Sukses

Lifestyle

Mengenal Fenomena Dirty Thunderstorm Dalam Letusan Gunung Kelud

Beberapa hari belakangan, di media sosial ramai beredar foto-foto petir yang menyambar saat meletusnya Gunung Kelud. Dilansir oleh merdeka.com, Jumat (14/2), sebelum erupsi terjadi pukul 22:55 WIB (13/2), terlihat banyak petir menyambar diiringi suara guntur yang menggelegar.

Petir yang terjadi saat meletusnya Gunung Kelud kemarin disebut dirty thunderstorm atau juga dikenal sebagai volcanic lighting. Fenoma dirty thunderstorm merupakan fenomena cuaca yang terjadi ketika aktivitas gunung mulai meningkat sehingga memicu terjadinya petir. Hal ini terjadi karena muatan listrik yang dihasilkan ketika fragmen batuan, abu vulkanik dan partikel es bertabrakan sehingga menghasilkan listrik statis.

Pada kejadian seperti meletusnya Gunung Kelud kemarin, umumnya ada 300 kali petir yang muncul. Sejumlah air yang dilepaskan oleh letusan gunung berapi juga menjadi salah satu materi badai petir tersebut. Selama aktifnya gunung berapi tersebut, akan ada banyak petir besar dan kecil serta bunga api yang muncul.

Semoga Gunung Kelud tidak memuntahkan isi perutnya lagi dan semoga keadaan segera membaik. Kita doakan bagi seluruh korban agar kondisinya segera pulih ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading