Sukses

Lifestyle

5 Langkah Mengasah Pribadi Menjadi Sosok Yang Anda Inginkan

Banyak orang yang ingin menjadi diri sendiri, namun ternyata tidak mudah juga untuk melakukannya. Seringnya kita terjebak dalam aturan dan omongan orang lain, sehingga mau menjadi diri sendiri malah sungkan.

Sungkan karena terlihat egois. Sungkan karena tidak memikirkan orang lain. Sungkan juga bagaimana kalau kita tak diterima oleh orang lain? Well, sesungguhnya ketakutan seperti ini yang kadang membuat kita menyerah menjadi orang dengan kepribadian yang inspirasional.

Sebelum Anda bisa bahagia, Anda tak akan bisa membuat sekitar Anda turut merasa bahagia. Setiap orang pasti akan bahagia bila mereka bisa menjadi diri sendiri, bahkan menjadi sosok yang mereka cita-citakan. Agar Anda bisa membuat diri Anda menjadi seperti yang Anda inginkan, perhatikan lima hal ini.

(vem/gil)

Ijinkan Diri Anda Melakukannya

Tak ada yang bisa mengatur atau membatasi Anda selain Anda sendiri. Lepas dari semua sistem yang Anda ikuti (pekerjaan, keluarga, pertemanan) Anda berhak untuk menentukan jalan hidup Anda.

Jadi kalau Anda punya misi atau mimpi, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengijinkan diri Anda untuk melakukannya. Kalau Anda membatasinya dengan kata tidak bisa atau tidak mungkin, Anda sudah tidak mengijinkan diri Anda lebih dulu.

Punya Prinsip Dan Standar

Bangunlah prinsip dan standar Anda sendiri. Apa yang baik bagi orang lain belum tentu baik bagi Anda. Begitupula arah yang Anda tuju mungkin berbeda dengan yang orang lain miliki.

Kalau Anda punya prinsip sendiri, Anda tak akan mudah goyah dengan orang lain yang meragukan ide dan mimpi anda. Selain itu, Anda juga punya standar atas kualitas dan goal yang Anda miliki. Sehingga apa yang Anda raih akan mencapai kepuasan sesuai yang Anda inginkan, bukan apa yang orang lain inginkan.

Kekuatan Spiritual

Anda tak bisa melepaskan hubungan Anda dengan Sang Pencipta. Jadi imbangi hubungan Anda secara vertikal dan horisontal. Dengan demikian Anda tidak akan hilang arah atau hilang harapan.

Mereka yang punya kekuatan spiritual dalam dirinya, sekalipun goyah, tidak akan hancur berantakan. Kekuatan spiritual membantu kita memanage emosional dan pikiran kita agar stabil dan tak mudah down dalam keadaan paling sulit sekalipun.

Punya Tujuan

Orang bijak mengatakan, kalau Anda tak punya tujuan, maka Anda tak akan bisa ke mana-mana. Jadi tanyakan pada diri anda sendiri mau menuju ke mana. Apakah Anda ingin menjadi petualang sepanjang hidup? Menjadi ibu rumah tangga?

Apakah Anda ingin menjadi orang yang populer atau di balik layar? Hal seperti ini harus ditentukan sehingga Anda tidak akan bimbang dan mudah disetir oleh keinginan orang lain. Dan jangan lupa, bila Anda sudah punya misi atau tujuan, percaya dengan tujuan itu dan berusahalah mencapainya.

Salah satu cara mudah untuk memiliki tujuan adalah menemukan siapa idola Anda. Kalau Anda mengidolakan orang yang mencintai alam, hiduplah seperti bagaimana orang tersebut hidup. Maka Anda akan dimudahkan bertemu dengan orang-orang sejenis dan sampai di tujuan Anda.

Ketekunan

Kalau Anda sudah memiliki aturan itu, jangan lupa untuk mematuhi dan menekuninya. Setiap kali Anda lelah, bolehlah sedikit melonggarkan diri. Namun segera motivasi diri Anda untuk bangkit lagi.

Motivasi diri Anda bahwa Anda sudah dekat dengan tujuan. Dan ketika Anda nanti sudah meraihnya, Anda akan merasakan kepuasan yang sangat layak Anda dapatkan. Dalam ketekunan itu, buka mata, hati dan telinga Anda.

Inspirasi dan pelajaran bisa datang dari mana saja untuk bisa membuat Anda menjadi sosok yang Anda inginkan. Baik itu dari kegagalan atau keberhasilan. Orang yang besar maupun yang bukan siapa-siapa.

Semoga kelima hal ini bisa membantu Anda menemukan kunci menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi sosok yang Anda inginkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading