Sukses

Lifestyle

Kemeriahan Pernik Pernik Imlek Di Jalan Petak Sembilan Glodok

Tahun baru Cina merupakan hari yang ditunggu-tunggu etnis Tionghoa, dimana momen berkumpul bersama keluarga adalah hal yang sangat dinantikan dan menjadi hal terpenting.

Dua hari lagi, tepatnya tanggal 18 Februari adalah hari besar Imlek. Terlihat warga Tionghoa di Jakarta mulai memburu pernak-pernik atau simbol-simbol Imlek di tahun Shio Kambing Kayu. Lampion menjadi salah satu pernik yang banyak dipasarkan di pusat pertokoan di Jakarta. Dan salah satu tempat untuk berburu pernik Imlek yaitu di jalan Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat.

Beragam pernik untuk Imlek di Glodok | Photo: Copyright Doc vemale.com

Berbagai bentuk dekorasi dan ukuran lampion dipajang di pusat perbelanjaan masyarakat Tinghoa yang sudah sangat populer sejak zaman penjajahan Belanda ini. Para pembeli pun bisa memilih Lampion dan segala pernik Imlek sesuai selera mereka.

Pernak-pernik lain di tahun Kambing Kayu ini, selain menawarkan berbagai jenis lampion juga ada berbagai jenis amplop atau angpao yang biasa diisi uang dan dibagikan antar keluarga saat perayaan Imlek. Bukan hanya itu saja, aksesoris dan tempelan kambing kayu di depan pintu maupun di dinding serta pernik lainnya juga tersedia.

Selain tersedia beragam pernak-pernik, harga yang ditawarkan cukup murah | Photo: Copyright Doc vemale.com

"Di sini jual macam-macam, ada angpao, tempelan kambing, aksesoris, ikan hok, tempelan untuk di depan pintu atau dinding dan masih banyak lagi," kata Meytha salah satu penjual pernak pernik Imlek pinggir jalan di Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat pada Selasa 3 Februari 2015.

Konon, untuk lampion sendiri bahannya terbuat dari kertas berwarna merah. Lampu ini nantinya akan diisi sebuah lilin atau lampu minyak di dalamnya. Selain terbuat dari kertas, ada pula beberapa lampion yang terbuat dari sutera. Saat ini, cahaya lampion sendiri sangat bervariasi. Ada yang dari baterai, dari lilin dan ada juga yang menggunakan lampu listrik.

Beragam aksesoris dan kotak angpao untuk hari raya Imlek | Photo: Copyright Dok vemale.com

Harga lampion di pusat perbelanjaan ini pun beragam. Dari mulai yang termurah Rp 100.000 sampai yang paling mahal mencapai Rp 500.000. Harga lampion memang terasa berbeda dari tahun lalu. Tahun ini dikatakan harga lampion naik sampai 50 persen dibanding tahun lalu.

"Di sini harganya tergantung, kalau lampion paling murah 100 ribu ya, paling mahal 400 ribu," jelasnya.

Ladies, kalau mau berburu lampion yang bukan hanya indah dan cantik tetapi juga memberikan penerangan yang cukup sempurna, datang langsung ya pusat pertokoan di Jalan Petak Sembilan Glodok. :)

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading