Sukses

Lifestyle

Mengerjakan Proyek Pribadi di Luar Pekerjaan Utama, Bagaimana Caranya?

Ladies mungkin Anda selama ini hanya menumpuk mimpi untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Dengan beban pekerjaan yang Anda miliki rasanya mustahil untuk memikirkan bagaimana menciptakan lukisan yang menawan, merajut kain yang indah, atau mungkin Anda suka sekali membuat karya-karya ilustrasi.

Namun rasanya sulit untuk diwujudkan karena peran seorang wanita sebagai ibu rumah tangga, yang kadang ditambah sebagai wanita karir membuat Anda seakan tidak pernah punya waktu untuk bersenang-senang melakukan hal yang Anda sukai? Yuk ikuti tips dari artisaway.com, yang menuntun Anda untuk memulai hal yang ingin Anda lakukan di antara kesibukan yang rasanya tiada akhir ini.

(vem/hyn)

Berpikir

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai sesuatu adalah berpikir. Bedakan dengan berangan-angan, ambil secarik kertas, duduk tenang, dan pikirkan apa yang ingin Anda lakukan, kemudian tuliskan. Mengapa perlu berpikir untuk melakukan sesuatu bahkan hal yang Anda sukai? Dengan berpikir Anda akan lebih memahami tujuan Anda dan tentunya lebih fokus untuk hasil yang Anda harapkan.

Berpikir juga akan membuat Anda terpisah dari pengaruh orang lain, pengaruh di sekitar Anda yang mungkin selama ini membuat Anda berhenti berkreasi.  Anda juga bisa mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk melakukan yang Anda inginkan. Berkreasi membutuhkan waktu untuk menangkap inspirasi. Seperti apa yang dikatakan oleh Ralp Waldo Emerson, “Bersikeraslah pada diri sendiri. Jangan pernah meniru”

Buatlah rencana

Jika Anda sudah mengerti apa yang ingin Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menulis rencana. Rencana akan menjadi guide atau peta yang membantu Anda sampai pada tujuan. Bagian pertama adalah pemetaan secara umum, yaitu gambaran besar dari apa yang Anda inginkan. Bagian kedua adalah gambaran besar yang dipecah menjadi langkah-langkah kecil. Misalnya ketika Anda ingin membuat papercraft yang rumit. Anda perlu membagi ke dalam beberapa wilayah sekecil mungkin, sehingga bisa membantu Anda untuk lebih fokus pada pemotongan satu area kecil tanpa merasa kewalahan karena ini adalah karya besar Anda.

Start

Jika Anda memiliki rencana yang tertulis, akan lebih mudah untuk memulai langkah pertama Anda. Pada tahap ini lakukan tindakan, kerjakan langkah pertama dari proyek Anda. Seperti layaknya Anda berjalan, kaki kanan melangkah lebih dulu, kemudian disambung dengan langkah kaki kiri. Yang perlu Anda sadari adalah tidak ada yang menarik selain bergerak maju dengan tujuan yang pasti.

Selama mengerjakan proyek ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu Anda. Harus pandai mengatur waktu, sebaiknya Anda mempunyai jadwal yang tepat setiap harinya. Misal Anda menetapkan 1 jam setelah makan siang untuk mengerjakan ini. Untuk menghindari kebosanan, selayaknya Anda melakukan pekerjaan utama Anda, berikan jeda waktu beberapa menit, kemudian sisa waktu benar-benar gunakan untuk fokus bekerja.

Disiplin

Meskipun melakukan hal yang Anda sukai, tetap saja untuk menghasilkan karya yang baik Anda membutuhkan disiplin diri. Disiplin adalah kontrol yang akan membuat Anda mematuhi aturan yang sudah ada. Disiplin ini penting untuk membuat Anda keep on the track. Tentunya Anda telah mematok waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan Anda, misal satu minggu, ini adalah deadline yang harus Anda tepati. Jangan karena proyek pribadi Anda bersikap santai, bisa-bisa Anda bosan karena sering menunda-nundanya. Belum tentu di minggu depan Anda memiliki waktu untuk menyelesaikannya.

Have fun

Mungkin Anda perlu memperhatikan proyek pribadi Anda di beberapa waktu lalu yang terbengkalai dan Anda hingga kini tidak berminat untuk melanjutkannya. Setuju nggak kalau terhenti karena rasanya tidak menarik lagi, meskipun awalnya Anda sangat menyukainya. Dasar yang kuat diperlukan untuk membangun gedung yang tinggi, jika tidak kuat bangunan akan dengan mudah runtuh.

Agar terasa selalu menyenangkan, Anda harus berhenti terlalu serius menekan diri Anda sendiri. Jangan berlebihan dalam berpikir dan menyulitkan hidup Anda. Gunakan waktu istirahat Anda dengan baik, jangan paksa tubuh Anda selalu bekerja meskipun itu hal yang Anda sukai. Karena ini akan melumpuhkan semangat Anda dari waktu ke waktu. Jangan lupa untuk tertawa dan berpikir positif, pikiran positif adalah kunci keberhasilan apapun yang Anda lakukan.

Demikian tips yang bisa Anda gunakan untuk melakukan proyek pribadi Anda. Semoga berhasil dan semangat selalu Ladies.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading