Sukses

Lifestyle

Boneka Barbie Gonta-Ganti Pekerjaan Sejak Tahun 1959, Jadi Apa Saja Dia?

Boneka Barbie adalah boneka kesukaan anak perempuan di seluruh dunia. Bahkan bagi wanita muda, boneka Barbie masih menjadi idola yang memikat hati. Boneka cantik yang fashionable, suka warna pink dan mewah ini sering dikatakan sebagai boneka yang hanya cantik saja, tapi tidak pintar. Kontroversi akhirnya bermunculan tentang sosok Barbie yang sempurna tapi tidak bisa apa-apa.

Perusahaan yang memproduksi Barbie akhirnya membuat banyak versi Barbie yang bekerja. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 pekerjaan yang dilakukan Barbie. Wah banyak juga ya, ini adalah pembuktian bahwa Barbie adalah wanita yang mandiri dan tangguh, tidak sekedar cantik luarnya.

Inilah beberapa pekerjaan Barbie yang banyak disukai, dilansir oleh cozi.com.

(vem/yel)

Tahun 1961 Barbie Jadi Perawat

Karir awal yang membuat Barbie disukai adalah menjadi perawat. Pada tahun 1961, Barbie dirancang menjadi perawat profesional. Di masa itu, perawat masih didominasi oleh para wanita dan menjadi pekerjaan favorit para wanita di seluruh dunia. Perawat adalah pekerjaan yang tidak mudah dan sangat dihormati saat itu.

Pengabdian Barbie pada pekerjaannya ini membuatnya semakin disukai banyak orang. Pilihan karir ini menjadi salah satu karir terbaik yang pernah dilakukan Barbie. Namun tetap saja ada suara sumbang yang mempertanyakan kenapa perawat yang satu ini tetap modis saat bekerja.

Tahun 1961 Barbie Jadi Pramugari

Masih di tahun yang sama, Barbie juga mencoba karir di dunia lain, yaitu menjadi seorang pramugari. Sebuah pilihan yang tidak jauh dari gaya hidup Barbie yang fashionable dan glamor. Pilihan ini tidak sulit bagi Barbie, karena pramugari selalu dituntut untuk cantik, tinggi dan cerdas.

Di tahun tersebut, menjadi seorang pramugari adalah pekerjaan yang bergengsi. Barbie tampaknya menyukai pekerjaan ini, sehingga kisahnya menyebutkan bahwa Barbie sebagai pramugari terus diproduksi hingga tahun 1970-an. Gosipnya nih.. Barbie bertemu Ken saat menjadi pramugari.

Tahun 1963 Barbie Menjadi Wanita Karir

Tahun 1960-an tampaknya menjadi tahun yang sangat sibuk bagi Barbie dan produsennya. Setelah pramugari, Barbie dibuat menjadi seorang wanita karir yang cantik. Tugas Barbie tidak hanya mengejar karir dan posisi puncak karir, ada misi mulia dari pekerjaannya ini.

Pekerjaan Barbie yang satu ini dikaitkan dengan kampanye penyamarataan upah dan gaji bagi pegawai wanita di masa itu. Perusahaan Mattel tempat Barbie diproduksi, upaya ini semakin menguatkan mereka sebagai perusahaan yang mendukung penyamarataan hak pegawai perempuan di seluruh dunia.

Tahun 1965 Barbie Menjadi Astronot

Di tahun 1960, pihak Amerika Serikat dan Uni Soviet sama-sama sedang gencar melakukan misi ke luar angkasa dengan awak pesawat manusia. Maka di tahun tersebut, Barbie memutuskan untuk menjadi seorang astronot. Sebuah pilihan yang sangat berani bagi seorang wanita cantik.

Sayangnya, di masa itu, semua astronot yang melewati tes hanya diungguli para pria. Tidak ada astronot wanita yang lolos untuk terbang ke luar angkasa pada masa itu. Astronot wanita pertama justru muncul di Uni Soviet, yaitu Valentina Tereshkova. Sedangkan Amerika Serikat baru memiliki kandidat astronot perempuan pada tahun 1983.

Tahun 1973 Barbie Menjadi Dokter Bedah

Siapa yang dulu bercita-cita jadi dokter? Barbie juga memiliki cita-cita mulia itu dan berhasil mewujudkannya menjadi dokter bedah yang profesional. Pada tahun tersebut, pekerjaan sebagai dokter masih didominasi para pria. Jumlah dokter wanita hanya 10 persen di tahun 1970.

Maka bisa dikatakan, dengan adanya boneka Barbie sebagai dokter, menjadi jalan bagi anak-anak perempuan untuk memiliki cita-cita sebagai dokter dan benar-benar terjun di bidang kedokteran. Entah berhubungan atau tidak, pada tahun 2007-2008, jumlah pelamar wanita di sekolah kedokteran mencapai angka 48,3 persen.

Tahun 1976 Barbie Menjadi Atlet Olimpiade

Pada tahun ini, Barbie diminta untuk mempromosikan acara Olimpiade. Dia menjadi salah satu atlet yang memenangkan medali emas dalam bidang skating, ski dan berenang. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi seorang boneka cantik seperti Barbie.

Selain memenangkan emas, Barbie mendorong para wanita untuk tidak takut berolahraga atau berkotor-kotor di lapangan. Pada masa itu, tidak banyak wanita yang mau terjun ke dunia olahraga. Namun Barbie membuktikan bahwa dia bisa mendapat medali emas dan tetap cantik sebagai wanita.

Tahun 1984 Barbie Menjadi Instruktur Senam

Dengan pekerjaan yang sangat keren di tahun-tahun sebelumnya, keputusan Barbie menjadi seorang instruktur senam dianggap sebagai kemunduran. Ini sebenarnya bukan keputusan mudah, karena banyak orang menganggap Barbie hanya mau bekerja di bidang yang 'mewah' dan populer.

Akhirnya, Barbie memutuskan bahwa semua pekerjaan itu menyenangkan, asal dilakukan dengan hati bahagia. Apapun pendapat orang tentang pekerjaannya, Barbie tetap happy sebagai seorang instruktur senam. Hingga saat ini, makin banyak wanita yang bangga sebagai instruktur senam atau aerobik. Keren kan?

Tahun 1992 Barbie Menjadi Tentara Militer

Menjadi tentara adalah pekerjaan pria dan wanita, Barbie pun mengakuinya. Pada tahun 1992, Barbie mengawali karir sebagai seorang tentara. Tidak tanggung-tanggung, boneka cantik ini langsung mengambil bagian di Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Ini menjadi jalan bagi para wanita untuk mengikuti jejak Barbie.

Yang keren, semua seragam yang dipakai Barbie sudah mendapat persetujuan Pentagon (markas besar tentara Amerika Serikat). Barbie menunjukkan bahwa wanita punya peranan besar dalam menjaga perdamaian dunia, dan terjun ke dunia militer adalah salah satu caranya.

Tahun 1998 Barbie Menjadi Pebalap Mobil

Whoaaa.. tidak banyak wanita mau menjadi pebalap mobil, bahkan di masa kini, hanya sedikit wanita yang mau. Namun di tahun 1998 Barbie mengambil langkah besar. Tepat pada perayaan ulang tahun NASCAR ke 50 tahun, Barbie memperkenalkan para wanita bahwa menjadi pebalap bisa menjadi karir menjanjikan.

Dengan adanya Barbie yang memakai seragam pebalap dengan keren, masih diperlukan perjuangan untuk mengangkat profesi ini di kalangan wanita. Tidak menyerah, Barbie kembali berkampanye di tahun 2009 dengan tema "Barbie I Can Be... a Race Car Driver".

Tahun 2008 Barbie Menjadi Calon Presiden

Dari semua karir yang sudah bisa dinikmati wanita, salah satu karir yang masih sulit adalah menjadi presiden. Coba hitung, berapa banyak presiden dunia yang berjenis kelamin wanita? Sangat sedikit. Maka di tahun 2008, Barbie membuat gebrakan sebagai calon presiden.

Boneka ini tidak tanggung-tanggung, dia sudah melakukan kampanye presiden pada tahun 1992, 2004 dan 2008. Dia menjadi boneka yang berani menggebrak dunia sebagai calon presiden. Semoga saja, di masa yang akan datang, wanita lebih berani mengambil langkah karir di bidang politik, seperti Barbie.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading