Sukses

Lifestyle

Tips Menjadi Selebgram Ibu Rumah Tangga Berpenghasilan 40 Juta

Sudah-sudah, jangan sesali keputusan kamu menjadi ibu rumah tangga (IRT). Abaikan saja omongan orang lain yang sering mengatakan bahwa IRT itu malas dan nganggur banget. Angkat kepalamu, Mom! Keputusan untuk tidak bekerja di kantor bukan berarti pintu rezeki tertutup, justru saat menjadi IRT rezeki lain terbuka untukmu.

Lagipula di zaman ini, di mana media sosial dan teknologi berkembang pesat, IRT punya kesempatan yang sama untuk memiliki pemasukan seperti layaknya wanita pekerja kantoran --bahkan lebih, tanpa meninggalkan anak dan rumah. Seperti contohnya Cindy Charlotta, wanita muda yang menjadi otak di balik akun Instagram @inaayaarcilla

Akun Instagram yang dimulai sejak tahun 2012 ini awalnya dibuat Cindy hanya sebagai sharing foto putri sulungnya, Inaaya, ke keluarga besar. Maklum saja, Inaaya adalah cucu pertama di keluarga Cindy dan suami. Dengan demikian, agar memudahkan menunjukkan aktivitas Inaaya, Cindy membuatkan akun ini.

Inaaya Arcilla/Instagram

Tapi dengan konsistensi, Cindy ternyata mampu mengubah akun iseng-iseng ini sebagai sumber pemasukan yang sangat lumayan. Pasalnya, @inaayaarcilla hingga awal November 2016 sudah memiliki 113 ribu follower. Menjadikannya sebagai salah satu influencer/buzzer dengan penghasilan antara Rp 15 juta hingga Rp 40 juta per bulan untuk produk ibu dan anak.

Pemasukan minimal Rp 15 juta adalah saat low season. Sedangkan pendapatan maksimal Rp 40 juta adalah angka di saat high season macam Ramadhan, Natal, dan Tahun Baru. Masa-masa seperti inilah banyak produk dan brand yang ingin dipromosikan Cindy lewat @inaayaarcilla.

"Rasanya 'Wow' banget sih, saya jadi ngga bergantung sama suami," kata Cindy saat ditemui di Plaza Agro, Jakarta Selatan, Senin, 7 November 2016. Selain itu kebutuhan personal Inaaya jadi banyak di-endorsement beberapa pihak. Sehingga sangat meringankan beban biaya rumah tangga Cindy.

Keluarga Arcilla/Instagram

Kamu yang mau seperti ini, ternyata tipsnya ngga sulit lho. Menurut Cindy ada bebera hal yang harus kamu lakukan:

1. Konsistensi

Sebagai influencer awal, kamu harus konsisten dalam mengunggah foto di akun kamu. Disiplinlah dengan tema, warna, dan image yang ingin kamu tampilkan.

2. Lihat persaingan

Di luar sana banyak orang yang berusaha melakukan apa yang mau kamu lakukan. Dengan begitu cobalah berikan yang terbaik dalam menampilkan diri.

3. Rajin bagi waktu

IRT terkadang tidak memiliki banyak waktu karena kerepotan mengurus anak dan rumah, maka lakukan manajemen waktu dengan sebaik mungkin. Kamu bisa mengunggah foto ketika anak terlelap/sedang anteng. Apalagi ketika sudah ada klien yang bersedia melakukan kerja sama dengan kamu. Persiapkan jauh-jauh hari sebuah foto yang memang menjadi kewajiban kamu dengan pihak mereka. Dengan begitu di saat genting, kamu bisa langsung mengunggah foto itu dan mendapatkan imbalan yang sudah dijanjikan.

4. Fokus

Dikatakan Cindy bahwa perkembangan teknologi dan e-commerce yang semakin banyak membuat peluang di bisnis influencer ini sangat baik sekali. "Fokus di situ deh karena akan selalu berkembang. Buzzer ngga takes time (makan banyak waktu) kok," ujar wanita lulusan Universitas Atma Jaya ini.

5. Pahami tantangan

IRT punya tantangan terbesar dalam wujud anak. Ya, si kecil yang lucu itu punya ragam mood yang harus kamu ikuti. Bila dia sedang tidak mood berfoto, kamu tak bisa memaksakan dirinya karena hanya akan membuat hasilnya buruk.

Ternyata memang tidak sulit, bukan? Intinya adalah kerja keras, keinginan, dan konsistensi. Dengan sedikit tambahan keberuntungan, bukan tak mungkin kamu bisa jadi salah satu selebgram paling berpengaruh di Indonesia.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading