Sukses

Lifestyle

Ini Daftar Pemenang Kerajinan Indonesia di Inacraft Award 2017

Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki banyak sekali pulau yang memiliki berbagai kerajinan tangan khas masing-masing. Berbagai keindahan kerajinan tangan tersebut bisa kamu jumpai di Inacraft 2017 yang berlangsung pada 26-30 April 2017 di Jakarta Conventiom Center, Jakarta Pusat.

Kerajinan tangan Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf menyampaikan bahwa kerajinan atau craft menjadi penyumbang terbesar ketiga untuk pendapatan nasional.

"Setelah kuliner, sandang pangan, baru craft menjadi penyumbang pendapatan nasional sebanyak 15.7 persen. Dan peningkatannya pun selalu meningkat cepat tiap tahunnya," ujar Triawan Munaf saat ditemui dalam acara Inacraft Award di Jakarta.

Sayangnya, Triawan menambahkan ketika di tempat pariwisata, craft sangat sulit ditemui. "Ini sangat memprihatinkan karena di tempat wisata justru craft asli daerah tersebut jarang, padahal kita bisa memperkenalkan warisan dunia lewat craft. Kita sebagai Badan Kreatif akan selalu mendukung pengrajin-pengrajin daerah," tambahnya.

Untuk menambah motivasi dan semangat para pengrajin, seperti tahun-tahun sebelumnya pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia, Inacraft pun menggelar penganugerahan untuk para pengrajin yang masuk dalam rangkaian acara Inacraft 2017.

Penganugerahan yang biasa disebut “Inacraft Award” ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia, diharapkan dapat memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya. Award tersebut dipilih melalui keputusan dewan juri di antaranya, Thamrin Bustami (Ketua Umum ASEPHI),  Muchsin Ridjan (Wakil KetUA Umum I ASEPHI), Baby Jurmawati Djuri (Sekretaris Jenderal ASEPHI), dan Okke Hatta Rajasa (Kementerian Perindustrian R.I).  

Dan berikut beberapa penerima Award dari Inacraft 2017.
Foto: copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri
1. Kategori Keramik
Ceramik Tableware

2. Kategori Textiles
Athacas Kanya Scraf

3. Kategori Others
Enggraved Bottle with Ceramic Bird Stopper

4. Kategori Natural Fiber
Woven Lasem

5. Kategori Metal
Essential oil necklace

6. Kategori Stones
Blue Aimee

7. Kategori Wood
Cincin kayu Medusa

8. Asephi Emerging Award
Sutre serat Pandan Rawa

9. Stan Terbaik
Cayenne

10. Best of the Best
Athacas Kanya Scraf

Selamat kepada para pemenang, semoga semakin bisa menginspirasi para pengrajin lain untuk berkarya dengan lebih baik demi kemajuan dunia industri kerajinan di Indonesia.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading