Sukses

Lifestyle

Semangat Anak Tunanetra Pelajari Al-Quran Braille, Bikin Terenyuh

Nama anak berusia 12 tahun penyandang tunanetra tersebut adalah Raihan Ramadhan. Meski kondisi fisiknya diliputi kekurangan, ia tak pernah malas buat belajar. Jemarinya yang mungil tanpa lelah merasakan huruf braille yang tersusun rapi sebagai ayat-ayat suci Al Quran.

Kamis (01/06/2017) Raihan bersama beberapa rekannya sesama penyandang tunanetra dengan khusuk mempelajari Al-Quran di kantor Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sumut, Jalan Sampul, Medan. Raihan mengaku bahwa ia sangat senang bisa belajar Al-Quran. Tak hanya mempelajari dan membaca Al-Quran, anak 12 tahun ini mengaku bahwa ia sedang berusaha menghafal beberapa surat pendek dan ayat-ayat Al-Quran.

Raihan mengatakan, "Saya senang membaca Al-Quran. Kalau tadarus (setiap Kamis) sudah juz 14, tapi kalau pengajian setiap hari Minggu sudah juz 18." Untuk pergi tadarus dan pengajian ini, Raihan selalu diantar sang bunda, Prima (39).

Raihan semangat belajar Al-Quran | Copyright merdeka.com/2017

Dikutip dari laman merdeka.com, tak hanya agar sang anak bisa mempelajari dan membaca Al-Quran, membawa Raihan ke tempat tadarus juga pengajian bertujuan agar Raihan memperoleh ilmu agama yang lebih baik. Prima mengatakan, "Sudah dua tahun Raihan ke sini supaya dapat belajar ilmu agama islam, salah satunya membaca Al-Quran. Kan dia sekolahnya di sekolah Katolik, mutunya lebih baik dari sekolah negeri, tapi di sana tidak ada pelajaran agama islam, ya saya antar dia ke sini untuk belajar agama islam dan mengaji."

Kondisi tunanetra yang dialami Raihan sendiri dikabarkan telah terjadi sejak ia usia satu tahun. Saat itu, dokter mendiagnosa Raihan menderita kanker mata dan harus kehilangan penglihatannya. Dan sejak menyandang tunanetra, Prima mengungkapkan bahwa buah hatinya tersebut cukup kesulitan mendapat pendidikan terbaiknya baik untuk pendidikan umum maupun agama.

Beruntung, setelah melakukan berbagai usaha dan perjuangan, kini Raihan bisa menempuh pendidikan yang cukup baik. Raihan sendiri adalah anak yang ramah, sopan serta pantang menyerah. Ia juga dikenal sebagai anak yang penuh semangat dalam belajar khususnya belajar Al-Quran.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading