Sukses

Lifestyle

Tips Penting untuk Memilih Tepung Terigu Berkualitas

Namun tahukah ibu jika tepung memiliki jenis dan kualitas yang bermacam-macam? Nah jika belum mengetahuinya, Budianto Wijaya, Dales & Marketing Director Bungasari Flour Mills menjelaskan jenis tepung yang berbeda-beda sesuai jenis makanan yang akan diolah.

“Umumnya ibu rumah tangga hanya mengenal istilah terigu, hanya para profesional yang mengerti mengenai jenis tepung dan kegunaanya, misalnya tepung terigu protein rendah untuk gorengan, protein sedang untuk cake dan kue kering dan protein tinggi untuk mie dan roti,” jelasnya saat ditemui di pameran SIAL InterFOOD 2017, Jakarta.

Budiato juga mengungkapkan adapula terigu kualitas Jepang yang menghadirkan tiga macam terigu berdasarkan kandungan proteinnya. Pertama, tepung terigu protein rendah terdiri dari empat merk yaitu Hana Emas, Jawara, Hana Biru, Niji dengan kandungan protein 8 – 10 persen. Kedua, tepung terigu protein sedang diantaranya ada Bola Salju, Gelang Berlian, Bola Merah, dan Jawara dengan protein 10 – 12 persen. Dan jenis tepung terigu tinggi protein seperti Golden Eagle, Hikari Biru, Golden Crown, dan Kabuki.

Tepung yang baik pun melalui biji gandum yang diproses dengan teknologi produksi yang mutakhir serta pemilihan gandum terbaik sehingga menghasilkan kualitas yang selalu konsisten. “Kelebihan kue atau roti dibuat dengan tepung terigu kamu ini diproses pabrik penggilingan tepung yang terletak di Cilegon, hasilnya lebih maksimal, volumenya lebih besar, daya serap air lebih tinggi sehingga tekstur yang dihasilkan bagus,” tuturnya.

Tips memilih tepung terigu - Mike Lewis/copyright redaksi vemale/anisha

Bungasari pun melakukan Baking Demo “Flash Mob”, “Food Sampling”, hingga “Celebrity Baking Demo” untuk memperkenalkan tepung terbaik. Para chef nusantara maupun mancanegara, komunitas, institusi pendidikan, UKM, serta sejumlah selebritas Tanah Air, hadir di booth Bungasari Matsuri untuk berbagi ilmu serta mengedukasi para pengunjung.

“Rangkaian program hasil karya kami terbukti tak pernah sepi pengunjung. Beragam inovasi dalam membuat cake, cookies, aneka kue kering, martabak, atau mie, diperagakan secara langsung di Dapur Inovasi Bungasari yang dihadirkan di dalam booth,” kata President Director PT Bungasari Flour Mills, Grant Lutz.

Kehebohan di hari terakhir di booth ini dimulai saat Mike Lewis, aktor, model, dan juga pemilik sejumlah restoran di Jakarta, hadir di sesi “Celebrity Baking Demo”. Di hadapan para pengunjung, pria bergelar “The Sexiest Cosmo Man” ini, menjajal kemampuan dalam mengolah makanan dengan bahan dasar tepung terigu.

(vem/asp/apl)
What's On Fimela
Loading