Sukses

Lifestyle

6 Tips Mencuci Baju saat Musim Hujan agar Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Musim hujan sering menjadi permasalahan tersendiri ya, Sahabat Fimela. Selain agak menghalangi aktivitas, juga membuat was-was saat mencuci baju. Baju-baju kotor harus segara dicuci jika ingin cepat dikenakan lagi, jangan terlalu lama dibiarkan menumpuk. Tapi jika dicuci saat hari hujan juga akan terancam bau apek karena tidak bisa kering sempurna. Kita tentunya tidak mau mendapati baju bersih yang baru dicuci justru bau tak sedap. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Coba sekian cara berikut ini yuk!

1. Cek ramalan cuaca

Sebelum memutuskan mencuci baju, lihat dulu ramalan cuaca hari ini di internet. Saat ini ramalan cuaca sudah cukup akurat memprediksi akan turun hujan atau tidak selama musim hujan. Jika akan turun hujan, seharian gerimis atau seharian mendung, sebaiknya urungkan niat mencuci baju. Berangkatlah mencuci baju ketika cuaca cerah dan matahari bersinar terik. Kamu juga perlu mengenali cuaca di tempat kamu tinggal untuk mengetahui kapan hari akan hujan.

2. Rendam dengan air deterjen

Sebelum dicuci, pastikan dulu merendam baju dengan air sabun deterjen. Cara ini membantu mencegah baju mudah bau setelah dicuci sekaligua membantu kotoran dan bau pada baju bisa dihilangkan secara menyeluruh. Jangan merendam terlalu lama karena justru akan bau. Cukup rendam baju yang akan dicuci dengan sabun cuci selama 25 menit, kemudian ucek hingga bersih atau putar dalam mencin cuci.

3. Membilas bersih

Setelah direndam selama kurang lebih 25 menit, langkah selanjutnya adalah mengucek. Pastikan tetap mengucek baju meskipun memakai mesin cuci, terutama saat membilas. Bilas bersih hingga tidak ada busa yang muncul saat baju diucek. Sebelumnya, siapkan dulu dua ember air bersih untuk tempat cucian yang telah dikucek tersebut. Jika dirasa belum bersih dari deterjen, bilas lagi untuk ketiga kalinya. Cara ini berguna untuk mencegah sisa sabun yang menimbulkan bau apek pada kain.

4. Beri pewangi pakaian

Cara terbaik mencegah bau pada baju karena tidak kering benar selama hujan adalah memberi pewangi pakaian. Akan lebih baik diberikan sebelum dijemur. Rendam baju yang sudah dibilas bersih dengan pewangi pakaian sebelum diperas dan dijemur. Jika ingin memberikan pewangi setelah dijemur, pastikan juga baju tidak bau, jika baju yang dijemur sudah bau lalu diberi pewangi pakaian, tetap aromanya tidak akan enak.

5. Langsung dijemur

Jangan menumpuk baju yang akan dijemur, langsung jemur ketika ada sinar matahari atau paling tidak di tempat yang bisa diangin-anginkan. Jika terlanjur mencuci ketika tidak ada sinar matahari dan angin, bisa menambahkan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut untuk membantu proses pengeringan. Sebisa mungkin juga memberi jarak pada setiap pakaian yang dijemur, jangan terlalu rapat saat menjemur agar kelembapannya tidak tertahan karena itulah yang menyebabkan bau jika pakaian tidak kering benar.

6. Trik menyetrika

Setelah dijemur, tahap selanjutnya adalah menyetrika. Jika menemukan ada baju yang belum kering betul, kamu bisa segara menyetrikanya. Setelah dirasa benar-benar kering, angin-anginkan lagi sebelu menyemprotkan pewangi. Usahakan tidak menyemprotkannya ketika masih basah karena justru membuat baju berbau tidak sedap. Usahakan menyetrika baju hingga benar-benar kering agar bisa menghilangkan bau apek yang tersisa karena baju tidak kering benar selama penjemuran.

Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan cucian tidak kering selama musim hujan ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading