Sukses

Lifestyle

Tentukan Peta Karir Agar Tidak Salah Langkah

Karir sangat penting untuk menunjang masa depan kamu, maka penting untuk mengatur perjalanannya agar sesuai dengan harapan yang kamu inginkan. Menyusun dan menuliskan peta karir yang kamu inginkan membantu untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai kemapanan dalam berkarir. Tentu kamu tidak menginginkan karir yang stagnan bukan?

Berikut adalah petunjuk untuk menuliskan peta karir dengan tujuan agar kamu tidak salah langkah dan membuatmu menyesal. Yuk simak penjelasannya sebagai berikut:

    Tentukan Minat

    Tuliskan apa saja minat yang kamu miliki. Tuliskan di bagian tengah kertas, jika memiliki beberapa minat maka tuliskan di kertas yang berbeda. Menulikan minat akan membantu mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan.

    Daftar Aktivitas

    Tuliskan aktivitas yang sesuai dengan minat yang kamu miliki. Tulis di samping minat. Misalnya minat kamu menulis maka aktivitas yang kamu lakukan bisa berupa membaca, meresensi buku atau membuat catatan kecil tentang buku tersebut.

    Target

    Menentukan target secara spesifik dan realistis. Sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan membuat target yang kemungkinan kamu tidak dapat mewujudkannya karena terlalu berat atau terasa tidak mungkin untuk dicapai.

    Jenjang Karir

    Setelah target kamu tentukan saatnya menentukan jenjang karir. Tulis target karir yang ingin kamu capai dalam waktu jangka panjang. Tulis jenjang karir setiap tahunnya serta cara untuk meraihnya. Buat sespesifik dan serealistis mungkin.

    Tulis Hambatan

    Setiap orang tentu memiliki hambatan yang berbeda dalam menjalani kehidupan. Tidak semua dapat berjalan mulus. Menuliskan hambatan yang mungkin terjadi akan membuat kamu lebih berantisipasi sehingga kamu tidak kaget dan bingung seandainya hal tersebut terjadi.

Merencanakan peta karir tidak hanya membantu kamu lebih fokus tetapi juga lebih terarah. Nah, mudah sekali bukan? Apa pun karir yang kamu jalani saat ini lakukan dengan baik. selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading