Sukses

Lifestyle

Mengenal Nyai Ahmad Dahlan Sang Pahlawan Wanita Indonesia Lewat Film

Ladies, selain R.A Kartini siapa pahlawan wanita Indonesia yang kamu ketahui? Apa pernah mendengar nama Siti Walidah yang juga dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan?

Nah, jika ingin lebih mengetahui lebih dalam lagi tentang pahlawan nasional Indonesia khususnya Nyai Ahmad Dahlan yang juga merupakan tokoh wanita dari Kauman, Yogyakarta, kamu bisa menyaksikan 'Film Nyai Ahmad Dahlan' di bioskop pada 24 Agustus 2017, persembahan IRAS Film.

“Film Nyai Ahmad kami angkat dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada sosok pahlawan nasional kita," ujar Asrul Azis Taba, Executive Produser Iras Film.

Sekilas tentang isi film Nyai Ahmad Dahlan/copyright Vemale.com/Anisha SP

Asrul pun menambahkan, saat ini belum banyak sosok Pahlawan Nasional Indonesia perempuan yang diangkat menjadi sebuah film biopic. Hanya beberapa saja yang sudah diangkat padahal sangat banyak dan sosok mereka bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

Saat Premier Film ini pun sejumlah tokoh hadir di antaranya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar, Dirjend Kebudayaan Hilmar Farid, Rektor Universitas Hamka Prof Suyatno, Dewi Motik, dan beberapa keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan.

Harris Iskandar perwakilan Mendikbud mengatakan bahwa film Nyai Ahmad Dahlan menjadi pelengkap dari film sebelumnya berjudul Sang Pencerah. Hanya saja pada film ini, fokus utamanya lebih di titik beratkan pada peranan dan sosok Nyai Ahmad Dahlan dalam pergerakan Muhammadiyah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Jadi lebih menonjolkan Nyai Ahmad Dahlan baik dalam pergerakan Muhammadiyah maupun perjuangan kemerdekaan,” ungkapnya. Masih menurut Harris, cerita film Nyai Ahmad Dahlan merupakan kisah sejati seorang Nyai Ahmad Dahlan. Film ini menjadi bukti dan mempertegas mengapa Nyai Ahmad Dahlan ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional.

Selain itu, film Nyai Ahmad Dahlan juga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia. Bahwa berjuang itu tidak harus tampil secara fisik. Mendampingi dan berada di belakang suami agar suami berada di depan pun merupakan bentuk perjuangan yang tak kalah hebatnya.

Tika Bravani memerankan sosok Nyai Ahmad Dahlan/copyright Vemale.com/Anisha SP

Nyai Ahmad Dahlan mendapat gelar Pahlawan Nasional, bukan karena beliau adalah istri KHA Dahlan Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1912. Namun Nyai Ahmad Dahlan adalah seorang pelopor, penggerak, beliau cerdas luar biasa.

Nyai Ahmad Dahlan yang dilahirkan pada tahun 1872 adalah pendiri gerakan perempuan ‘Sopo Tresno’ yang kemudian bernama Aisyiah. Melalui organisasi wanita Aisyiah, Siti Walidah atau Nyi Ahmad Dahlan sangat membantu perjuangan kemerdekaan. Di awal revolusi, beliau menggerakkan kaum wanita untuk mendirikan dapur umum.

Beliau juga rajin bertukar pikiran tentang perjuangan dengan Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman. Film ini sendiri mengambil lokasi syuting di Yogyakarta, yang dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik sebagai Kiai Ahmad Dahlan, dan masih banyak artis pendukung lainnya.





(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading