Sukses

Lifestyle

Waspada! Jika Alami 13 Tanda Ini, Kamu Kecanduan Smartphone

Memang sih, ponsel itu penting dan bermanfaat sekali untuk kehidupan kamu. Namun bukan berarti ponsel itu segala-galanya, Ladies.

Perkembangan jaman yang membawa ponsel jauh lebih bermanfaat dan menyenangkan, dan bukan hanya sekedar untuk bertukar pesan atau menelepon seseorang  merupakan salah satu alasan yang membuatmu susah melepaskan diri darinya. Karena sangat membutuhkan, menyukai, dan"menjalin hubungan" yang sangat dekat, tanpa kamu sadari, kamu sudah ketergantungan atau kecanduan ponsel, khususnya smartphone.

Kenali beberapa tanda berikut ini, agar kamu tahu bahwa ini sudah saatnya untuk "rehabilitasi".

  1. Ponsel selalu ada di tangan, saku, atau tas, dan hampir tidak pernah tertinggal di rumah. Kalau tertinggal pun kamu akan sangat heboh!
  2. Benda pertama yang kamu lihat saat bangun tidur di pagi hari atau terbangun pada tengah malam adalah ponsel. Ia juga menjadi benda terakhir yang kamu lihat sebelum tidur.
  3. Tanpa sadar, kamu sering mengabaikan atau ketinggalan obrolan penting karena fokus kamu teralihkan oleh ponsel.
  4. Mama sering ngomel karena ponsel tidak pernah lepas dari tangan dan pandangan mata kamu.
  5. Semua notifikasi, pesan, dan telepon akan selalu langsung mendapatkan respon darimu. Paling lama 15 menit lah.
  6. Takut, khawatir dan gelisah sekali jika baterai ponsel sudah semakin minim, sementara charger atau power bank tidak ada di tangan.
  7. Foto-foto di galeri banyak banget.
  8. Yang sekaligus menjadi penyebab memori ponsel selalu penuh.
  9. Jangankan saat bosan atau tidak ada pekerjaan, di sela-sela kesibukan saja kamu masih menyempatkan diri memeriksa ponsel lho. Pokoknya dekat di mata, dekat di hati gitu deh.
  10. Kamu peduli sekali dengan "penampilan" ponsel, mulai dari kebersihan, phone case, dan aksesoris lainnya selalu terpelihara dengan baik, bahkan selalu up to date.
  11. Tidak pernah melewatkan sehari pun tanpa membuka media sosial dan media online.
  12. Yang membuat kamu selalu tahu kabar terbaru di dunia ini.
  13. Terakhir, selalu ada charger dan power bank dalam tas kamu.

Jika kamu hanya mengalami 1 atau 2 tanda, masih aman lah. Tapi jika kamu mengalami semua tanda, fix, positif bahwa kamu ketergantungan ponsel, Ladies.

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Dan saya tahu (sekali) bahwa menjauhkan diri dari ponsel itu susah sekali. Coba awali dengan beberapa cara sederhana. Misalnya menjauhkan ponsel dari tempat tidur, mengaktifkan mode getar saat berada di kantor, agar kamu hanya memeriksa ponsel saat ada telepon masuk, atau mungkin juga dengan meninggalkan ponsel di rumah saat sedang jogging atau keluar bersama keluarga.

Selamat mencoba, dan semoga lekas "sembuh" :D

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading