Sukses

Lifestyle

Mimpi Itu Seperti Apa Sih? Cari Tahu di Sini Ladies

Mungkin Anda sudah sangat akrab dengan mimpi. Kapan biasanya Anda bermimpi? Atau apakah ada makna tertentu untuk setiap mimpi Anda Ladies? Anda pasti bisa menjawab pertanyaan seperti ini, namun ketika ditanya apa yang terjadi ketika Anda bermimpi? Atau mimpi itu seperti apa?

Dilansir dari huffingtonpost.com, masih ada banyak hal tentang mimpi yang banyak orang belum tahu. Orang biasanya hanya akrab dengan arti mimpi, namun belum tentu tahu apa yang terjadi pada tubuh ketika seseorang sedang bermimpi. Nah Ladies, coba cari tahu di sini yuk, Rubin Naiman, Ph.D psikolog yang mengambil spesialisasi pengobatan untuk gangguan tidur dari University of Arizona menjelaskan beberapa hal tentang mimpi.

(vem/hyn)

Mengingat mimpi

Coba ingat apa mimpi Anda semalam? Jika Anda terbangun karena bunyi alarm mungkin Anda tidak akan begitu ingat apa saja mimpi Anda. Jika Anda ingin mengingat mimpi Anda setiap malam, sebaiknya Anda berusaha untuk bangun tidur secara perlahan dan bukan dengan bantuan alarm. Selain itu juga jangan terlalu mengejar ingatan Anda, jika Anda terlalu mengingat mimpi, maka Anda tidak akan mampu mengingatnya sama sekali.

Orang yang mampu mengingat mimpinya menunjukkan aktivitas otak yang berbeda dibanding orang yang tidak mampu mengingat mimpi mereka. Perbedaan ini justru terjadi ketika mereka bangun. Orang yang mampu mengingat mimpi mereka menurut penelitian ternyata lebih peka terhadap suara.

Reaksi tubuh

Ketika Anda terbangun dari mimpi indah apa yang terjadi? Berapa orang biasanya sangat emosional ketika dibangunkan dari mimpi indah. Hal ini sangat wajar, karena ternyata otak dan tubuh memberikan respon yang sama seperti ketika Anda sadar. Namun karena dalam kondisi tidur, akan terjadi lonjakan denyut jantung ketika Anda mengalami mimpi buruk atau menakutkan. Jika selama ini banyak orang mempercayai mimpi hanya sesaat, ternyata durasi mimpi itu bisa 20 menit sampai 60 menit Ladies.

Mimpi buruk

Mimpi buruk memang pasti menakutkan, tapi tidak selamanya mimpi buruk berarti menakutkan. Sebuah penelitian yang merekam dan menganalisis mimpi dari 331 orang menemukan bahwa banyak mimpi buruk yang didasari karena orang tersebut merasa gagal, khawatir, bingung, kesedihan, dan rasa bersalah. Para peneliti juga menemukan bahwa mimpi buruk pada laki-laki cenderung tentang kekerasan atau hal-hal yang mengganggunya secara fisik, sedangkan pada wanita lebih cenderung mimpi buruk tentang konflik hubungan.

Selain itu menurut psikolog ini, mimpi tidak ada yang aneh kecuali ketika Anda berpikir bahwa mimpi tersebut aneh. Mungkin Anda bermimpi sedang bermain poker dengan aladin kemudian Anda terbangun di dunia nyata. Membandingkan dunia mimpi dengan dunia nyata tentu saja hal yang tidak wajar Anda lakukan karena keduanya memiliki dimensi waktu yang berbeda.

Mati dalam mimpi

Banyak orang yang selama ini percaya bahwa mitos yang mengatakan ketika seseorang bermimpi dirinya meninggal berarti sebenarnya jasadnya juga telah mati. Bahkan ada orang yang sangat ingin merasakan mati dalam mimpi berani membayar berapapun asalkan ada orang yang bisa membawanya ke dalam mimpi tersebut.

Kemudian banyak pula yang melaporkan telah mati dalam mimpi kemudian hidup kembali ke dunia untuk menceritakan pengalamannya tersebut. Namun ahli psikologi membantahnya, kesadaran adalah sesuatu yang kekal dan nyata dan tidak pernah terpisah dari tubuh. Tetapi bagaimanapun Anda melihat kematian dalam mimpi, anggap saja hal tersebut sebagai hal yang menyenangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading