Sukses

Lifestyle

3 Keutamaan Bulan Ramadan Yang Penuh Berkah

Selamat berjumpa kembali dengan bulan penuh keutamaan dan penuh keberkahan yakni Bulan Ramadan. Ya, hari ini tepatnya tanggal 6 Juni 2016 adalah tanggal 1 Ramadan 1437 Hijriah. Hal ini sesuai dengan hasil sidang Isbat yang diputuskan tadi malam oleh beberapa ulama besar dan juga telah disampaikan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim. Dengan datangnya bulan Ramadan, bagi umat muslim dimana pun ia berada tentunya harus menjalankan ibadah puasa selama satu bulan terhitung sejak hari ini.

Dikutip dari berbagai sumber, bulan Ramadan sendiri dikatakan sebagai bulan yang begitu menarik dan mengesankan. Bahkan, dalam beberapa hadist disebutkan bahwa Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan, penuh kehikmatan dan penuh keutamaan. Berbicara mengenai keutamaan bulan Ramadan, kira-kira apa saja sih keutamaan bulan Ramadan? Berikut adalah beberapa keutamaan bulan Ramadan.

(vem/mim)

Meningkatkan Rasa Sabar dan Iman

Dari HR Imam At Tirmidzy dikatakan bahwa Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, "Puasa itu setengahnya sabar." Sementara hadist lain dari Imam Al Khatib dan Iman Abi Nur'aim mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sabar itu sebagian dari iman."

Karena puasa adalah setengah dari rasa sabar sementara sabar adalah sebagian dari iman, puasa di bulan Ramadan adalah suatu hal yang bisa meningkatkan rasa sabar dan iman. Di bulan Ramadan, setiap orang yang sedang berpuasa diwajibkan untuk lebih bersabar, meningkatkan keimanan dan berbuat menjadi pribadi yang lebih baik. Puasa sendiri lah yang juga melatih setiap orang yang menjalankannya untuk lebih bersabar, beriman dan lebih baik.

Pahala Berlipat Ganda di Bulan Ramadan

Allah berfirman dalam al-quran surat Az Zumar ayat 10, "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." Dalam surat Al-Baqarah ayat 153 dan Al-Anfal ayat 47 Allah berfirman, "Dan Allah senantiasa bersama mereka (orang-orang) yang selalu bersabar."

Dari beberapa firman inilah, kita akan tahu bahwa ada banyak pahala yang bisa kita dapatkan selama melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Apalagi, saat bulan Ramadan kita dituntut sekaligus dilatih menjadi pribadi yang sabar, lapang dada dan tenang. Banyak ahli ulama yang mengungkapkan bahwa di bulan yang suci yakni Ramadan ini seseorang yang melakukan kebaikan dengan penuh keikhlasan akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Kebahagiaan Berlipat Ganda

Saat bulan Ramadan, setiap orang muslim pasti akan merasakan kebahagiaan berlipat ganda. Dalam beberapa hadist shahih bahkan dikatakan bahwa orang-orang bisa merasakan kebahagiaan penuh saat mereka berpuasa. Kebahagiaan itu adalah saat ia berbuka puasa atau pun saat mereka menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Mengenai kebahagiaan saat berpuasa ini, Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada para sahabat bahwa orang yang berpuasa akan merasakan kebahagiaan penuh yakni saat ia berbuka puasa dan saat ia bertemu dengan Allah SWT.

Selain kebahagiaan di atas, bagi orang yang berpuasa Ramadan juga turut bersenang hati karena di hadapan Allah, bau mulut orang yang sedang berpuasa dianggap lebih harum jika dibandingkan dengan bau minyak kasturi sekalipun. Di bulan Ramadan, setiap kebaikan yang dilakukan orang berpuasa akan mendapatkan pahala yang setimpal. Di bulan ini pula, seseorang yang sungguh-sungguh bertobat akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang telah ia perbuat.

Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya di masa lalu pasti diampuni." (HR Bukhari dan Muslim). Itulah beberapa keutamaan dari bulan Ramadan. Di bulan ini, kamu yang menjalankan puasa dan sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah kemungkinan besar juga akan bertemu dengan malam lailatul qodar dimana malam ini dipercaya lebih mulia dan penuh keberkahan jika dibandingkan dengan malam-malam lainnya.

Mengetahui begitu banyak keutamaan dan keberkahan di bulan Ramadan, bagi kamu yang menjalankannya usahakan terus tingkatkan keimanan dan selamat menjalankan ibadah puasa ya. Usahakan pula untuk selalu sabar, peduli dan menghormati pada siapapun dan dimana pun kamu berada.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading