Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Wisatawan, Kementerian Pariwisata Mengembangkan Wisata Bahari

Untuk meningkatkan pariwisata di negeri ini, maka Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia untuk mengembangkan sektor pariwisata. Kerja sama tersebut berfokus pada sektor wisata bahari.

Selain menandatangani kerja sama, hal ini juga dilakukan sebagai penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan sekaligus untuk memenuhi penyediaan kapal, fasilitas alat angkut, promosi produk wisata, pengembangan sumber data manusia, penyediaan data informasi dan promosi branding Pesona Indonesia serta Wonderful Indonesia.

Wisata bahari diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengungkapkan bahwa pengembangan wisata bahari di Indonesia dilakukan setelah melihat potensinya yang sangat besar. "Sektor bahari memiliki porsi 35 persen dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019," kata Arief saat ditemui di kawasan Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, nantinya pengembangan wisata bahari meliputi destinasi pantai, selam, selancar, yacht, cruise dan kegiatan kain yang berkaitan dengan masyarakat pesisir.

Selain itu, Kemenpar juga menargetkan kunjungan dari wisatawan mancanegara akan meningkat dalam lima tahun ke depan. Tahun 2014 target 1 juta orang yang telah naik menjadi 1,3 juta, diharapkan pada tahun 2015 total wisatawan mencapai 1,8 juta, kemudian pada 2016 berjumlah 2,3 juta, tahun 2017 sebanyak 3 juta wisatawan dan pada tahun 2018 bisa mencapai 4 juta wisatawan dan akan terus meningkat di tahun 2019 maupun tahun-tahun berikutnya.

Menteri Pariwisata saat menandatangi kerja sama | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Wisata bahari juga ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga 1 miliar dolar AS pada 2019. Sementara tahun ini targetnya mencapai 1 miliar dolar AS," tutup Arief.

Semoga dengan kerja sama ini dapat membantu meningkatkan pariwisata Indonesia, agar sektor bahari di Indonesia bisa menjadi destinasi liburan para wisatawan lokal maupun internasional ya. :)

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading