Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Utama Lunturnya Rasa Saling Percaya dalam Hubungan

Rasa saling percaya dalam sebuah hubungan sangatlah penting. Tanpa rasa saling percaya, ikatan dan jalinan hubungan bisa makin renggang. Jika dibiarkan terus menerus, jelas akan bahaya dengan berakhirnya hubunganmu.

"When people honor each other, there is a trust established that leads to synergy, interdependence, and deep respect. Both parties make decisions and choices based on what is right, what is best, what is valued most highly."

-Blaine Lee

Lunturnya atau hilangnya rasa saling percaya tak mungkin terjadi begitu saja. Pasti ada alasan atau faktor penyebabnya. Dan berikut ini empat penyebab utama pasangan tak saling percaya lagi. Yuk, kenali keempat alasannya supaya hubunganmu bisa tetap terjaga dan harmonis sampai akhir hayat.

(vem/nda)

Menaruh Harapan yang Nggak Logis

Kamu berharap ia bisa seperti aktor Korea tampan idolamu. Kamu selalu menuntutnya untuk bersikap seperti artis favoritmu. Sama sekali kamu tak memberinya kesempatan dan ruang untuk bisa menjadi dirinya sendiri. Dari sini, rasa saling percaya itu bisa luntur.

Kamu tak lagi percaya bahwa cintanya tulus padamu (hanya karena ia tak memenuhi semua ekspektasi dan harapan selangitmu). Ia juga tak lagi percaya padamu karena ia merasa kamu tak bisa menerima dirinya apa adanya. Jika tak dibicarakan atau mau belajar untuk saling terbuka, susah rasanya untuk menjaga hubungan tetap harmonis.

Ada Masalah yang Mengganjal dalam Hubunganmu

Ada masalah yang belum terselesaikan. Ada sebuah kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu. Dan hal itu belum diselesaikan sampai tuntas. Sehingga masih ada yang mengganjal juga rasa dendam di hati.

Jika masalah yang terjadi di masa lalu tersebut tak kembali diselesaikan dengan berbicara dari hati ke hati, maka susah untuk menemukan lagi rasa saling percaya dalam hubungan. Penting untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan tuntas. Agar ke depannya komunikasi bisa berjalan lancar tanpa memendam rasa sakit hati.

Rasa Curiga karena Orang Ketiga

Munculnya orang ketiga dalam sebuah hubungan jelas bisa mendatangkan konflik tersendiri. Saat rasa curiga mulai muncul, di saat itulah rasa saling percaya akan luntur. Perasaan curiga dan pikiran-pikiran negatif lainnya bisa membuatmu jadi gampang buruk sangka dengan pasanganmu sendiri.

Kadang perlu untuk mengeluarkan semua emosi dan uneg-uneg yang dirasakan. Supaya kemudian perasaan jadi lebih ringan untuk menyelesaikan rasa curiga yang ada. Jangan sampai karena salah sangka dan persepsi, semuanya jadi runyam.

Memiliki Role Model yang Buruk

Role model atau panutan di sekitarmu memiliki hubungan yang retak. Misalnya, pernikahan sahabatmu yang hancur karena perselingkuhan atau ada kerabat yang ternyata bercerai karena rasa cemburu. Situasi dan kondisi di sekitarmu membuatmu susah untuk gampang mempercayai orang lain, sekalipun itu orang terdekatmu sendiri.

Ada semacam krisis yang kamu rasakan. Pengaruh lingkungan sangat kuat padamu. Dan di sini penting sekali untuk membangun mentalmu lebih kuat. Yang pastinya juga kamu perlu mendapat bantuan dari orang-orang yang bisa memberi pengaruh lebih positif untukmu.

[pos_1]

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menggunakan Vibrator yang Benar

Live Streaming

Powered by