Sukses

Lifestyle

Mudik Pertama Bareng si Kecil Agar Tidak Rewel, Gini Moms Tipsnya

Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika menyambut Lebaran. Banyak persiapan yang harus dilakukan ketika pulang ke kampung halaman, apalagi ketika moms mengajak si kecil mudik untuk pertama kalinya.

Apa persiapannya? Bagaimana jika si kecil rewel? Berbagai pertanyaan pasti muncul di benak para moms. Untuk menjawab permasalahan itu semua, Zwitsal bersama Vemale.com memberikan solusinya dalam talkshow Zwitsal Playdate 'Lebaran Pertama Bersama Si Kecil'. Acara ini dihadiri oleh 30 moms terpilih.

Diadakan di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta pada 17 Juni 2017 Zwitsal My Kids And I playdate ini mengundang tiga narasumber, yaitu Ayudia Bing Slamet, Suci Utami, serta psikolog Pelangi Midi Prathami, S. Psi dari Klik Dokter. Ketiganya bersama-sama membagikan kiat agar mudik bisa tetap seru dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Ke-30 Moms ini pun sangat antusias mendengarkan penjelasan dari ketiga narasumber

Untuk menjawab pertanyaan para mom mengenai persiapan mudik pertama kali bersama si kecil, psikolog Pelangi Midi Prathami, S. Psi menjelaskan sebagai berikut. Menurutnya anak sudah mampu berpergian jauh ketika menginjak usia tiga bulan. Namun tentu persiapannya harus khusus.

Bersama ketiga narasumber/ copyright by Zwitzal

Ketika anak sudah mencapai umur satu tahun, kemampuan mereka dalam beradaptasi sudah lebih membaik. Di fase ini, persiapan yang dilakukan lebih sederhana. Berikut beberapa kiat dari Pelangi, yang sudah kami rangkum.

1. Ketika berpergian jauh, hal pertama yang harus dilakukan moms ialah menghitung lama perjalanan, bukan jarak perjalanan. 

Bayi bisa saja mengalami stress ketika menempuh perjalanan dalam waktu lama. Untuk perjalanan yang membutuhkan waktu lama, moms bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui kesiapan fisik si kecil.

2. Rencanakan perjalanan dengan matang

Ukur lama perjalanan, lalu buat perencanaan kapan dan di mana harus berhenti sejenak untuk istirahat, bersih-bersih, atau mengganti popok.

3. Tak kalah penting, mindset moms harus selalu happy & nikmati setiap momen perjalanan bersama si kecil. 

"Mood ibu harus baik, sebab anak akan rewel ketika ibu panik. Jadi harus banyak sabar," ujar Pelangi. 

4. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman dan bisa beristirahat dengan lebih bebas.

5. Sebelum berangkat pastikan si kecil cukup istirahat dan makan agar tidak rewel. Persiapakan makan, minum, mainan, dan rencanakan waktu istirahat selama perjalanan. Ajaklah mereka bernyanyi, bermain dan ajak ngobrol agar perjalanan tidak membosankan. 

6. Saat akhirnya sampai tujuan, Pelangi menyarankan untuk membiarkan anak beristirahat, lalu dilanjutkan dengan mandi air hangat, dan lakukan pemijatan. Keesokan harinya ia dapat mulai bermain, biarkan ia bergerak dan bermain di luar ruangan.

Ayudia Bing Slamet, ibu muda sekaligus publik figur yang sudah tak asing lagi di mata para moms, juga ikut membagi sarannya. Ayu sapaan akrabnya mengaku, ia dan anaknya Sekala, sudah beberapa kali menjalankan travelling. Berikut saran Ayu untuk para Vemale Moms.

copyright by Zwitzal

"Aku lebih santai karena aku masih menyusui, jika Sekala rewel tinggal menyusui saja, itu obat terampuh. Jangan lupa bawa sabun khusus anak, popok bayi anak, tisu basah untuk kebersihan anak. Kalau aku, Zwitsal travel pack nggak pernah ketinggalan. Dan bawalah mainan anak yang masih baru atau segelnya belum dibuka karena anak akan lebih tertarik dengan mainan baru. Jangan lupa pakaian" ujar istri dari Ditto ini.

Selain itu Ayu juga menjarankan untuk memilih jam perjalanan yang tepat. “Akan lebih mudah untuk kita melakukan perjalanan saat jam Sekala tidur. Jadi kami lebih memilih perjalanan di malam hari. kalaupun harus berangkat di sinag hari, kami akan memilih waktu jam tidur siang Sekala,”

Suci Utami, yang merupakan influencer juga membagi kiatnya. Baginya yang utama adalah membuat daftar barang-barang yang akan di bawa jauh-jauh hari. Ini untuk mengantisipasi ada barang-barang yang lupa atau tertinggal.

"Aku bikin list barang dua minggu sebelum pergi. Bawa Zwitsal Travel Kit, juga cologne dan hair lotion supaya anak tetap segar dan wangi," ujar ibu dua anak ini. 

Nah Moms, demikianlah beberapa saran yang berguna yang kami rangkum dari acara Zwitsal My Kids and I playdate. Semoga berguna ya. Sampai jumpa di acara kami berikutnya!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading