Sukses

Lifestyle

Heboh Video Bule Ngomong Bahasa Jawa Tentang Sri Yang Hilang

Sebagian orang Indonesia menyukai budaya dan produk dari luar negeri. Sampai ada motto 'Cintailah Produk Indonesia', karena melihat kenyataan hari ini, budaya Indonesia berada di tepi jurang.

Orang asli Indonesia nyaman melestarikan budaya luar negeri, justru orang luar negeri sangat tertarik melestarikan budaya Indonesia. Jangan heran, jika suatu saat nanti justru  orang Indonesia belajar bahasa daerahnya sendiri di negeri orang.

Dilansir oleh Wowshack.com, dalam sebuah video yang dirilis oleh para mahasiswa Universitas Nasional Australia, mereka menampilkan sebuah drama bukan menggunakan bahasa Inggris, melainkan bahasa Jawa. Drama bertajuk 'Sri Ngilang' atau The Disappearance of Sri adalah hasil karya George Quinn.

Banyak orang Indonesia mendengar orang asing berbicara menggunakan bahasa Indonesia, tapi itu berbeda cerita lagi untuk Jawa. Perlu diketahui bahwa bahasa Jawa masuk dalam 10 Penutur bahasa utama di dunia, tepat setelah Jepang.

Karena, bahasa Jawa sangat sulit dikuasai. Menurut Quinn, mempelajari nuansa dalam penggunaan hormat adalah fitur paling sulit dari suatu bahasa yang dipelajari oleh pelajar asing.

Dr. Quinn menunjukkan cara paling efektif agar cepat bisa dan memahami belajar bahasa daerah. Dengan pendekatan yang diterapkan dalam program kuliah bahasa Jawa sampai saat ini melalui drama. Berikut video yang menayangkan bagaimana para mahasiswa asing berbicara menggunakan bahasa Jawa.

 Video: copyright youtube.com/ Digital Learning Project

Awalnya, Anda akan tertawa melihat mereka karena terkesan aneh. Namun, kelamaan Anda akan kagum melihat semangat dan kemampuan mereka dalam menguasai bahasa Jawa. Karena, orang luar lebih cepat belajar.

Tentu kita sebagai bangsa yang besar, memiliki budaya yang majemuk harus saling bergandengan tangan melestarikan budaya sendiri, terutama bahasa. Agar tidak diambil bangsa lain. Sebelum terlambat, maka dimulai sekarang. Bagaimana menurut Anda, ladies?

(vem/nip)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading