Sukses

Lifestyle

Tragis! Lupa Lepas Softlens Selama 5 Bulan, Wanita Ini Alami Kebutaan

Softlens atau kontak lensa bagi sebagian orang memang telah menjadi kebutuhan yang harus dipakai sehari-hari. Softlens sendiri ada yang berfungsi sebagai pengganti kacamata. Ada pula yang berfungsi sebagai aksesoris agar penampilan seseorang makin menarik, cantik dan mengesankan.

Hanya saja, saat memakai softlens penting untuk selalu berhati-hati, menjaga kebersihannya dan tahu waktu untuk memakainya. Dikutip dari laman worldofbuzz.com, memakai softlens dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sakit mata hingga kebutaan. Seperti apa yang dialami oleh seorang wanita bernama Chen berikut ini.

Mata Chen mengalami kebutaan karena mengalami iritasi dan luka parah akibat pemakain softlens jangka panjang/copyright worldofbuzz.com

Akibat memakai softlens secara terus menerus dalam waktu 5 bulan, Chen dinyatakan mengalami iritasi parah pada matanya. Dia pun dinyatakan mengalami kebutaan. Chen yang berusia 21 tahun ini mengaku bahwa awal-awal memakai softlens ia sangat malas melepas softlens setiap kali sebelum tidur.

Rasa malasnya terus berlanjut hingga ia pun lupa bahwa ia sedang memakai softlens. Lima bulan kemudian, saat terbangun dari tidurnya, mata Chen tidak bisa dipakai untuk melihat seperti biasanya. Wanita ini pun panik kemudian pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya.

Di rumah sakit, dokter menemukan adanya selaput tipis yang telah menyatu dengan bola mata Chen. Rupanya, selaput ini adalah softlens yang digunakan Chen sejak lima bulan lalu. Zat kimia yang terkandung di dalam softlens dikatakan sebagai penyebab luka dan iritasi di mata Chen hingga membuatnya buta.

Pemakaian softlens jangka waktu lama bisa berakibat fatal bagi kesehatan mata/copyright worldofbuzz.com

"Aku lupa melepas softlens yang aku pakai selama lima bulan. Ku kira mataku akan baik-baik saja. Rupanya aku salah, ini membuatku tak lagi bisa melihat. Ada iritasi dan luka parah di mataku akibat softlens yang aku pakai menempel dengan bola mata," ungkap Chen.

Apa yang terjadi pada Chen ini setidaknya bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Jangan sekali-kali memakai softlens dalam waktu yang lama jika tidak ingin apa yang terjadi pada Chen terjadi padamu. Penting untuk menjaga kebersihan softlens dan melepasnya jika memang tidak lagi dibutuhkan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading