Sukses

Lifestyle

5 Cara Suportif Membantu Sahabat yang Lagi Kesusahan

Sahabat yang baik adalah sahabat yang akan selalu ada di kala suka dan duka. Ia akan selalu menyediakan waktu untuk membantu temannya yang kesusahan. Ia pun akan berusaha sebaik mungkin menghibur sahabatnya yang dilanda duka.

Hanya saja, sebagai sahabat, kalau kita tidak berhati-hati, kita malah bisa melukai hati sahabat kita yang sedang kesusahan. Kalau cara kita menghibur dan menenangkan hatinya salah, wah sahabat kita bisa makin sedih hatinya. Nah, supaya kita bisa membantu meringankan beban masalah sahabat kita, yuk coba cara-cara suportif ini.

    Jangan Berasumsi atau Menghakimi

    Saat sedang mengobrol atau berbicara berdua dengan sahabat, Anda sebisa mungkin jangan berasumsi atau menghakimi. Anda cukup jadi pendengarnya yang baik. Mendengarkan ceritanya sampai hatinya lega.

    Jawablah Telepon atau Pesan Teksnya

    Sesibuk apapun Anda, selalu usahakan untuk menjawab telepon atau pesan teksnya. Suara Anda dan jawaban Anda sesingkat apapun itu bisa menjadi penghibur yang tak terkira bagi sahabat Anda. Dengan begitu, sahabat Anda akan merasa lebih diperhatikan dan hatinya lebih tenang.

    Hindari Sikap Membandingkan Berlebihan

    Sahabat Anda sedang butuh cara untuk bisa bangkit dari masalahnya sendiri. Anda hanya perlu mendukung dan memberi saran agar ia bisa kembali kuat dengan kemampuannya sendiri. Sebaiknya hindari sikap membandingkan dirinya dengan orang lain yang Anda kenal yang mengalami masalah serupa dengan cara berlebihan. Kalau berlebihan, teman Anda bisa tersinggung karena merasa dianggap lemah.

    Genggam Tangannya dan Peluklah Ia

    Jika kata-kata tak bisa menguatkan, genggam tangan sahabat Anda. Atau peluklah ia dengan erat. Terkadang yang dibutuhkan seseorang yang sedang bermasalah hanyalah tempat ia bisa bersandar sejenak. Biarkan sahabat Anda beristirahat dari masalahnya dalam pelukan Anda, supaya nantinya ia bisa kuat lagi mengatasi rasa duka yang ia alami.

    Bertanyalah Bantuan Apa yang Bisa Anda Berikan

    Tanyakan pada sahabat Anda, apa yang bisa Anda berikan padanya, bantuan apa yang bisa Anda berikan, atau kira-kira apakah ada hal yang bisa Anda lakukan untuknya. Beri ruang pada sahabat Anda untuk mengutarakan bantuan apa yang sangat ia butuhkan saat ini.

Ladies, menghadapi teman yang sedang kesusahan memang perlu pendekatan khusus. Tapi yang paling penting Anda berusaha sebaik mungkin untuk membantu sahabat Anda yang sedang kesusahan tersebut.

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading