Sukses

Lifestyle

Masih Ingatkah Pada 10 Artis Legenda Mandarin Ini?

Kembali pada ingatan di tahun 1990-an, ada momen di mana para artis dan penyanyi mandarin begitu populer di Indonesia, sampai-sampai banyak poster dan lagu yang digemari.

Di antara para artis dan penyanyi tersebut ada yang masih eksis dan ada yang sudah meninggal. Pun demikian, keharuman namanya di dunia hiburan masih sering terdengar hingga sekarang. Apalagi karyanya yang masih juga bisa dinikmati.

Di antara sekian banyak artis mandarin, 10 orang ini adalah yang termasuk dalam daftar legenda. Siapa sajakah mereka? Yuk buka kembali ingatan lama Anda.

(vem/bee)

Wong Ka Kui

Wong Ka Kui adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu. Ia juga bermain gitar dan menjadi pentolan dari grup band rock Beyond di Hong Kong.

Pengaruhnya dalam dunia musik di China begitu besar. Ia banyak menghadirkan lagu-lagu legenda seperti The Land, Loving You, Truly You, The Glorious Days, Under a Vast Sky dan lain sebagainya.

Sayangnya kariernya harus berakhir pada tahun 1993. Wong Ka Kui mengalami kecelakaan dan jatuh dari ketinggian tiga meter dengan posisi kepala yang jatuh terlebih dahulu. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun meninggal karena pendarahan dalam dan cedera berat di kepala.

Andy Lau

Andy Lay adalah salah satu artis dan penyanyi pop yang sangat dikagumi karena suara indah dan kemampuan aktingnya. Ia termasuk dalam quartet King of Cantonpop yang sejajar dengan Aaron Kwok, Jacky Cheung, dan Leon Lai.

Sudah ratusan lagu yang dibawakannya dan sekitar 140 film yang telah diperaninya. Pun demikian, ia masih menjadi sosok yang rendah hati dan sangat dermawan.

Teresa Teng

Teresa Teng adalah penyanyi mandarin terpopuler di era 90-an. Suaranya yang manis dan kemampuan naturalnya membawakan lagu dengan sepenuh hati membuatnya banyak dikagumi.

Lagu-lagu balladsnya membuat para fansnya mulai dari tua dan muda bisa menikmati dengan nyaman. Dalam karier sepanjang 30 tahun, Teresa Teng dikenal telah menyanyikan lebih dari 1000 lagu dalam bahasa Mandarin, Kanton, Jepang maupun Inggris.

Teresa Teng meninggal akibat serangan asma saat tengah berlibur di Chiang Mai, Thailand pada 8 Mei 1995 di usia 42 tahun.

Jay Chou

Jay Chou termasuk salah satu pendatang baru yang namanya baru dikenal di akhir 90-an. Ia adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu yang mengombinasikan lagu pop dengan rock, serta R&B. Kemampuannya mengomposisikan lagu membuatnya menjadi penyanyi yang istimewa.

Albumnya bahkan terjual lebih dari 28 juta album di seluruh dunia.

Jacky Cheung

Penulis lagu dan penyanyi yang satu ini tiada duanya. Ada ratusan album platinum yang mencatatkan namanya di dunia internasional. Ia juga piawai dalam berakting dan punya dedikasi yang besar di dunia hiburan.

Ada sekitar 65 album dalam bahasa Mandarin, Kanton dan Inggris yang hingga kini masih diminati.

Faye Wong

Dikenal sebagai diva, Faye Wong pertama kali populer di awal tahun 1990-an dengan menyanyikan lagu ballad berbahasa Kanton. Sejak tahun 1995, ia mulai menyanyikan lagu-lagu dengan bahasa Mandarin dan mulai mengombinasikan musik alternatif dengan pop.

Tahun 2000 ia masuk dalam catatan Guiness World of Records sebagai Best Selling Canton Pop Female.

Leslie Cheung

Leslie Cheung bukan hanya musisi serta penyanyi saja, ia juga bintang film yang punya nama besar dan banyak meraih penghargaan di Hongkong. Salah satu penghargaan beken yang pernah diboyongnya yaitu RTHK Golden Needle Award, the lifetime achievement award in Cantopop pada tahun 1999.

Sepanjang usianya ia pernah memainkan 56 film yang nyaris semuanya masuk box office.

Dikarenakan mengalami depresi, di usia 47 tahun Leslie Cheung bunuh diri dengan melompat dari gedung hotel. Ia meninggal pada 1 April 2003 dan meninggalkan kisah sedih bagi para fansnya.

Wang Leehom

Wang Leehom adalah artis HongKong keturunan Amerika. Ia bermain film dan juga menyanyi di genre hip hop dan R&B. Ia mengontribusikan 25 album lagu dan sempat empat kali memenangkan Taiwan's Golden Melody Award, salah satu acara penghargaan mirip Grammy ala Taiwan.

 

Aaron Kwok

Aaron Kwork dikenal sebagai penari, penyanyi dan juga aktor. Ia aktif di dunia hiburan sejak tahun 1980an hingga sekarang. Ia juga dikenal sebagai raja pop yang memiliki suara indah. Kemampuan menarinya membuat ia semakin dikagumi dan dijuluki sebagai Michael Jackson Asia.

Anita Mui

Anita Mui adalah sosok penyanyi sekaligus aktris yang punya suara memikat dan penampilan yang selalu unik. Ia punya style yang berbeda dibanding artis wanita lainnya.

Ia juga piawai dalam berakting dan punya julukan ever changing film queen karena selalu memikat di depan kamera. Ia bermain di 40 film action, film komedi dan drama selama 20 tahun.

Pada tahun 2003, Anita Mui harus menyerahkan kariernya di tangan kanker serviks yang menyerangnya. Usianya masih muda, masih 40 tahun dan punya karier yang cemerlang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading