Sukses

Lifestyle

Kenali Plus Minus Kehidupan Karir Anda Dengan Petuah Bijak Ini

Orang muda hingga dewasa tak pernah berhenti bekerja. Ada uang yang perlu mengalir sebagai pendapatan dan pengeluaran dalam kehidupan. 

Usaha dan feed back yang Anda dapatkan harus seimbang. Hal ini untuk menjaga keharmonisan aspek karir dengan aspek hidup yang lain seperti cinta, sosial dan keluarga. Melirik pekerjaan tetangga mungkin nampak menyenangkan, namun percayalah pekerjaan sekeren atau seenak apapun juga pasti ada plus minusnya. 

Begitupula kehidupan karir Anda. Meski selama ini mengeluh tentang minusnya, pasti ada hal yang bisa Anda nikmati. Sementara itu apabila Anda terlalu nyaman, pasti Anda tahu bahwa ada yang kurang dalam pekerjaan ini. 

Nah, beberapa petuah ini bisa menjadi refleksi Anda tentang plus minus pekerjaan yang Anda miliki. Bisa jadi Anda akan lebih mendalami apa yang Anda lakukan atau mencari pandangan lain dalam pekerjaan. 

(vem/gil)

Apakah Yang Anda Lakukan Itu Baik?

Kadang, orang terdekat itu yang paling tahu jawaban dari masalah kita. Misalnya ketika pekerjaan kita tidak berjalan dengan baik, jangan ragu bertanya atau berkonsultasi. 

Meski pasangan kita bukan ahli dalam bidang yang kita tekuni, namun kacamata logisnya dan pemahamannya tentang kita kadang lebih baik sehingga bisa sangat membantu kita mengatasi masalah kerja. 

Kalau Anda merasa bahwa ada yang kurang baik dengan pekerjaan Anda, tanyakan pada mereka. Mungkin ketidaklancaran itu dikarenakan ada ganjalan dari faktor Anda sendiri atau pekerjaan itu. 

Bagaimana Lingkungan Kerja Anda?

Sebuah pekerjaan menjadi baik ketika sistem kerja dan atmosfer sosialnya juga baik. Namun sudah merupakan cerita lama bahwa sering sekali terjadi 'jegal menjegal' dalam dunia karir. 

Salah satu trik suksesnya adalah ikut melebur dalam permainan mereka, namun bukan sebagai korban. Kadang hal seperti ini perlu Anda lakukan untuk menguasai medan. 

Namun kerap kali lingkungan kerja yang terlalu bergesekan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah penyesuaian diri, evaluasi lingkungan sosial Anda, dan apabila tidak terlalu mengganggu, maka jangan menganggap masalah tersebut sebagai masalah personal. 

Apa Yang Anda Dapatkan?

Beberapa orang bekerja keras untuk akhirnya tidak mendapatkan apa-apa. Misalnya mereka bekerja siang malam demi gaji tinggi tapi tak punya waktu untuk quality time. Ada pula yang bekerja dalam rutinitas tanpa batas dan ternyata tak punya tujuan. 

Yang Anda dapatkan dalam pekerjaan semestinya adalah pencapaian pribadi, kepuasan finansial dan kepuasan atas passion Anda. Karena itu banyak orang yang menganjurkan bahwa kita perlu menemukan pekerjaan sesuai passion

Namun belum menemukan passion bukanlah alasan untuk tidak optimal dalam mengerjakan sesuatu. Pekerjaan Anda menghasilkan sesuatu ketika Anda merasa terpenuhi secara kualitas hidup dan bisa mensyukuri apa yang sudah Anda lakukan sejauh ini. 

Jangan Terjatuh ke Lubang Yang Sama

Apakah Anda punya keluhan pekerjaan yang sama dari hari ke hari? Mungkin problematikanya ada dalam dua faktor, bisa jadi Anda sendiri atau faktor eksternal di tempat Anda bekerja. Misalnya persaingan di kantor, sistem yang dimiliki perusahaan dan sebagainya. 

Bila Anda mengalami masalah dan bisa mengatasinya, maka jadikanlah hal itu sebagai pelajaran untuk ke depannya. Bila Anda jatuh lagi, mungkin Anda terjebak masalah yang sama atau melakukan kesalahan yang sama. 

Tidak ada pekerjaan yang sempurna, tapi ada pekerja yang bisa melakukan dengan sebaik-baiknya. Anda juga bisa menjadi salah satunya ketika Anda tahu Anda melakukan hal yang tepat, tahu tujuan Anda dan tak terbebani dengan dedikasi yang Anda berikan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading