Sukses

Lifestyle

Serial Doraemon Akan Mengudara di Amerika, Apa Ya Perbedaannya Dengan Versi Jepang?

"Baling-baling bambu!" Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut. Ya, Doraemon adalah si "pemilik" kantong ajaib beserta benda-benda canggih dalam serial komik populer karangan Fujiko F.Fujio ini. Sosok kucing robot masa depan ini tak hanya populer di Asia, tetapi juga hingga ke seluruh dunia, lho!

Dilansir oleh rocketnews24.com, serial kartun Doraemon akan mengudara di televisi Amerika pada bulan Juli tahun ini. Kanal Disney Channel-lah yang akan memutar 26 episode kisah tentang kucing robot ini beserta Nobita dan kawan-kawannya. Tetapi, dari rumor yang beredar, serial yang ditampilkan di Amerika ini bakal berbeda dengan yang ada di Jepang, lho. Wah, apa ya perbedaannya?

Karakter Doraemon akan tetap menjadi Doraemon, sementara Nobita akan disebut dengan nama "Noby", Giant menjadi "Big G" dan Suneo menjadi "Sneech". Selain itu, pintu pink legendaris Pintu Ke Mana Saja yang dalam bahasa aslinya disebut Dokodemo Door akan disebut "Anywhere Door". Masih ingat dengan konyaku yang membantu Nobita menerjemahkan bahasa asing? Kalau dalam bahasa Indonesia, Honyaku Konyaku disebut Konyaku Penerjemah, dalam versi serial Amerika disebut "Translation Gummy".

Tak hanya itu lho. Beberapa makanan yang muncul dalam serial asli disesuaikan dengan kebudayaan masyarakat Amerika, misalnya Omu-rice (omelete dengan nasi) diganti dengan pancakes dan penggunaan sumpit diganti dengan garpu. Sementara itu, makanan-makanan seperti cake dan permen yang banyak muncul di versi Jepang, diganti dengan gambar buah-buahan. Alasannya adalah menyesuaikan standar penyiaran Amerika untuk mempromosikan makanan yang sehat bagi anak-anak. Wah, ternyata perlu banyak penyesuaian ya untuk dapat diterima masyarakat negara lain.

Sekalipun banyak pro dan kontra tentang perubahan naskah asli ini, kisah tentang kucing robot yang setia ini tak urung menarik perhatian masyarakat Amerika. Ya, Doraemon adalah salah satu ikon karakter fiksi yang mampu bertahan hingga lebih dari 20 tahun di dunia pertelevisian. Apalagi kini dengan mewabahnya demam budaya Asia ke seluruh dunia, Doraemon dan gengnya pun punya kesempatan yang sama untuk tampil di kancah internasional.

Seperti apa sih perbedaan-perbedaan antara serial versi asli dan versi Amerikanya? Yuk kita simak dalam galeri foto berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading