, sulit sekali melihat banyak bintang di langit. Bukan karena jumlah bintang makin berkurang, tetapi karena polusi cahaya. Semakin terang cahaya di sebuah lokasi, semakin sulit Anda menangkap pendar cahaya bintang.

Nah, saat mati lampu, apalagi di area yang luas, polusi cahaya akan berkurang drastis. Efeknya bisa Anda lihat langsung di langit malam. Jika beruntung, langit malam yang cerah akan memberi pemandangan indah. Anda yang biasanya menatap layar, cobalah menikmati keindahan malam yang jarang terlihat, ada sensasi menyenangkan. Suasana ini cocok juga buat Anda yang sedang bersama si dia saat mati lampu terjadi.

Ngungsi ke Rumah Teman

Ngapain juga bengong di rumah waktu mati lampu? Mau tidur belum ngantuk, mau ngapa-ngapain nggak bisa, masa cuma galau nungguin lilin dan tanpa kepastian kapan lampu menyala? Daripada bosan dan tidak mau di-PHP pihak PLN yang memberi jawaban tidak pasti kapan lampu menyala, lebih baik mengungsi saja.

Biasanya lampu padam di daerah tertentu, daerah lain ada yang tidak mengalami mati lampu. Jika Anda punya teman yang tinggal di daerah menyala, Anda bisa mengungsi di sana sementara waktu. Biasanya sih tidak lama, satu atau dua jam saja. Akan lebih bagus jika di tempat mengungsi ada wifi gratis. Ya kaaan?

Makan di Warung Kaki Lima

Sudah mati lampu, nggak bisa ngapa-ngapain, perut lapar, nggak ada makanan, mau masak kok males gelap-gelapan. Lebih enak makan di warung kaki lima nih.. Ada sensasi tersendiri saat Anda kabur ke warung kaki lima ketika mati lampu. Walau hanya warung kaki lima, tapi Anda bisa menganggap hal ini berkali-kali lebih membahagiakan ketimbang ke warung kaki lima saat tidak mati lampu.

Saat makanan tersaji di depan mata, dengan cahaya lilin, berasa candle light dinner. Apalagi saat perut sedang lapar-laparnya, Kalau Anda makan dengan teman-teman, bisa lho dilanjut dengan cerita-cerita horor setelah makanan habis. Kadang malah ada yang nongkrong di warung kaki lima untuk curhat-curhatan. Suasana temaram memang enak dijadikan ajang curhat, apalagi yang sedang naksir seseorang atau galau karena cinta.

Update Status dan Ngomel ke PLN

Kalau yang ini pasti sudah sering Anda lihat atau Anda lakukan sendiri. Saat teman-teman Anda di daerah tertentu mengalami ‘tragedi’ mati lampu, biasanya akan ramai status-status Twitter yang berisi keluhan atau omelan. Biasanya status-status itu ngomel ke PLN atau curhat terselubung akibat mati lampu.

Gimana sih PLN, tiap hari aja mati lampu. Baterai hape tinggal segaris #NangisSambilJagainLilin

Duh, baru 10 menit masak nasi di magic jar kok mati lampu, nggak mateng deh.. *pegangin perut*

Udah hujan, petir, mati lampu. Jadi inget mantan #eh

Dan status-status sejenis yang kadang bikin kasihan atau justru bikin tertawa. Ada juga yang ngomel ke PLN secara frontal di jejaring sosial. Sebenarnya ngomel di Twitter tidak akan menyelesaikan masalah apapun, tapi rasanya agak lega setelah ngomel. Ada juga yang tidak sabaran dan menelepon pihak PLN, walau ini juga tidak membantu banyak, apalagi jika ada kerusakan jaringan listrik.

***

Bagaimana dengan Anda, biasanya kalau mati lampu enaknya ngapain?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading