Sukses

Lifestyle

Tipu Mata Anda: Hantu Seram Berubah Jadi Wanita Cantik

Ladies, Anda tentu masih ingat dengan fenomena #TheDress yang gempar sekitar 5 bulan lalu bukan? Ya, itu adalah gaun yang diperdebatkan banyak orang, karena ada dua pendapat yang berbeda. Sebagian berpendapat gaun itu berwarna hitam dan biru, sementara yang lain berpendapat gaun itu berwarna putih dan emas. Katanya sih, perbedaan penglihatan itu dipengaruhi oleh cahaya ruangan saat Anda melihat foto tersebut.

Nah, saat ini ada fenomena baru, masih seputar ilusi optik, seperti yang dilansir oleh Seventeen.com. Ilusi optik ini akan membuat Anda kagum pada otak Anda. Tenang, ini bukan lagi tentang gaun, atau perdebatan warna kok. Tapi, melibatkan gambar hantu wanita (yang bagi saya menakutkan).

Yang perlu Anda lakukan adalah memusatkan pandangan dan fokus pada titik putih yang terdapat pada hidung hantu wanita di bawah ini selama 15 detik (berjuanglah Ladies). Lalu berpalinglah pada bidang putih polos di sampingnya.

copyright Seventeen.com

Ta-da! Apa yang Anda lihat? Foto hantu wanita yang menyeramkan itu berubah menjadi foto berwarna wanita cantik berambut coklat bukan? Benar kan, betapa mengagumkannya otak kita.

Pada dasarnya, hal ini disebut "negative afterimage", atau suatu ilusi yang dibuat oleh mata terhadap foto/gambar negatif sehingga gambar yang dihasilkan memiliki warna seperti pada gambar aslinya. Jika Anda memandangi satu warna dari kelompok beberapa warna (dalam kasus ini biru dan putih) dalam waktu yang lama, sel mata yang menyandikan warna tersebut akan lelah, dan saat Anda mengalihkan pandangan, warna yang berlawanan akan muncul.

"Saat Anda mengalihkan pandangan Anda pada latar dengan warna netral, katakanlah tembok abu-abu, yang terjadi adalah sel tidak akan kembali ke aktifitas istirahatnya, dan akan melemah. Lalu, misalnya yang melemah adalah kode warna kuning, maka kode warna yang berlawanan akan menguat, dan Anda akan melihat warna biru", kata Dr Juno Kim.

Nah Ladies, hal ini membuktikan bahwa apa yang ada di tubuh kita sebenarnya lebih pintar dari teknologi-teknologi masa kini bukan? Ayo cari bukti yang lain.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading