Sukses

Lifestyle

'Apa Itu Cinta?' Ini Dia Jawaban Orang-Orang yang Hidup Ratusan Tahun Lalu

Apa jadinya hidup tanpa cinta? Ladies, sebagian besar dari kita mungkin butuh waktu yang lama untuk mencari arti cinta yang benar-benar sesuai. Cinta di sini bukan hanya cinta terhadap pasangan atau kekasih saja, tetapi juga cinta kepada keluarga, sahabat, orang-orang terdekat, bahkan ke makhluk hidup lainnya.

Ternyata definisi tentang cinta sudah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lalu. Definisi tentang cinta itu tersimpan abadi dalam karya-karya sastra dunia. Seperti yang dilansir oleh brainpickings.org, ada beberapa definisi cinta yang sangat indah dan masih sesuai dengan zaman sekarang. Mengetahui beberapa definisi ini bisa membuat hari Anda akan lebih banyak dipenuhi oleh perasaan cinta dan bahagia.

(vem/nda)

Tak Ada Batasan Usia Untuk Cinta

"Love is like a fever which comes and goes quite independently of the will. Â… there are no age limits for love." -Stendhal

Cinta itu seperti penyakit demam. Ia bisa datang dan pergi sesuka hati, kadang ia datang di saat-saat yang tak terduga. Mungkin kita sering lupa bahwa cinta itu bisa ada di mana saja, bisa datang dari mana saja. Dan yang paling penting lagi adalah bahwa cinta itu tak mengenal batasan usia.

Cinta Bisa Mengubah Seseorang, Tetapi...

"Love can change a person the way a parent can change a baby — awkwardly, and often with a great deal of mess." -Lemony Snicket

Pernahkah Anda merasa menjadi seseorang yang lain ketika merasakan cinta? Saat tiba-tiba Anda merasa harus lebih feminin saat di dekat orang yang Anda sukai. Atau saat tiba-tiba detak jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasa saat orang yang Anda sukai baru saja melintas? Cinta memang bisa mengubah seseorang, meski terkadang ada sedikit kekacauan dalam perubahan itu.

Tak Ada yang Jauh Lebih Misterius daripada Cinta

"Nothing is mysterious, no human relation. Except love." -Susan Sontag

Coba Anda cari tahu lagi jawabannya, apa yang lebih misterius daripada cinta? Cinta bisa jadi membutakan seseorang, bisa mengubah hidup seseorang (entah menjadi lebih baik atau lebih buruk), dan bisa mengelabuhi diri manusia. Saat seseorang dimabuk cinta, dunia serasa jadi jungkir balik.

Cinta Itu dari Hati

"Love looks not with the eyes, but with the mind." -Shakespeare

Seseorang bisa gila karena cinta karena ia melihat cinta hanya dari matanya, bukan dengan hati dan pikirannya. Kita memang bisa mudah jatuh cinta dengan seseorang yang berparas menawan, tetapi paras yang menawan itu tak akan berlangsung selamanya. Wajah bisa keriput. Punggung bisa semakin bungkuk karena tua. Jika kita hanya melihat cinta dengan mata saja, maka cinta sejati itu mungkin tak akan pernah ada.

Cinta Tidak Meminta

"Love has nothing to do with what you are expecting to get — only with what you are expecting to give — which is everything." -Katharine Hepburn

Ah, cinta itu bukan tentang sesuatu yang kita dapat, tetapi sesuatu yang kita berikan. Semakin banyak kita memberikan sesuatu atas dasar cinta, maka semakin bahagia hidup kita. Cinta dan ketulusan seharusnya memang berada dalam satu kotak, jika kita memisahkan keduanya, maka cinta tak memiliki arti.

Tanpa Cinta, Hanya Ada Neraka

"What is hell? I maintain that it is the suffering of being unable to love." -Fyodor Dostoyevsky

Neraka, hmm... mungkin itu adalah tempat di mana orang-orang yang tinggal adalah orang-orang yang tak pernah merasakan cinta. Saat cinta sudah tak ada lagi di dunia ini, mungkin hanya ada rasa sengsara dan perang di dunia ini. Jika selama ini Anda merasa tak pernah bahagia, itu mungkin karena Anda tak merasakan atau memberikan cinta.

Cinta Itu Tak Mau Diatur

"Love is an untamed force. When we try to control it, it destroys us. When we try to imprison it, it enslaves us. When we try to understand it, it leaves us feeling lost and confused." -Paulo Coelho

Cinta itu aneh. Ia tak mau diatur. Ketika kita mau mengontrolnya, ia malah menghancurkan diri kita. Ketika kita mau mencoba untuk menyimpannya dalam hati, ia malah memperbudak kita. Saat kita baru saja mau mencoba memahaminya, ia malah membuat kita kehilangan arah dan tersesat.

Cinta Itu Tentang Tumbuh Dewasa

"Love does not begin and end the way we seem to think it does. Love is a battle, love is a war; love is a growing up." -James Baldwin

Memang tak ada habisnya jika bicara tentang cinta. Cinta bisa berawal dan berakhir tanpa pernah kita duga sebelumnya. Cinta itu semacam perjuangan. Saat kita merasakan cinta, itulah saat kita sedang bergumul dan perang terhadap diri kita sendiri. Tetapi itulah cinta, dengan cinta, kita akan semakin tumbuh dewasa.

"Love is the very difficult understanding that something other than yourself is real." -Iris Murdoch

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading