Sukses

Lifestyle

#IbuIbuHot: Bekerja 9-to-5 vs Freelancer, Apa Sih Untungnya?

Semakin berkembangnya teknologi, bekerja kini tidak hanya terbatas pada satu tempat dan pada suatu aturan jam kerja tertentu. Para freelancer sekarang sudah sangat fleksibel banget. Mereka bisa bekerja dari mana saja, bahkan dari belahan dunia yang lain, seperti yang dijalani oleh beberapa dari #IbuIbuHot, seperti Ucita Pohan, Carline Darjanto, Ellyse Sinsilia dan Ria Sarwono.

Bagi Ellyse Sinsilia, VP Operation Mirum Agency Indonesia, bekerja bukan hanya sekedar konsep 9-to-5 semata. "Tetapi lebih ke kerja sama orang, kayak kamu belajar banget lho. How to respect people, how to work with other people," seperti yang dituturkan Ellyse pada episode 3 #IbuIbuHot: Work, Work, Work. Bekerja merupakan cara Ellyse untuk menantang dirinya belajar terus, berkembang terus, sebagai seorang manusia.

Foto: copyright instagram.com/esinsilia

Lain Ellyse, lain pula pendapat Ria dan Carline. Duo pendiri CottonInk ini punya latar belakang yang berbeda sebelum bekerja bersama-sama dalam industri garmen yang kini diminati perempuan Indoensia dengan gaya khasnya. "Pas abis lulus, mana sih kepikiran bekerja di pabrik?" ujar Carline. Sementara Ria berpendapat, bekerja 9-to-5memberikannya pelajaran tentang sistem kantor, management dan hierarkhi. Hal-hal yang tak pernah didapatkan sebelumnya saat bekerja freelancer.

Jika kamu punya waktu yang fleksibel untuk bekerja, manfaatkan sebaik-baiknya kebebasan itu. Jika kamu harus bekerja 9-to-5di kantor, why not, kamu tetap bisa memaksimalkannya dengan menciptakan 'ruang' untuk dirimu sendiri berkarya sebaiknya di rentang waktu itu. Jika kamu punya pengalaman keduanya, that's nice!

Well, Ladies, sistem kerja 9-to-5 di kantor maupun sistem kerja yang lainnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tetapi, tak terbatas pada sistem bekerja yang diterapkan, jangan jadikan hal itu sebagai penghalang langkahmu untuk menyusun balok-balok jenjang karirmu. Ciptakan peluangmu dan berkaryalah.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading