Sukses

Lifestyle

10 Kumpulan Tips Dapur Untuk Yang Ingin Belajar Memasak

Memasak ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Walaupun Anda tidak pernah memegang alat dapur, dengan mengikuti beberapa tips berikut ini Anda bisa fasih memasak dan tak perlu takut lagi menghadapi calon suami dan mertua.

Nah, siapkan kertas dan bolpoin dan catat semua trik-trik penting berikut ini yuk.

 

(vem/bee)

5 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

Menyimpan makanan di kulkas tidak boleh sembarangan. Jika salah menyimpan alhasil makanan akan mengontaminasi bahan lainnya, atau justru rusak.

Ketahui terlebih dahulu tips menyimpan makanan di dalam kulkas sehingga tetap layak digunakan dan semua bahan terjaga kualitasnya.

Tips 1:

Pastikan agar suhu freezer berkisar pada 5 derajat celcius. Pada suhu ini bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Menyimpan daging di suhu ini akan membuatnya lebih awet dan usia pakainya lebih panjang.

Tips 2:

Bersihkan freezer secara rutin untuk menghindari aroma busuk dan bakteri jahat. Gunakan baking soda untuk membersihkan bagian yang bernoda.

Tips 3:

Rak di bawah freezer adalah rak terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.

Tips 4:

Rak di bagian pintu adalah bagian kulkas yang paling hangat. Setiap dibuka, bagian tersebut akan menyentuh udara yang lebih hangat. Barang yang bisa disimpan di sini adalah: bumbu kering, minuman, telur, permen.

Tips 5:

Sayur dan buah-buahan memiliki kelembaban yang berbeda-beda. Lebih baik pisahkan antara sayuran dan buah-buahan, sehingga tidak mempengaruhi tingkat kematangan masing-masing.

Umumnya, buah mengeluarkan asam yang membuat sayur akan lebih matang. Jadi, agar sayur tidak lekas busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.

Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulkas setiap harinya. Cuci bersih bahan yang hendak dipakai sebelum disimpan di kulkas. Serta simpan di dalam tupperware bahan-bahan makanan yang mengeluarkan aroma tajam.

Macam-Macam Bentuk Pisau Dapur dan Kegunaannya

Saat masuk dapur, ada banyak peralatan yang harus Anda ketahui beda dan apa kegunaannya. Salah satunya adalah pisau dapur. Pisau tidak sekedar alat potong, karena ada banyak jenis pisau dapur yang memiliki fungsi berbeda.

Agar Anda tidak salah pakai, inilah beberapa pisau dapur yang harus Anda ketahui perbedaan fungsinya.

Pisau Serba Guna - Chef's Knife

(c) hainlin

(c) hainlin

Pisau ini bisa memotong berbagai bahan, hampir semua bahan masakan atau makanan dapat dipotong dengan pisau ini. Karena itu, banyak wanita lebih suka memiliki satu pisau serba guna ini ketimbang satu set pisau yang kegunaannya cukup membingungkan. Pisau ini paling baik digunakan mengiris bahan makanan, mememarkan bawang putih atau merica.

Pisau Besar - Cleaver Knife

 (c) procook

(c) procook

Pisau dengan penampang yang sangat besar ini sering dipakai juru masak China, sehingga nama lainnya adalah Chinese Chef's Knife. Paling baik dipakai untuk membelah atau memotong tulang ayam. Bisa juga digunakan menyincang daging, memotong sayur, mengiris atau mememarkan jahe dan bawang putih. Karena beratnya lumayan, pisau ini lebih sering dipakai memotong ayam.

Pisau Roti - Serrated Knife

(c) whisknyc

(c) whisknyc

Seperti namanya, pisau ini digunakan untuk mengiris kue atau roti. Cirinya adalah bagian bawah yang berbentuk gerigi tipis. Tekstur tersebut dirancang agar hasil potongan roti atau cake lebih halus dan lembut. Pisau ini bisa juga dipakai untuk memotong sayur dengan tekstur kulit luar yang licin, misalnya tomat, terong, atau mentimun.

Pisau Fillet - Boning Knife

(c) izzz

(c) izzz

Bentuk pisau ini memanjang dengan bentuk yang lebih ramping dibandingkan pisau serba bisa. Fungsi utamanya adalah memisahkan daging ayam dari tulangnya, membuat irisan yang sangat tipis pada daging, memisahkan ikan dari tulangnya, juga membuang urat atau lemak.

Pisau Ukir - Paring Knife

(c) maillife

(c) maillife

Pisau ini biasanya memiliki ukuran kecil. Bentuknya lebih pendek dengan lekuk melengkung. Sesuai namanya, pisau ukir dipakai untuk mengukir buah dan sayuran. Bentuknya yang kecil membuat pemakainya bisa fleksibel mengukir berbagai bentuk buah atau sayur sebagai hiasan masakan.

Pisau Iris - Slicing Knife

(c) russums-shop

(c) russums-shop

Pisau ini hampir mirip pisau serba guna, tetapi bentuknya lebih sempit dan tipis. Gunanya adalah mengiris kulit buah hingga setipis mungkin. Bentuknya yang tipis sering membuat pisau ini digunakan sebagai pisau untuk mengiris daging asap, daging ayam atau sapi agar irisannya lebih rata dan rapi.

 

Cara Mencincang Bawang Yang Benar

Apa yang biasanya Anda lakukan saat mencincang bawang?

Dipotong terlebih dahulu baru dicincang, digeprek dulu baru dicincang, atau langsung dicincang saat ukurannya besar? Mari kita lihat tips dari chef team dari James Oliver berikut ini.

Mencacah bawang yang benar sebenarnya ada tekniknya. Tujuannya jika dicacah dengan benar, maka aroma yang keluar akan lebih wangi.

Perlu diketahui, bawang adalah bumbu yang tak perlu dicuci dengan air sebelum memasak. Konon, apabila sebelum memasak bawang dicuci, maka aromanya akan berkurang dan masakan jadi kurang sedap.

Menurut Pete dari team James Oliver, inilah beberapa yang harus disiapkan:

  • Pertama, siapkan bawang tanpa dicuci terlebih dahulu
  • Kedua, siapkan talenan khusus, sebaiknya dipisah dari talenan untuk buah agar aromanya tidak mengontaminasi buah.
  • Ketiga, siapkan pisau yang cukup tajam dan agak lebar.

Mari kita mulai caranya:

 

Letakkan bawang yang hendak dicacah di atas talenan (boleh belum dikupas untuk bawang organik, atau dikupas terlebih dahulu.)

Geprek menggunakan pisau. Pastikan posisi pisau berada di atas bawang dengan benar (tidak miring). Kini letakkan telapak tangan di atas pisau yang dimiringkan, kemudian geprek bawang tersebut.

Cincang bawang yang telah digeprek.

Jika ukurannya masih kurang kecil, rapikan ke tengah, kemudian cincang kembali. Posisi pisau ke bawah, tangan di bagian atas, kemudian pisau digerakkan tanpa diangkat terlalu ke atas (lihat video).

Dengan cara ini, bawang yang dicincang bisa disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Aroma yang keluar akan lebih harum, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di dapur.

Jenis-Jenis Bagian Daging Sapi

Saat pergi ke supermarket atau ke pasar, Anda akan ditanya oleh si penjual ketika akan membeli daging. "Mau daging jenis apa? Lamusir, has dalam, atau sandung lamur?" Nah, apa sih bedanya daging-daging tersebut?

Beda jenis bagian daging, beda pula cara memasak dan rasanya. Umumnya beberapa bagian daging ada yang lembut dan cepat empuk saat dimasak. Ada pula yang lebih cocok dimasak sebagai steak. Agar Anda tak salah membeli, maka ketahui beberapa jenis bagian daging berikut ini yuk.

Daging punuk

Dikenal dengan nama blade, adalah bagian daging sapi bagian punuk. Ia menyambung dari daging atas ke paha depan. Bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah. Daging jenis ini cocok dimasak dengan teknik mengukus.

Daging Lamusir

Disebut juga dengan nama cube roll. Daging jenis ini berasal dari bagian belakang sapi, di dekat has dalam, has luar dan daging tanjung. Potongannya diambil dari bagian punggung kemudian dipotong dari rusuk keempat sampai ke rusuk duabelas.

Daging jenis ini termasuk jenis daging yang lunak dan berlemak. Ia cocok dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar karena sangat empuk.

Daging Has dalam

Daging ini disebut juga dengan nama tenderloin. Adalah bagian daging sapi bagian tengah badan. Karakteristik daging ini banyak otot-ototnya dan terletak di bagian tulang belakang, bahu dan tulang panggul.

Daging bagian ini paling lunak karena otot-ototnya jarang dipakai untuk beraktivitas. Daging has dalam cocok dimasak sebagai empal, steak, atau sukiyaki.

Daging Has luar

Daging ini disebut juga dengan nama sirloin. Ia adalah bagian daging sapi dari bagian bawah iga sampai ke luar has dalam. Harganya paling murah dari jenis daging lain karena ototnya cukup keras dan seringkali dipakai bekerja, lemaknya juga cukup sedikit sehingga biasa dikonsumsi mereka para pelaku diet. Daging jenis ini cocok dijadikan dendeng atau steak.

Daging Tanjung

Daging ini dikenal dengan nama Rump. Bagian daging sapi yang berasal dari punggung belakang. Biasanya daging ini diolah dengan cara dipanggang.

Daging sapi paha depan

Istilah asingnya disebut dengan nama Chuck. Daging ini biasa dipotong berbentuk segiempat dengan ketebalan 2-3 cm. Tulang bahu biasanya masih menempel ke bagian paha sampai terluar. Daging ini cocok dijadikan bakso.

Daging Sengkel

Sebenarnya istilah sengkel ini berasal dari bahasa Belanda yaitu Schenkel. Artinya bagian depan atas kaki sapi. Karena ototnya cukup banyak, ia biasa dimasak sebagai bahan dasar sup, soto atau bakso urat.

Daging Iga

Daging yang satu ini berasal dari sekitar tulang iga. Terdiri dari beberapa bagian iga, dan biasanya dimasak menjadi sup iga, iga bakar, semur, atau juga steak.

Daging Sandung Lamur

Disebut juga sebagai Brisket, daging ini berasal dari bagian dada bawah sampai ketiak. Daging ini disebut bagian daging anak sapi karena cukup berlemak dan biasanya disajikan sebagai menu-menu rendang.

Daging Samcan

Bagian daging yang satu ini berasal dari otot perut. Bentuknya panjang, datar namun agak kurang lunak. Ia biasa digunakan sebagai bahan oseng-oseng atau tambahan dalam sayur.

Daging Kelapa

Biasa disebut sebagai Knuckle, bagian daging yang satu ini berasal dari paha belakang bagian atas. Biasanya ia diolah dalam bentuk daging panggang.

Daging Gandik

Daging ini adalah daging sapi bagian paha belakang dan bentuknya mirip dengan bagian paha depan. Biasanya digunakan sebagai bahan dendeng balado, isi lemper atau sebagai abon.

Karena sudah tahu mana-mana bagian daging sapi sesuai dengan fungsi dan jenis masakannya, Anda tak perlu lagi bingung saat berbelanja. Share info ini yuk untuk sahabat-sahabat wanita Anda.

4 Bahan Makanan Yang Mudah Basi

Ada makanan yang ketika tidak habis dimakan bisa disimpan dan dikonsumsi lagi keesokan harinya, tetapi ada juga yang tidak bisa. Ada yang memang harus disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu agar memperpanjang usia konsumsinya.

Tetapi, apabila Anda tidak yakin makanan mana yang bisa disimpan dan yang tidak, Anda bisa lho mengintip beberapa tips berikut. Inilah makanan yang mudah basi dan sebaiknya tidak disimpan lama:

Produk susu

Ragam produk susu seperti susu, keju, whipped cream, es krim, yogurt, dan produk susu lainnya adalah bahan-bahan yang mudah sekali rusak. Dalam kondisi mentah, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin dan tak boleh disimpan terlalu lama.

Apabila produk dibuka 2x24 jam, maka produk tersebut harus segera dihabiskan agar tidak terkontaminasi bakteri.

Aturan ini juga berlaku untuk kue-kue serta makanan lain yang menggunakan bahan produk susu di dalamnya.

Produk ikan laut

Seafood memang paling cepat basi bila disimpan di suhu ruangan. Sehingga setelah membeli dari pasar atau supermarket, sebaiknya segera dicuci dan disimpan di dalam plastik kedap udara dan dimasukkan ke dalam freezer. Jika hendak dimasak, barulah ia dikeluarkan.

Daging mentah

Tinggi kandungan protein seperti ikan laut, sebaiknya memang daging mentah tidak disimpan di suhu ruangan. Masukkan ke dalam freezer dalam kemasan kedap udara dan segera dimasak agar mencegah kontaminasi bakteri.

Produk telur

Telur yang dibeli dari pasar, belum tentu telur yang segar. Cuci dan segera simpan di dalam kulkas untuk memperpanjang usianya. Telur yang disimpan di suhu ruangan hendaknya segera dikonsumsi tidak lebih dari 5 hari.

Namun, telur yang disimpan di dalam kulkas bisa dikonsumsi setidaknya 2-3 minggu lamanya.

Untuk mengecek apakah telur masih segar atau tidak, masukkan dalam seember air. Apabila ia mengapung maka telur sudah rusak dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

[pos_1] 

Cara Merebus dan Mengupas Telur Utuh Sempurna Tanpa Membuatnya Rusak

Mengupas telur rebus dengan sempurna ternyata tidak mudah juga ya. Salah tekniknya, telur tidak bisa utuh dan masih menempel di cangkangnya.

Ikuti tips ini yuk agar telur rebus Anda jadi tetap mulus, dan utuh sempurna.

Rahasia utama menghasilkan telur rebus yang utuh sempurna sebenarnya adalah saat merebus dan mendinginkannya.

Langkah 1.

Masukkan telur dalam satu lapisan di dalam panci yang berisi air dingin. Kemudian tutup panci tersebut, namun tetap diberi lubang agar uap bisa keluar.

Langkah 2.

Nyalakan api sedang dan biarkan air mendidih perlahan. Dimulai dengan air dingin yang suhunya meningkat sedikit demi sedikit, telur akan matang. Dan cara inilah yang membantu menjaga telur agar tidak cracking.

Langkah 3.

Tambahkan 1 sdm cuka ke dalam air untuk menjaga agar putih telur tetap utuh dan tidak sampai habis bila ternyata cangkangnya retak saat memasak. Anda bisa mengurangi cuka apabila takut cuka akan mempengaruhi rasa telur.

Langkah 4.

Bila tidak ada cuka, Anda bisa menggantikannya dengan 1/2 sdt garam. Garam dapat mencegah cangkang retak serta membuat cangkang telur lebih mudah dikupas nantinya.

Langkah 5.

Ketika telur sudah matang, kurangi panas sedikit demi sedikit sehingga temperatur telur tetap terjaga. Biarkan sampai airnya dingin setidaknya 10-15 menit.

Langkah 6.

Masukkan telur ke dalam air dingin dan biarkan sampai cangkangnya benar-benar dingin. Atau apabila Anda terburu-buru, Anda bisa mengganti air yang sudah hangat akibat telur, sampai airnya benar-benar dingin.

Langkah 7.

Anda bisa menambahkan es batu untuk membuat telur lebih mudah dikupas dalam keadaan dingin.

Langkah 8.

Apabila telur sudah dikupas, Anda bisa menyimpannya di wadah tertutup.

Usia telur rebus setidaknya masih bisa bertahan untuk dikonsumsi bila disimpan selama 5 hari di dalam lemari es. Pastikan telur tersimpan di dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri.

Tips Menyimpan Tahu Tempe Agar Awet

Tahu dan tempe adalah makanan kesukaan warga Indonesia. Banyak makanan yang bisa disajikan dengan mengolah dua bahan ini. Agar tempe dan tahu lebih awet dan tahan lama dengan cara alami, ini tipsnya.

Agar Tempe Lebih Awet

  • Saat membeli tempe, pilih tempe yang masih segar dan baru matang. Cirinya adalah tempe terasa hangat. Aroma kedelai masih tercium dan segar.
  • Perhatikan juga bagian serabut putih pada tempe, pastikan warnanya putih dan tidak kelabu atau hitam.
  • Hindari tempe yang berbau menyengat, berlendir dan serabutnya tidak lagi segar.
  • Saat sudah sampai di rumah, Anda bisa memasukkan tempe dalam wadah kotak tertutup dan dimasukkan kulkas.
  • Jika tempe yang Anda beli masih panas atau hangat, angin-anginkan dulu hingga dingin, baru disimpan di dalam wadah kotak.
  • Sebaiknya biarkan tempe dalam keadaan utuh dan tidak perlu dipotong jika belum akan dimasak.
  • Tempe biasanya tahan 3 hari di dalam kulkas.

Agar Tahu Lebih Awet

  • Saat membeli tahu, pastikan bagian luar tahu tidak berlendir.
  • Cium aromanya, jika tercium aroma obat-obatan, hindari.
  • Setelah sampai di rumah, cuci terlebih dahulu tahu di bawah air mengalir, tiriskan.
  • Masukkan tahu di dalam wadah kotak plastik dengan tutup rapat, masukkan ke dalam kulkas.
  • Anda juga bisa merendam tahu hingga semua bagian tenggelam sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, ganti airnya setiap hari.
  • Sebaiknya biarkan tahu dalam keadaan utuh dan potong jika akan dimasak.
  • Tahu biasanya awet tiga hari di dalam kulkas.

Itulah beberapa tips agar tahu dan tempe tetap awet.

Tips Membersihkan Kerak Gosong Pada Panci Dan Wajan

Ladies, menghafal bumbu dapur dan resep masakan itu cukup rumit. Jangan sampai kita dipusingkan oleh masalah seperti bokong panci atau wajan yang mengerak dan kehitaman.

Biasanya hal ini terjadi karena sisa pembakaran atau memasak hingga lengket dan hangus. Namun jangan khawatir, ada dua cara mudah untuk mengatasinya.

Cara Pertama:

Gunakan bubuk atau cairan pencuci piring. Larutkan dalam air dan tuangkan atau rendamkan pada area panci maupun wajan yang kerak hitamnya mengganggu. Lakukan saat panci atau wajan sudah dingin.Cara ini bisa membantu kita mengangkat dan membersihkan kerak hitam di keesokan harinya.

Cara Kedua:

Gunakan air soda (tak perlu dilarutkan pada air). Soda bisa membantu melepas kerak dengan sendirinya. Diamkan selama setengah hari atau bila mudah, dalam beberapa jam akan mengelupas. Setelah itu bersihkan seperti biasa.

Selesai. Kini Anda bisa mendapatkan panci bersih seperti baru, Sesuaikan penggosok untuk membersihkan dengan kondisi panci atau wajan Anda.

Beberapa panci dan wajan menggunakan sistem anti lengket jadi gunakan sabut yang tepat agar tak menyakiti permukaan wajan atau panci yang Anda gunakan. Selamat mencoba.

 [pos_1]

Ini Nih Cara Ampuh Usir Semut Dari Toples Gula

Ladies, musim penghujan tentu merupakan saat di mana banyak hewan berkeliaran yang sangat mengganggu. Terlebih para serangga yang lagi getol-getolnya mencari makan di tempat-tempat yang mereka inginkan. Termasuk juga segerombolan semut yang tak mau kalah dalam mencari persediaan makanan.

Alhasil, rumah manusia lah yang memang identik dengan tempat segudang makanan. Dan sudah pasti, makanan dapur maupun makanan ringan manis yang merupakan tujuan utama para serangga berkelompok ini. Dan jika sudah begitu pasti sebal kan rasanya melihat toples gula dan camilan kita dikuasai oleh mereka.

Eits jangan takut maupun resah ladies. Pasalnya semut diketahui sangat anti mendekati diri terhadap benda yang terdapat cengkehnya loh. Dari sini kita bisa mengaplikasikannya pada makanan manis bertoples yang ada di rumah kita bukan?

Caranya gampang, cukup masukkan 3 atau 4 butir ke dalam toples gula. Dan lihat saja hasilnya. Para semut pasti tak lagi berani berbuat nakal pada makanan manis kita. Selamat mencoba yah!

10 Kumpulan Tips Dapur Untuk Yang Ingin Belajar Memasak

Meskipun Anda bukan seorang chef ahli, tetapi masih sangat mungkin bila Anda bisa memasak menu steak daging yang empuk dan lezat. Tak harus menggunakan panggangan khusus kok, Anda bahkan bisa menggunakan wajan anti lengket yang Anda punya di rumah.

Bahan:

Daging steak

Merica

Garam

Tambahan bumbu lain

Minyak sayur

Mentega

Daun pepaya

Bahan bumbu panggang:

3 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

kecap manis/kecap barbekyu

Caranya:

1. Tusuk-tusuk daging dengan menggunakan garpu, kemudian aduk merata dengan bumbu di dalam sebuah wadah.

2. Bungkus daging dengan menggunakan pepaya dan diamkan setidaknya 45 - 60 menit.

3. Rendam dalam bumbu panggang, kemudian masukkan ke dalam wajan dan nyalakan api. Kondisi ini akan membuat suhu daging dipanaskan secara bertahap di mana kematangan daging akan sempurna, dan tidak akan overcooked.

4. Olesi dengan mentega dan bumbu panggang beberapa kali sambil dibolak-balik sampai daging benar-benar matang dan siap disajikan.

CATATAN:

Garam dapat menarik kelembaban keluar dari permukaan sehingga daging jadi lebih lunak dan protein di dalam daging dapat dipecah. Biasanya daging akan sedikit berair dalam proses ini.

[pos_1] 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading