Sukses

Lifestyle

Cantiknya Fenomena Langit Kutub Utara, Bagai Pelangi di Malam Hari

Jika Anda melihat film yang mengambil gambar di Kutub Utara atau di negara yang dekat dengan Kutub Utara, Anda pasti pernah melihat langit hitam yang seolah memiliki tirai tipis warna-warni yang sangat indah. Tirai tipis apakah itu? Kenapa bisa sangat cantik dan mengagumkan? Mari berkenalan dengan fenomena alam yang cantik ini.

Namanya adalah aurora polaris atau polar lights atau aurora borealis

Ada banyak sebutan untuk fenomena alam ini, tapi nama yang paling sering dipakai adalah aurora borealis. Fenomena ini memperlihatkan langit malam di sekitar Kutub Utara yang seolah diselimuti tirai tipis, warna yang sering muncul adalah hijau, biru atau warna-warni seperti pelangi. Hanya wilayah Kutub Utara dan sekitarnya yang memiliki fenomena alam ini, jadi bisa dipastikan, dalam keadaan normal, langit di Indonesia tidak akan mengalami fenomena aurora borealis.

Foto copyright redbubble.net

Dilansir oleh loc.gov, penyebab munculnya aurora borealis adalah aktivitas matahari yang menyemburkan awan panas atau badai matahari. Letupan itu akan meninggalkan matahari dan ditarik oleh medan magnet paling kuat di Bumi, yaitu di Kutub Utara. Sehingga arus bermuatan listrik itu seolah membentuk ekor panjang dan memuai ketika tiba di Kutub Utara. Hasilnya, tirai malam yang cantik dan memiliki banyak warna. Karena itulah, fenomena ini hanya ada di Kutub Utara dan negara sekitarnya.

Cantik tapi mengganggu jaringan listrik

Banyak orang terpesona melihat indahnya fenomena aurora borealis. Walaupun cantik, fenomena ini ternyata dapat mengganggu jaringan listrik. Banyak peneliti bersemangat melakukan penelitian tentang aurora borealis, karena selain cantik, mereka jadi bisa memperhitungkan kapan badai matahari akan terjadi dan apa dampaknya untuk kita.

Keren bukan? Jika Anda ingin melihat keindahan aurora borealis lainnya, silakan lihat dalam gallery foto di bawah ini.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading