Sukses

Lifestyle

Keren Banget, 10 Hewan Ini Punya Kekuatan Super Yang Tidak Dimiliki Manusia

Manusia sering berpikir bahwa dirinyalah yang paling berkuasa dan paling hebat di Bumi. Padahal, Tuhan juga memberikan banyak kelebihan pada hewan-hewan, dan kelebihan itu tidak dimiliki manusia biasa. Katakanlah manusia normal punya lima indera (dan indera keenam untuk mereka yang bisa bersentuhan dengan 'dunia lain'). Sementara itu, hewan-hewan yang akan Anda lihat ini punya hal hebat lainnya.

Dilansir oleh mnn.com, 10 hewan atau binatang ini punya kekuatan super, kekuatan yang tidak dimiliki manusia pada umumnya. Maka janganlah Anda merasa yang paling hebat atau yang paling berkuasa, karena kemampuan hewan-hewan ini akan membuat Anda terkagum-kagum.

(vem/yel)

Kekuatan Super Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang dekat dengan manusia. Banyak penelitian membuktikan bahwa lumba-lumba adalah hewan yang cerdas dan bisa dilatih. Lihat saja bagaimana aksi lumba-lumba bisa berhitung, main bola dan sebagainya di berbagai tempat rekreasi.

Selain cerdas, lumba-lumba juga memiliki kekuatan bernama echolocation. Kekuatan super tersebut membuat lumba-lumba bisa menciptakan gelombang suara khas yang bisa merepresentasi visual tiga dimensi. Kasarnya, lumba-lumba bisa berkomunikasi dan tahu keberadaan temannya atau sinyal bahaya dari gelombang suara.

Keren kan? Tidak perlu smartphone atau jaringan internet, lumba-lumba bisa saling berkomunikasi.

Kekuatan Super Ubur-Ubur Sisir

Bingung ini hewan apa? Ini adalah ubur-ubur sisir, bentuknya memang sedikit berbeda dengan ubur-ubur biasa. Jika Anda suka nonton Spongebob, ubur-ubur adalah hewan yang suka dikejar-kejar dan ditangkap tokoh kartun tersebut. Dalam dunia nyata, ubur-ubur sisir punya kekuatan super yaitu statocysts.

Statocysts adalah kekuatan yang memungkinkan ubur-ubur tidak terombang-ambing atau terseret arus laut yang sangat kuat. Dalam arus yang deras sekalipun (manusia pasti sudah hanyut) ubur-ubur sisir tetap bisa berenang seimbang berkat kekuatannya ini. Keren kan.. walau kecil, hewan ini punya keseimbangan luar biasa.

Kekuatan Super Merpati

Burung yang satu ini mungkin sudah akrab bagi Anda, mungkin ayah atau kakek Anda memeliharanya di rumah. Burung yang satu ini adalah lambang perdamaian, sekaligus pengantar surat hebat ratusan tahun yang lalu. Sebelum ada tukang pos dan email, burung merpati sangat berjasa mengantar surat ke berbagai negara.

Selain itu, merpati punya kekuatan super bernama magnetoreception. Kekuatan tersebut membuat burung merpati bisa mendeteksi medan magnet Bumi dengan mudah. Dia bisa menavigasi jarak jauh. Inilah yang membuat merpati mudah mengantar surat. Kalau sudah begini, GPS atau Google Map lewaaat..

Kekuatan Super Ikan Salmon

Ingat dengan lagu Butiran Debu yang 'susah menemukan jalan pulang'? Lagu itu tidak berlaku untuk ikan salmon. Ikan yang rasanya lembut dan enak ini selalu tahu di mana mereka lahir dan bisa kembali dengan mudah tanpa tersesat sama sekali (walau mereka berenang sudah sangat jauh dari tempat kelahiran).

Di laut yang maha luas, ikan salmon tidak akan tersesat karena memiliki kekuatan super dalam otak mereka. Kekuatan tersebut memanfaatkan feromagnetik deposit mineral magnetic dalam otak mereka. Sehingga, salmon selalu merekam medan magnet Bumi. Kekuatan inilah yang akan menuntun mereka 'kembali pulang'. Salmon seolah bisa mencium tempat asal mereka tanpa salah jalan.

Kekuatan Super Weatherfish (Ikan Cuaca)

Nama ikan ini lucu banget, weatherfish atau ikan cuaca. Tidak salah jika ikan kecil ini diberi nama weatherfish, karena dia bisa meramal cuaca. Hebat banget kan? Di saat manusia butuh satelit, perhitungan cuaca ribet dan sebagainya, ikan kecil ini bisa meramal cuaca dengan sangat mudah.

Kekuatan tersebut datang dari kekuatannya untuk mendeteksi perubahan tekanan air, sehingga dia bisa memprediksi perubahan cuaca. Para nelayan biasanya memprediksi cuaca dengan bantuan weatherfish. Aktivitas weatherfish akan berubah, terutama jika ada badai besar, sehingga para nelayan sangat terbantu dengan 'ramalan' dari weatherfish.

Kekuatan Super Penyu Laut

Sama seperti ikan salmon yang bisa dengan mudah menemukan jalan pulang ke rumah, penyu laut juga memiliki kekuatan untuk kembali ke pantai tempat mereka menetas. Penyu kecil selalu masuk ke laut setelah lahir, kemudian mereka akan mengarungi lautan super luas. Hebatnya, mereka tahu arah pulang tempat mereka menetas dulu.

Jauhnya jarak yang memisahkan tidak membuat penyu laut kehilangan jalan pulang. Sebagai hewan yang selalu berpindah-pindah, penyu laut punya kekuatan super yang ada di otak mereka untuk 'mencium' arah pantai tempat induk mereka bersarang dulu. Kemampuan lainnya adalah usia yang sangat panjang hingga ratusan tahun. Cool..

Kekuatan Super Hiu Martil

Ikan yang besar ini memang menakutkan, karena dia dikabarkan sering melukai manusia. Walau demikian, hiu adalah salah satu hewan yang memiliki kekuatan super bernama electroreception. Electroreception adalah kemampuan hebat hiu martil untuk mendeteksi medan listrik di sekitarnya.

Gunanya apa sih kekuatan ini? Kekuatan ini akan membuat hiu lebih mudah mendeteksi mangsanya. Arus laut yang sangat kuat dan garam di air laut kadang menyulitkan hewan laut untuk mencari mangsa, namun hiu tidak akan kesulitan, karena dia memiliki kekuatan hebat ini.

Kekuatan Super Kalelawar

Ada banyak jenis kalelawar, salah satunya adalah kalelawar pemakan serangga yang sering disebut microbats. Mereka memiliki kekuatan super bernama echolocation untuk bertahan hidup. Echolocation adalah kekuatan untuk menangkap mangsa dengan navigasi super walaupun kalelawar ada di dalam gua dan langit malam gelap.

Mereka dengan mudah menemukan mangsa walaupun kondisi sangat gelap dan tak terlihat apapun dari mata manusia biasa. Mereka mampu melakukannya karena memancarkan gelombang suara atau gema super tipis dari mulut dan hidung mereka. Radar inilah yang membuat kalelawar mudah menemukan makanan.

Kekuatan Super Ular

Ular adalah salah satu hewan yang paling ditakuti. Ular-ular ini dianggap berbisa dan bisa membunuh manusia. Padahal, dari sekian banyak jenis ular, yang berbisa dan mematikan hanya sedikit. Untuk mengetahui beda ular berbisa dan tidak, paling mudah ditemukan di lubang antara lubang hidung dan mata.

Lubang tersebut sebenarnya adalah sensor panas yang membuat ular bisa melihat secara infra merah. Kekuatan super itu memudahkan ular berburu mangsa di malam yang sangat gelap sekalipun. Mereka sangat sensitif dan dapat memprediksi seberapa besar ukuran dan jarak mangsanya. Ular tetap bisa hidup dan mencari mangsa walau matanya diambil.

Kekuatan Super Laba-Laba

Laba-laba adalah hewan dengan populasi besar. Kabarnya, pasti ada laba-laba sekitar 2 meter di manapun Anda berada. Hewan yang mayoritas berukuran kecil ini memiliki organ super bernama mechanoreceptory. Indera ini akan memudahkan laba-laba untuk memastikan ukuran, berat dan jenis apakah makhluk yang tertangkap dalam jaring mereka.

Semua yang melekat dan terjerat dalam jaring yang mereka buat tidak selalu hewan, kadang jaring itu bergoyang karena angin, terkena daun dan sebagainya. Karena itulah laba-laba harus tahu dulu apakah benar yang terjerat di jaringnya adalah hewan yang bisa dimangsa atau bukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading