Sukses

Lifestyle

Foto Bawah Air Pertama di Dunia, Bikin Kagum Atau Ngeri?

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang ada saat ini, mengambil gambar atau foto di bawah tentu bukan perkara yang susah. Bahkan, bisa dikatakan semua orang mampu mengambil foto di bawah air tanpa takut kamera yang digunakan berfoto akan rusak. Saat ini, banyak kamera juga smartphone yang tahan air sehingga ia tak akan rusak meski dibawa menyelam ke dalam air dalam waktu lama untuk berfoto atau mengambil video.

Tapi nih ya, apakah kamu pernah berpikir kira-kira siapa orang pertama yang mencetuskan untuk mengambil foto di bawah air? Dikutip dari laman boredpanda.com, orang pertama yang mencetuskan pengambil foto di bawah air adalah seorang fotografer abad 19 bernama Louis Boutan. Pada tahun 1893 sampai 1899, fotografer asal Perancis ini telah mencoba berbagai cara untuk bisa memotret di bawah air.

Saat itu, ia yang juga seorang pencinta aktivitas menyelam ini sekaligus bekerja di laboratorium biologi kelautan mengaku bahwa ia ingin menunjukkan pada orang-orang bahwa kehidupan bawah laut itu indah dan mengesankan. Maka, pada tahun 1983, ia pun memulai eksperimennya agar ia benar-benar bisa mengambil gambar kehidupan bawah laut. Ia mencoba eksperimen pertamanya di Banyuls-sur-Mer, Perancis Selatan.

Potret pertama di bawah air yang terlihat mengagumkan tetapi juga mengerikan | Photo: Copyright boredpanda.com

Dibantu salah seorang saudaranya, akhirnya Louis bisa mendapatkan potret pertamanya di bawah air. Saat melakukan pemotretan ini, Louis harus berpikir keras bagaimana agar ia mendapatkan foto dengan pencahayaan yang pas. Ia bahkan telah membawa beberapa alat pendukung lainnya agar pemotretan berjalan dengan baik. Setidaknya, saat itu membutuhkan waktu selama 30 menit di dalam air untuk sebuah foto. Waktu ini bahkan hanya digunakan untuk menerangi piring kamera di bawah air.

Memang, hasil foto yang dihasilkan tak sebagus dengan hasil foto bawah air seperti sekarang ini. Hasil foto yang dihasilkan saat itu memiliki warna hitam putih dan resolusinya pun akan mudah pecah. Sekilas, foto itu juga terlihat begitu menyeramkan dan mengerikan. jam di dalam air untuk sebuah foto. Walau begitu, apa yang telah dihasilkan Louis setidaknya telah membuka teknologi baru dalam dunia fotografi. Apa yang telah lakukan juga dikatakan menjadi teknik fotografi yang lebih maju satu tingkat.

Teknologi yang digunakan untuk melakukan pemotretan di bawah air pertama kali sangat banyak | Photo: Copyright boredpanda.com

Apa yang dilakukan oleh Louis benar-benar keren ya Ladies. Karena dia, saat ini telah banyak ditemukan teknologi canggih yang bisa digunakan untuk mengambil foto juga video di bawah air. Karena dia pula, saat ini semakin banyak orang mengetahui bagaimana indahnya kehidupan bawah laut atau bawah air tanpa harus menyelam terlebih dahulu.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading