Sukses

Lifestyle

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Menjalin Koneksi Kerja

Dalam dunia kerja, kita tak hanya memikirkan diri sendiri, namun juga orang lain. Hal ini tentu berkaitan dengan kepentingan karir Anda. Makin banyak relasi, makin banyak rejeki. 

Relasi juga ada banyak macamnya. Ada relasi yang datangnya dari eksternal dan internal. Keduanya harus dijalin hubungan baik, karena kita tak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Nah, bila Anda sedang dalam rangka mengekspansi networking Anda dalam dunia kerja, perhatikan beberapa hal berikut ini. 

    Memperkenalkan Diri Dan Mengenali

    Yang pasti, biarkan diri Anda dikenal dan mengenal. Hal ini adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan agar hubungan dengan rekan kerja terjalin dengan baik. Anda bisa memberikan kartu nama pada klien, tapi saat Anda memberikan intri yang baik, Anda akan lebih mudah dikenali, lebih dari kartu nama Anda.

    Tahu Kapan Memprospek

    Anda harus mengenali kapan waktunya memprospek dan kapan melakukan pembicaraan yang sifatnya non bisnis. Tidak semua relasi atau rekan kerja simpatik bila kita terlalu serius. Bicarakan hal yang ringan seperti kesibukan apa saja yang dilakukan dan sejenisnya. meski hanya small talk, tapi bisa membuat Anda dan relasi punya kesempatan ngobrol yang lebih mendalam.  

    Jangan Cepat Menjudge

    Karena Anda bisa kehilangan trust dan kesempatan dari mereka. Misalnya, jangan mudah meremehkan atau menganggap enteng pekerjaan, atau menjudge sikap relasi Anda. Cukup Anda yang punya penilaian sendiri, sehingga Anda tetap bisa bergerak dengan profesional dan mendekati mereka dengan cara yang lebih halus.

    Tetapkan Target

    Anda perlu mengeset goal bagi Anda sendiri maupun bagi setiap hal yang Anda lakukan. Sehingga saat orang ingin mengetahui visi dan misi Anda, mereka bisa dengan cepat memahaminya dan lebih mudah membuka peluang kerja sama dengan adanya.

    Profesional Dalam Tiap Kesempatan

    Serius tapi santai, dan jangan lupa untuk tetap profesional dalam tiap kesempatan, karena klien tak hanya akan melihat Anda sekali itu saja. Mereka juga akan melihat Anda dari riwayat bisnis Anda dengan orang lain.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading