Sukses

Lifestyle

Tips Berhemat Sebelum Dapat Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Sudah selesai kuliah dan belum mendapat pekerjaan mungkin menjadi masa yang kritis dan mengajarkan kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Namun sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir akan hal itu.

Anda bisa menata keuangan dan menghasilkan uang bahkan sebelum Anda mendapatkan pekerjaan yang settle. Berikut ini beberapa tipsnya.

Hindari Hutang

Sebisa mungkin hindari hutang, terutama dalam jumlah besar. Dalam kondisi seperti ini, meminimalisir hutang bisa meringankan beban pikiran Anda di masa menganggur. Bila Anda punya hutang, segera lunasi atau cicil dengan stabil.

Punya Simpanan

Simpanan uang akan sangat membantu Anda meski butuh perjuangan untuk mengumpulkannya. Bila Anda belum punya simpanan sama sekali, maka tugas Anda adalah mengumpulkan simpanan uang dengan cara pada poin berikutnya.

Bisnis Kecil

Jangan takut untuk mencoba dan jangan meremehkan modal sekecil apapun. Misalnya Anda hanya punya 50 ribu, cari peluang yang memungkinkan untuk usaha kecil. Misalnya berjualan makanan yang bisa Anda buat dengan modal sekian. Selain bisa mengisi waktu luang, juga bisa memperluas jaringan dan memberikan pemasukan yang lumayan.

Cara ini akan memutar uang Anda selagi mungkin Anda menghabiskan uang yang lain. Jangan berharap terlalu tinggi, namun tak ada salahnya dicoba.

Batasi Pengeluaran

Batasi pengeluaran yang Anda miliki dalam jangka sebulan, seminggu dan sehari. Dengan demikian Anda bisa menghemat uang, sekaligus mencegah bokek di tanggal tua atau bahkan pertengahan bulan. Membatasi pengeluaran juga bisa membuat Anda lebih mengatur keuangan dan jadwal belanja atau hang out.

Disiplin

Dengan prinsip dan perhitungan yang Anda buat sendiri, jangan lupa untuk tetap disiplin. Kalau Anda lengah, pengeluaran akan kembali berantakan. Jangan menyisakan uang, namun sisihkan karena simpanan bukanlah dari yang tersisa. Melainkan diprioritaskan.

Selamat mencoba tips di atas. Tips tambahan bila Anda ingin mencari pekerjaan pertama, tak harus membidik pekerjaan besar. Anda bisa mencari pengalaman dan uang saku lebih dahulu. Langkah selanjutnya Anda bisa menentukan tujuan yang lebih menjanjikan bagi masa depan atau jenjang karir Anda.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading