Sukses

Lifestyle

Gaji Lebih Penting Bagi Karyawan Pria dibanding Wanita, Benarkah?

Masih ingat saat Anda sedang sibuk mencari atau membaca lowongan kerja? Komponen yang ada dalam lowongan tersebut adalah uraian kerja dan yang pasti syarat. Hanya sedikit atau bahkan hampir tidak ada perusahaan yang mencantumkan nominal gaji saat mencari karyawan. Padahal, hal tersebut sangat penting lho Ladies.

Pada bulan Juli 2014, JobStreet.com Indonesia melakukan sebuah survei kepada 18,275 koresponden tentang pentingnya mengetahui jumlah gaji yang akan mereka dapat saat melihat iklan lowongan. Melalui survei tersebut sebanyak 94.23 persen pekerja di Indonesia menyatakan bahwa gaji menjadi hal terpenting bagi mereka untuk menentukan karir yang hendak mereka pilih. Dari hasil survey ditemukan bahwa pria di Indonesia ternyata lebih mementingkan gaji dibandingkan dengan karyawan wanita.

Dari data yang didapat ada 63.42 persen pria dan 36.58 persen wanita yang mengikuti survei tersebut. Hasilnya sebesar 94.23 persen karyawan di Indonesia menyatakan bahwa gaji menjadi hal terpenting bagi mereka untuk menentukan karir yang mereka pilih. Jumlah tersebut menegaskan bahwa pesona gaji memang tidak bisa dipungkiri. Setiap orang selalu ingin mendapatkan rupiah yang lebih banyak lagi. Sebesar 5.56 persen koresponden lain menyatakan biasa saja dan tidak menjadikan gaji sebagai patokan utama mereka mencari pekerjaan. Terakhir sebanyak 0.21persen koresponden menyatakan besarnya gaji tidak penting bagi mereka.

Ada lima komponen penting yang harus diperhatikan oleh pencari kerja saat melihat iklan lowongan yaitu, brand/nama perusahaan, benefit/keuntungan, gaji, uraian kerja dan lokasi kerja. Berdasarkan survei yang kami lakukan 33.14 persen para pencari kerja menyatakan bahwa gaji menjadi hal pertama yang mereka lihat.

Hal kedua yang menjadi fokus para pencari kerja adalah uraian pekerjaan 25.73 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa job description dari pekerjaan yang mereka lamar tidak lebih penting dari jumlah gaji yang akan mereka terima. Selanjutnya, 25.64 persen koresponden memilih brand/perusahaan yang mengiklankan lowongan tersebut. Lantas keempat, 10.06 persen memikirkan lokasi. Terakhir yang menjadi fokus mereka adalah benefit atau keuntungan yang mereka dapat sebesar 5.43 persen koresponden.

Survei yang dilakukan terhadap 18,275 koresponden diikuti oleh 40.21 persen senior staff, 27.23 persen junior staff. Kemudian posisi manajer 17.26 persen, posisi fresh graduate sebesar 9.25 persen dan sebanyak 6.05 persen berasal dari level Senior Manager above.

Nah, hasil survei tersebut menjelaskan bahwa para pencari kerja lebih tertarik pada iklan lowongan kerja yang mencantumkan besarnya kisaran gaji pada suatu posisi pekerjaan. Pencantuman kisaran gaji pada iklan lowongan pekerjaan seharusnya menjadi perhatian utama bagi perusahaan yang ingin mencari kandidat terbaik.

Perusahaan juga harus lebih terbuka mengenai kisaran gaji, karena adanya kisaran gaji pada iklan lowongan akan mempermudah kedua belah pihak. Para pencari kerja hanya akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang mereka harapkan. Sedangkan perusahaan hanya akan memilih kandidat yang memiliki kisaran gaji seperti yang tercantum dalam iklan yang mereka tayangkan.

Ladies, jika suatu hari nanti Anda memiliki usaha dan berniat mencari karyawan, alangkah baiknya jika Anda mencantumkan kisaran gaji yang akan Anda berikan. Yup, hal tersebut untuk untuk mempermudah Anda dan calon karyawan.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading