Sukses

Lifestyle

7 Fakta Unik Tentang Jepang Menurut Ferdiriva

Ferdiriva Hamzah Sp. M, ophthalmologist yang juga hobi menulis buku ini juga dikenal sebagai salah satu selebtwit dengan akun aktifnya @ferdiriva.

Tak hanya memberikan informasi seputar hal-hal medis saja, hobi ngocol yang ditelurkan lewat sejumlah buku laris, salah satunya Cado-Cado, juga disalurkan lewat Twitter. Banyak informasi di dalam tweetnya yang menarik, lucu, unik, dan bermanfaat.

Mengintip timelinenya, @ferdiriva. juga kerap berbicara soal Jepang. Beberapa waktu ini memang ia tengah tinggal di Jepang, tak heran kalau banyak isi tweetnya yang menceritakan bagaimana kehidupan di sana.

Selama ini, persepsi masyarakat Indonesia tentang Jepang umumnya mengerucut pada kesibukan bekerja, traffic yang padat, atau orang-orang yang berkepribadian kaku. Tetapi, membaca timeline @ferdiriva. Anda akan menemukan fakta-fakta unik yang cukup mengagumkan dan menginspirasi.

Inilah 7 fakta unik hasil posting @ferdiriva. yang kami kumpulkan, versi Vemale.com.

(vem/bee)

Kenyamanan di dalam bis

@ferdiriva sempat bercerita tentang perjalanannya di dalam bis Tokyo - Nagoya. Perjalanan yang memakan waktu 6,5 jam itu tidak terasa panjang.

Kenyamanan yang dikemas di dalam bis begitu memanjakan. Salah satunya saja tudung di setiap kursi yang membuat Anda bisa tidur nyenyak sepanjang perjalanan. Fungsinya adalah agar Anda tidak merasa silau dan lebih rileks sembari menunggu sesampainya di kota tujuan.

Setiap kursi juga dilengkapi dengan safety belt yang memang seharusnya ada di setiap kursi penumpang.

Perlengkapan Sega di dalam bis

Masih berbicara fasilitas di dalam bis, ada Sega yang ditanam di kursi penumpang, lengkap bersama joysticknya. Jangan membayangkan joystick yang sering Anda jumpai di Indonesia ya, joystick di sana sudah mengikuti teknologi modern dan nyaman digunakan.

Anda bisa menikmati aneka permainan yang ditawarkan oleh Sega sambil mengusir kebosanan. Tak ada lagi nih ceritanya Anda sibuk dengan Smartphone dan mengumpat saat sinyal hilang, hihi...

Etika di dalam bis

Di Indonesia, kenyamanan naik bis diakui memang kurang. Belum lagi para penumpang yang suka seenaknya sendiri, memakai semua kursi sendiri, menurunkan sandaran kursi tanpa permisi, atau mengobrol terlalu keras dengan temannya dan mengganggu kenyamanan Anda.

Berbeda dengan di Jepang, ada etika yang umumnya sudah dipatuhi para penumpangnya.

  1. Mereka akan mengucapkan permisi terlebih dahulu sebelum menurunkan sandaran kursi.
  2. Mengubah ringtone mode menjadi vibrate agar suara ringtone tidak mengganggu penumpang lain.
  3. Mendengarkan lagu dengan volume yang kecil dan tidak mengganggu orang lain.
  4. Berbincang dengan suara normal sehingga tidak bikin penumpang merasa tidak nyaman.
  5. Tidak membawa aneka makanan yang aromanya menyengat atau bikin berisik saat mengonsumsinya.
  6. Mengumpulkan semua sampah dan tidak membuang sembarangan di jalan raya, melainkan disarankan untuk meninggalkan saja dengan rapi sehingga petugas bisa membantu membuangnya.

Pemandangan indah

Jepang adalah negara maju dengan penemuan-penemuan teknologi yang selalu update. Tetapi, di sana alam juga masih sangat dihargai dan dirawat.

Lihat saja bagaimana pemandangan gunung Fujiyama dari jendela bis. Kalau sepanjang perjalannnya tidak macet dan pemandangannya indah begini, siapa yang masih tidak betah naik kendaraan umum?

Warung kopi ala Jepang

Kalau di Indonesia, Anda akan menemukan 'warung-warung' kopi dadakan yang dibangun tidak rapi. Ada yang dibangun di trotoar dan menghalangi kenyamanan para pejalan kaki, ada pula di atas tanah yang bukan miliknya. Miris ya, salah siapa dong kalau kemudian mereka digusur?

Kita harus belajar dari Jepang. Di mana kemajuan teknologinya membantu merapikan dan mendisiplinkan masyarakatnya. Lihat saja 'warung kopi' khas Jepang ini. Teknologi vending machine menggantikan warung dengan gaya modern dan sangat rapi. Nyaman dipandang serta terjaga kebersihannya.

Toilet khusus anak-anak

Kalau Anda pernah mengantarkan anak untuk BAB atau buang air kecil di mall atau di area umum, biasanya Anda akan terburu-buru dan membawanya masuk ke dalam toilet yang biasa Anda pakai juga.

Di Jepang, ada toilet yang memang khusus dibuat untuk anak-anak. Ukurannya disesuaikan dengan desain yang sangat ramah sehingga membuat anak-anak juga belajar untuk mandiri dan tahu bagaimana cara menggunakan toilet dengan baik.

Donat lucu di Jepang

Ada makanan yang beberapa tahun ini sedang ngetren dan bikin heboh banyak orang, donat hewan Jepang. Donat ini bukan terbuat dari hewan ya, tetapi hanya memiliki bentuk dan topping unik berbentuk hewan atau karakter-karakter kartun.

Kreativitas menyajikan makanan di Jepang tidak pernah berhenti, selalu ada tren-tren baru yang tercipta dan bikin gemas konsumennya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading